Senin, 22 April 2019

Berkenalan Dengan Infografis dan Sharing Product Knowledge Dari CNI.



Indonesia Social Bloggerpreneur, salah satu komunitas blog yang foundernya sudah lama saya kenal, Teh Ani Berta. Kalau saya tidak salah ingat 2010 an Teh Ani sendiri sudah aktif dan fokus menekuni dunia blogger, kala itu 2 platforms besar blog yang lagi hits Kompasiana dan Blog Detik. 



 
Dokumentasi Komunitas  ISB

Dan kalian bayangin aja sendiri keberhasilan dan kesuksesan Teh Ani menekuni dunia blog secara total setelah memutuskan untuk meninggalkan pekerjaannya pada saat itu.

Tapi bukan Teh Ani yang akan kita bicarakan melainkan program-program yang berhasil ia buat untuk menambah ilmu dan wawasan para blogger itu sendiri. Sebab tidak dapat dipungkiri untuk menjadi blogger sejati atau blogger handal yang berkualitas, up date informasi dan ilmu adalah sebuah kewajiban

Ujungnya jika sudah ter update ilmu dan informasi akan mendatangkan job-job baru yang sudah tentu akan menjadi lumbung penghasilan bagi blogger itu sendiri. 

Seperti Sabtu kemarin 20 April 2019, setidaknya ada tiga buah program menarik yang diberikan Indonesia Social Bloggerpreuner (ISB) besutan Teh Ani Berta. 
1.    Berkenalan dengan Produk CNI.
2.    Belajar Infografis dari Ahlinya.
3.    Menikmati Co working Spacenya VR Offices.


Pada saat itu hadir 20 blogger yang sudah registrasi awal terlebih dahulu untuk dapat mengikuti acara ini. 

Sharing Knowledge Product CNI.
Setidaknya yang terekam dalam otak saya adalah kali ke 3 saya dicerahkan mengenai produk-produk bermanfaat dari CNI. Mengapa demikian, sebab mudah saja, browsing  laman CNI kalian pasti banyak menemukan manfaat langsung produk mereka. Tapi akan berbeda sedikit ketika mendengarkan langsung dari orang yang berkecimpung di bidang itu sehari-harinya. Saya sendiri akan lebih cenderung mudah untuk mengingat ketimbang membaca laman mereka. Yang pasti, akan lebih baik (menurut saya) setelah mendengar langsung dan melihat kemudian di laman CNInya. 

Dok Pri 


Sebelumnya saya memang sudah akrab dengan beberapa product CNI, Kopi Ginseng salah satunya, berikutnya adalah Up Honey Lemon Tea. Nah beruntung kali ini ditemani Asti Eka Putri - product marketing CNI Indonesia berkenalan dengan Bioplus "pencernaan bersahabat, keluargapun sehat". 

Kandungan kebaikan dalam Bioplus adalah Probiotik yang merupakan bakteri menguntungkan dalam makanan atau suplemen makanan yang dapat menjaga keseimbangan flora usus. Dengan keseimbangan yang dicapai melalui konsumsi Bioplus ini, kesehatan pencernaan dapat tetap terjaga. 

Kandungan Bioplus sendiri terdiri dari 3 bakteri yang menguntungkan itu adalah Clostridium butyricum, Bacillus mesentericus, Bifidobacterium breve. Ditambah ester c plus vitamin b1, b2 dan b6. Adalagi prebiotik, media pertumbuhan bakteri yang menguntungkan dan Enzim yang berfungsi membantu prises pencernaan.

Kalau sudah tahu kandungannya, lalu manfaatnya bagaimana? Setidaknya Bioplus itu memiliki beberapa manfaat.
1.       Meningkatkan keseimbangan flora dalam usus dengan menekan pertumbuhan bakteri merugikan.
2.        Meningkatkan pertumbuhan bakteri menguntungkan.
3.        Membantu meningkatkan sistem kekebalan tubuh.
4.        Mengatur jumlah air dan elektrolit dalam usus.

Mba Asti Eka Putri sedang memberikan penjelasan mengenai CNI dan Bioplus (Dok. ISB)


Nah kalau sudah tahu manfaat Bioplus untuk pencernaan, jangan lupa juga tetap jaga kesehatan dengan melakukan beberapa kegiatan dibawah ini :
1.        Pola makan yang teratur dan cukup serat.
2.        Hindari konsumsi minuman beralkohol dan juga stress.
3.        Minimalisasi konsumsi obat-obatan.
4.        Hindari bahan pemicu kanker (bahan kimia dalam makanan dan makan tinggi lemak.
Lihat bermanfaat banget kan sharing product dari CNI. 

Sekarang kita akan berkenalan dengan Infografis. 

Infografis Dengan Canva di pandu Bro Ardan.
Teh Ani ga salah pilih orang untuk sharing ilmu infografis, Bro Ardan (Nama Lengkapnya Jumardan) demikian dia mengenalkan diri. Latar belakang desain graphis dan sudah berhasil memenangkan beberapa kompetisi graphis tetap membuat dirinya ga sombong dan tetap mau berbagi. 

Saya sedang dipandu Bro Ardan (Dok. ISB)


Dalam halaman resminya bro Ardan dan juga dari ilmu yang ia share kemarin, pengeritan Infografis itu sendiri berasal dari dua kata yaitu Information dan Graphic. Beberapa kelebihan dari Infografis yang menurut saya krusial yaitu menarik perhatian pembaca, memudahkan pembacaan artikel dan memperindah tampilan blog. 

Untuk aplikasinya sendiri Bro Ardan mengenalkan kepada Blogger Aplikasi Canva, diaplikasi yang dapat diunduh via android untuk smartphone atau buka laman Canva untuk versi webnya.


Setelah dibuka aplikasi Canva kita disuguhkan dengan ragam infographis yang menarik. Tinggal atur sesuai kebutuhan kita. 

Untuk jenis Infografis itu sendiri ada berbagai macam ya,  mulai dari Infografis Informasi yang menampilkan kata kunci terkait informasi yang hendak ditampilkan. Lalu ada infografis visualisasi data,  kita memberikan perhatian khusus pada angka yang dimunculkan. Nah berikutnya ada Infografis Perbandingan dan Garis Waktu, untuk yang terakhir ini Garis Waktu adalah yang sering ia gunakan, hampir serupa dengan visualisasi data hanya saja Garis Waktu lebih kepada Penandaan Waktu. 

Contoh Infografis yang berhasil dibuat salah satu Blogger 


Serupa dengan tulisan, setelah tahu tampilan aplikasi dan infografis yang akan digunakan, elemen berikutnya yang diperlukan adalah judul yang menarik dan memikat pembaca, pengantar ringan yang praktis dan tidak bertele-tele plus dengan isinya yang merupakan pointer-pointer saja dan ditutup dengan sumber yang jelas (kalau mengutip dari pihak lain). Memang satu bagian yang sulit dari Infografis ini yaitu membuat menjadi tampilan yang menarik dengan pointer singkat dan bermafaat bagi pembaca.  Serupa dengan merangkumkan sebuah tulisan panjang menjadi sebuah bait puisi yang indah dan menarik. Ini yang berat dan tidak mungkin sekali jadi sebab seperti sebuah seni, butuh latihan terus menerus dan konsisten.


Tapi memang Bro Ardan Sabtu kemarin, meski terkendala dengan keterbatasan waktu yang diberikan, singkat namun padat, saya tangkap maksud yang coba ia ajarkan. Mulai dari pengenalan aplikasi Canva, praktek langsung dan tanya jawab jika ada kendala. Saya sedikit terkendala dengan masalah teknis seperti bagaimana membuat menarik isi sebuah Infografis, sebab saya masih terlalu banyak hendak memasukan semua informasi kedalam sebuah infografis.

Selebihnya untuk aplikasinya sendiri saya tidak menemukan masalah. Dan benar saja Bro Ardan mengatakan, tidak sebentar untuk dapat membuat Infografis yang menarik, perlu dirombak, dilihat lagi, disusun lagi, dirombak lagi sampai kita nanti benar-benar puas akan hasilnya (hadeuh, lama juga kan ya).


Co-working Space VR Office.
Baru sadar setelah 2 sesi berlalu, ini lokasinya di Tcc Tower bersebelahan dengan Menara Batavia, persisnya alamat mereka ada di  Tcc batavia Jakarta Jl. Kh. Mansyur, RT.6/RW.11, Karet Tengsin, Tanah Abang, Kota Jakarta Pusat, Daerah Khusus Ibukota Jakarta 10250

Mas Raden didampingi Bro Ardan  (Dokumentasi ISB)

Teh Ani menyebutkan bahwa ini adalah Co Working space dengan kualitas premium, hmmm, pantes aja, ada kesan mewah, mungkin karena masih baru awalnya menurut saya. Rupanya memang mereka menawarkan dengan kualitas yang lebih baik. Memang sich harga sewanya lumayan tapi ada harga ada rupa bukan.

Mas Raden Firman Agung P, posisi Graphic Designer, kemarin sempat memberikan beberapa penjelasan kepada Blogger yang hendak menggunakan Co Working Space VR Office, mulai dari luas ruangan yang terdiri dari beberapa ukuran, jam buka layanan seperti jam kantor pada umumnya, plus layanan lainnya seperti jaringan telp hingga wifi atau koneksi internet, itu belum termasuk ruang rapat, tv pintar dan beberapa lainnya.

Salah satu sudut VR offices 

Untuk yang freelancer dan blogger tempat ini cocok untuk membantu fokus menyelesaikan tugas tulisan yang mendekati deadline, begitu Teh Ani memberikan penjelasan tambahan.

Benar sich, suasana kantor yang nyaman akan memaksa para pekerja lepas untuk tetap fokus menyelesaikan pekerjaannya.

Lihat kan, dalam waktu kurang lebih 3 jam, mulai jam 10.00 Wib dan harus diakhiri tepat jam 13.00 Wib, karena hari Sabtu jadi hanya beroperasi setengah hari, saya pastikan kalau diteruskan bukan tidak mungkin akan tembus sampai sore menjelang.

Tapi secara keseluruhan, saya berhasil menangkap informasi yang diberikan, mulai dari Product Knowledge, Sharing Session Infografis dan sebentar menikmati co working space nya VR Office. Oh iya, karena baru sebentar menikmati Co Working Space VR Office, mas Raden Firman berbaik hati memberikan kepada Bloggger yang hadir dan beruntung untuk dapat menikmati Co Working Space VR Office selama sebulan penuh (termasuk saya).

Hmmm, terimakasih Indonesia Social Bloggerpreneur, terimakasih CNI, terimakasih bro Ardan dan terimakasih VR Offices.





Comments
0 Comments

Tidak ada komentar: