Minggu, 17 Januari 2016

Hanya butuh 1 jam “benerin” Indihome



lagi mengusut dimana terjadi kerusakan
Ada 2 orang teknisi yang datang, Pak Agus dan rekan begitu saya menyebutnya. Beliau-beliau ini langsung bertanya megenai keluhan yang terjadi dan langsung melakukan pemeriksaan.

Setidaknya sudah hampir 1 minggu keluhan saya hanya diterima oleh 147 ataupun @Telkomcare.  Terputus koneksi internet, tidak dapat menikmati siaran TV sementara tagihan terus berjalan, rasanya sedikit menjengkelkan. 

Semua pihak yang saya hubungi menjanjikan sedang dalam proses  dilayani dan akan ditindaklanjuti secepatnya. Jumat kemarin tepatnya tanggal 15 Januari 2015 pihak Indihome menghubungi, kalau tidak salah namanya ibu Heli/ Eli. Beliau menanyakan perkembangan IndiHome, apakah sudah ada perbaikan?

Lucu sebenarnya bagi saya?  Ini malah pihak Indihome yang bertanya bagaimana ke saya, apakah sudah ada perbaikan. Sementara ia sendiri tidak tahu siapa personel yang turun untuk menangani keluhannya. Nah mungkin berawal dari rasa tidak enak dan sudah lebih dari seminggu. Ibu Heli/Leli ini berjanji akan memantau terus perkembangannya. 

Lepas  tadi ibu Heli/leli telp, sang teknisi yang beberapa waktu lalu menjanjikan kerumah tapi tidak jadi, kembali menghubungi saya dan membuat janji ulang. Akhirnya sepakat untuk  melakukan perbaikan di Hari Sabtu 16 Januari 2015. Ini juga masih terjadi sedikit kesalahpahaman, janji ketemu diatas jam 12 itu teknisi sudah standby di depan rumah jam 11 siang. Padahal sebelumnya kami janjian jam 7 malam ia datang jam 9 malam. 

saatnya beralih ke fiber optik
Tapi ya sudahlah, untuk apa di perpanjang toch sudah ketemu dan niatnya datang untuk memperbaiki jaringan IndiHome rumah.  Dan memang sebelum teknisinya datang, kembali ibu Heli/Leli menghubungi untuk memastikan teknisi sudah sampai rumah saya atau belum.

Ada 2 orang teknisi yang datang, Pak Agus dan rekan begitu saya menyebutnya. Beliau-beliau ini langsung bertanya megenai keluhan yang terjadi dan langsung melakukan pemeriksaan.

“Hmmm, biasanya kalau lampu merahnya “nyala” seperti ini kemungkinan yang muncul ada kabel putus, terjepit ataupun remuk, rekan pak agus memberikan dugaan.” Mereka berdua menyisir setiap kabel mulai dari TV hingga ke atas genteng rumah sampai ke stasiun Box di tiang listrik depan rumah. 

Singkat cerita, ditemukan adanya kabel remuk diatas genteng. Kenapa bisa remuk ya? Dugaan mereka karena sisa kabel kemarin terlalu banyak dan ditumpuk diatas. Lalu ketika teknisi awal meninggalkan begitu saja lalu ada semacam tarikan atau pergesaran dari sisa kabel yang menyebabkan isi dari kabel fiber optiknya pecah.

alat penyambung kabel Fiber Optik

Dan untuk menyambungnya bukan sebuah pekerjaan mudah, diperlukan alat khusus dan sedikit keahlian khusus. Mengingat kabel Optiknya yang sangat tajam, kalau tidak hati-hati dapat melukai tangan (serupa dengan benang gelasan kalau kita dulu main layangan).

Hanya butuh waktu satu jam dari menemukan masalah kabel yang remuk dan melakukan penyambungan dan “bingo” semua masalah selesai sudah.

proses penyambungan kabel
Sedikit cerita-cerita dengan Pak Agus dan rekannya, selesai melakukan ini mau kemana lagi? Setidaknya masih ada 3-4 rumah yang harus mereka kunjungi. Itupun kalau semua masalahnya langsug ketemu seperti di rumah saya. 

Yang sulit adalah ketika belum menemukan sumber masalah yang jelas dan harus memeriksa satu persatu. Biasanya perhari mereka ditergetkan untuk menyelesaikan 5-7 rumah dan biasanya sukses hanya 3-4 rumah. Bahkan pernah 1 hari hanya 1 rumah. 

Dan saya masih ingat betul ketika menghubungi 147 agar tidak memberikan uang tips kepada petugas lapangan. Dan memang Pak Agus dan Rekannya ini tidak meminta atau nyindir-nyindir agar diberikan uang tips kok. Tapi melihat usaha mereka naik-naik ke atas genteng lanjut ke tiang listrik dan melakukan penyambungan kabel optic luar biasa total dech.

Kesimpulan
Layanan IndiHome untuk rumah terutama untuk Jaringan Inet dan TV dapat dikatakan bagus/lumayan. Hanya saja yang kurang kesiapan Indi home dalam menangani masalah yang muncul. Seolah-olah mereka hanya melempar bola ke bagian teknisi tanpa pernah crosscheck apakah sudah dilakukan perbaikan atau tidak. 

Dan yang paling menjengkelkan adalah ketika tidak adanya kepastian kapan akan dilakukan perbaikan ditambah tidak ada kompensasi bagi pelangga ketika tidak dapat menikmati layanan dari Indihome. Bayangin kalau pelanggan lewat bayar lepas tanggal 20 setiap bulannya, langsung mati aja semua layanan Indi Home. Tapi jika Indihome yang salah sebagai pelanggan saya tidak mendapat apa-apa?

Mohon untuk diperhatikan agar lebih baik lagi nanti kedepannya. 
dan sudah normal kembali

TV pun sudah kembali normal


kalau sudah selesai, kita juga harus lapor .. dan saya lakukan
Comments
0 Comments

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Untuk Sementara Pesan di Moderasi....
Menghindari Beberapa konten2 yang negatif ...
Berfikir yang Baik dan tinggalkan jejak yang baik..
Terima kasih