Minggu, 18 Oktober 2015

Saya sich senang bergabung dengan Funblogging

Funblogging....ketika mendengar namanya, tersirat kumpulan alay apa pula nich. Berawal dari beredarnya sebuah poster  mengajak untuk bergabung dalam sebuah acara. Waktu itu yang saya kenal adalah salah satu Narasumbernya ibu Ani Bertha. 

Tahun 2010 kami pernah bertemu di gedung Trans Tv, acara apa waktu itu ya? Kalau ngga salah launchingnya RAKUTEN. Saya masih ingat mc-nya waktu itu Erros Djarot.

Seingat saya ibu Ani bertha lebih dulu menyapa dengan memperkenalkan dirinya sebagai blogger, hah pekerjaan apa pula blogger ini? Ia aktif di blog detik.


Beberapa kali ia melihat saya aktif di acaranya Kompasiana. Memang di awal berdirinya Kompasiana saya sempat aktif. Bahkan sempat pula datang ke gedung kompas demi diperkenalkan dengan fitur-fitur kompasiana. Di kompasiana juga sempat kenal dengan blogger lainnya seperti mas Ahmed dan om jay.
Inget punya inget, acara kompasiana, review Smooch Yoggurt (foto..mana foto, sambil buka file) saya pernah juga bertemu ibu ani.

Hmm.. kira2 ibu ani Ingat ini Ngga ya

Waktu berjalan, pelan tapi pasti. Ibu Ani Bertha dengan kesibukkannya sebagai blogger dan saya dengan dunia saya sendiri.

***
Berangkat dari poster yang salah satu pembicaranya adalah ibu Ani Bertha. Ini awalnya kembali berkutat dengan dunia per-blogger-an.

Saya sempat kontak beliau, berharap dia ingat saya (lah siapa gw). Benerkan, secara ibu Ani sudah menjadi sosok blogger yang mandiri, pastinya ia tidak akan ingat saya.

Penasaran dengan acaranya akan berlangsung seperti apa dan sekaligus mau melihat bagaimana sosok Ani Bertha sekarang.

***
Jakarta lumayan cerah waktu itu. Berangkat dari Jati asih, spare waktu satu setengah jam. Karena buta dengan gedung Cyber. Sempat nyasar ke gedung Cyber yang di kuningan. Alhasil sesi pertama yang dibawakan ibu Haya Zaki terlewat.

Fun Blogging ke 4 yang saya hadiri itu di Narasumber-i ibu Haya Zaki, ibu.Shinta Aries dan Ibu Ani Bertha.
Meskipun sudah lewat sesi pertama. Tapi saya tetap semangat untuk memgikuti sesi yang tersisa hingga berakhir.

Ok, sesi berjalan dengan smooth. Ibu Shinta Aries banyak menjelaskan tentang tampilan blog dan pernak-perniknya. Beuh...jarang-jarang nemuin  perempuan yang akrab dengan bahasa pemograman. Googling punya googling rupanya ibu ini founder dari salah satu portal ternama, perempuan.com, Ciamik lah. 

Sementara ibu Ani berta sendiri banyak berbagi pengalamannya dari dunia blog. Wah, lama tidak bertemu dengan ibu Ani sudah banyak cerita yang bisa dibagikan.

Atmosfer Funblooging pada saat acara berlangsung sedikit kurang nyaman. Ruangan sempit dengan pendingin yang kurang maksimal. Ditingkahi riuh rendah peserta yang lumayan banyak.

***
Sepertinya inilah titik awal kembali saya aktif di kancah persilatan Blogger. Penjelasan yang diberikan ibu Shinta dan Ibu Ani saya jadikan modal awal.

Sumber Gambar Blognya Cahyanto Chan :)  Doi Fotograpfer Men
Dari sini juga (baca: funblogging) jaringan terhadap dunia blogger terbuka lebar. Lah secara saya akhirnya kenal juga dengan komunitas BRId,  saya kembali terhubung dengan mas Ahmed.

Funblogging 4 mengenalkan kepada saya blogger lainnya. Sebut saja Dani Rahmat, dia meskipun bekerja tetap mengurus blognya dengan baik. Atau ada Cahyanto Chan, blogger yang bukan berlatar belakang IT tapi memiliki pemahaman IT yang diatas rata-rata. Ada lagi M. Sobari, waktu kenal di funblogging ia masih bingung. Saat ini setiap ada acara temu blogger beliau ngga pernah terlewat. Yang lain masih ada Syamsiah, PNS yang kebetulan sudah hobi menulis. Horas Silalahi, rela jauh-jauh dari tangerang dan menjadi peserta pertama yang hadir di acara itu. Masih ada beberapa lainnya, Ipan Setiawan, Blogger Garut yang selalu santun jika bertemu.

***
Lalu apa yang terjadi setelah acara FunBlogging 4 selesai. Apakah sudah berhenti hanya sampai disitu. Eits... Awalnya saya juga berfikir begitu. Rupanya tidak, kami  diwadahi dalam sebuah group di Facebook. Inilah yang menjadi cikal bakal ruang untuk berbagi jaringan dan informasi.

Rekan Blogger di Funblogging 4  (tebak saya ada dimana?)
Sementara para guru (baca ; narasumber) masih tetap berinteraksi seperti biasa. Masih bisa di tanya jika kita menemui kendala. Contohnya saja saya, berangkat dari ilmu yang diberikan ibu Shinta dan sharing dengan Cahyanto. Mau juga domain blogspot berubah menjadi nama saya. Ya sudah, ibu Shinta merelakan waktunya untuk membantu saya merubah nama domain saya.

Atau ada juga ibu Ani yang selalu berbagi informasi kegiatan yang ada.

Kesimpulannya.
Bergabung di FunBlogging menjadikan dunia saya semakin luas. Ragam informasi yang hadir semakin variatif. Demikian juga dengan pertemanan. 

Kegiatan menulis yang sedari awal turun naik, suka tidak suka sedikit menjadi terarahkan. Ada wadah untuk berbagi, ada wadah dimana saya merasa diterima. Ada wadah dimana saya bebas bertanya. Dan wadah itu bernama Funblogging.

***
Kedepannya dengan semakin bertambahnya usia Funblogging pastinya akan bertambah juga anggota-anggota baru. Dan akan bertambah pola pikir-pola pikir baru dan semakin variatif. Ada yang positif dan negatif. 

Sekiranya jika saya boleh memberikan pesan kepada founder dari Funblogging tetaplah kalian (ibu Haya, ibu Shinta dan ibu Ani) bersatu hati. Jangan sampai terpecah. Diusia yang pertama ini, seperti anak bayi banyak kisah manis yang bisa kita ceritakan. 

Seiring dengan bertambahnya usia layaknya anak yang bertumbuh pastinya akan ada penolakan, perlawanan dan sebagainya. Pastinya akan lebih seru jika beranjak remaja dan masuk di usia sweet seventeen.
Saya penasaran dan besar harapan  akan tetap bersama sampai diujung jalan. 

Biarkan kisah diawal ini menjadi sebuah kisah klasik dimasa depan, sebuah cerita yang bisa kita nikmati dan bagi bersama kelak.

Selamat ulang tahun FUNBLOGGING.




28 komentar:

  1. Cuma mau menjawab tebakan....Bang Kornelius yang duduk di paling belakang. Bener gak? *benerin kacamata* :D

    BalasHapus
    Balasan
    1. aih.. keren bu dokter ini,,,, matanya masih tajam aja... :)

      Hapus
  2. Wah si Abang ternyata dulu aktif di kompasiana yaa

    BalasHapus
  3. Balasan
    1. banget mas.. makanya ikutan komunitas.. supaya bisa sekalian menawarkan produknya :)

      Hapus
  4. saya juga jadi kenal bang Kornelius ya karena gabung di Fun blogging walau beda angkatan :) kita belum pernah ketemua ya?

    BalasHapus
    Balasan
    1. Iya nich... Jadi penasaran... Dengan sosok mba lidya :)

      Hapus
  5. pengen ikut acara yang seru[pa tapi belum ada chennel

    BalasHapus
    Balasan
    1. Pantauin aja time linenya ibu haya, ibu shinta dan ibu ani...biasanya mereka akan menginformasikan segala sesuatunya disana kok...

      Hapus
  6. Ihh seru banget acaranya.. Sayang acaranya di Jakarta euy.. Hehe.. :D

    BalasHapus
    Balasan
    1. Mba nola.. Mereka juga akan mengadakan beberapa acara serupa di kota selain Jakarta kok.... Sabar aja... Senoga kotanya mba nola kebagian ya...

      Hapus
  7. wah kakak kelas nih, salam dari FB 5 hehe, seru ya Fun Blogging, ngeblog jadi fun

    BalasHapus
    Balasan
    1. Halah kakak kelas.... :) bener ngeblog jadi fun ya...

      Hapus
  8. Kunjungan balik, pertama kali sepertinya, maaf ya..sy msh blm sempet kunjung2i blog2 fun blogging, baru lahiran soalnya, hihi. Seru ya gabung di fun blogging, rasanya kepengen ikutan lagi, sayang sekrang sedang di kampung :)

    BalasHapus
    Balasan
    1. selamat ya ka Rodame... dan memang seru gabung di Funblogging :)
      TInggal dimana sekarang Ka... :)

      Hapus
  9. ga sabar nunggu funblogging di jakara lagi, pengen ikut...

    BalasHapus
    Balasan
    1. kalau ada lagi harus buruan ikuta mba Kania :)

      Hapus
  10. Mau dong Kang ikutan komunitas Funblogging ini, kalau ada info mohon dikabarin ya. Terimakasih

    BalasHapus
    Balasan
    1. Sip.. Bro jati solomon... pantengin aja twiter saya @banglius nanti saya kabari disana :)

      Hapus
  11. Bang Kornelius, mau juga dong bang
    Saya internet merketer sih profesi skrg, tapi ya blogging juga hehe

    salam kenal saya Razi bang
    :)

    BalasHapus
    Balasan
    1. Sip Bro Razi.. salam kenal juga.. Saling follow di twiter ya @banglius :)

      Hapus
  12. semoga funblogging mau diadain di Tegal. Sini dong, mba Shinta :D ditunggu kedatangannya heehe

    BalasHapus
    Balasan
    1. Amin... Semoga tegal menjadi tujuan funblogging berikutnya ya mba ila...

      Btw kalau udah kenal sama ibu shinta di japri aja... Beliau sangat humble kok untuk berbagi ilmunya ... Begitu juga guru2 yg lain seperti ibu ani dan ibu haya... Semuanya humble untuk berbagi ikmunya...

      Hapus
  13. Di Fun Blogging bunda merasa mendapat ilmu yang sangat manfaat, tinggal aja bunda menyikapi masukan ilmu itu gimana -- maksudnya, serius, semangat atau males2an, hehe... Kalau terjadi yang paling belakang mah atuh mending juga "hengkang" dari FB. Bagi bunda gak ada tuh istilah bosen mengikuti acara yang diadakan oleh FB, atau pun Acara lain yang diprkarsai oleh FB. Bunda jadi hidup semangatnya, menggelora, huahuahua...ciyuuus... Sering banget liat nama KG terpampang di webnya FB tapi kita belum ketemuan, ya. Postingannya bagus.

    BalasHapus
    Balasan
    1. kita sudah bertemu setidaknya 2 kali bunda yati... pertama di gedung Smarfrend jl. sabang dan Resto IPPUDO.. saya masih kenal bunda yati kok :)

      Hapus

Untuk Sementara Pesan di Moderasi....
Menghindari Beberapa konten2 yang negatif ...
Berfikir yang Baik dan tinggalkan jejak yang baik..
Terima kasih