Jumat, 30 Oktober 2015

Jakarta Corners menceritakan sisi lain Jakarta



Siapa yang tidak kenal dengan Jakarta? Keterlaluan... kalau sampai ada yang tidak mengenalnya. Jakarta sebagai ibukota dari Republik Indonesia memiliki luas wilayah 661,52 KM2  dengan jumlah penduduk yang mendiaminya sekitaran 10.187.595 jiwa (2011).
 
Kalau ditanya ke masing-masing kalian apa yang terlintas tentang Jakarta? Pastinya akan ramai sekali jawabannya. Dari yang positif hingga yang negatif. Positifnya Jakarta sebagai ibukota mudah dicapai dari kota penyangga sekitar seperti Bekasi dan Bogor dengan moda transportasi masal seperti Busway dan Commuter Iine.

Tapi jujur saya selaku pekerja di ibukota dan tinggal di Bekasi, hal yang terlintas tentang Jakarta adalah kota dengan sebutan MACET. Butuh waktu lebih lama dari satu tempat ke tempat lainnya meskipun terkesan jaraknya dekat. Dan kesan macet inilah yang membuat mata saya selalu tertutup untuk melakukan explorasi sisi indahnya Jakarta.


Jakarta Corners
Berangkat dari kegelisahan tentang masih banyaknya hal yang bisa digali dan diceritakan tentang Jakarta. Enam orang yang memang sudah cinta terhadap dunia traveling memutuskan untuk membuat sebuah wadah Jakarta Corners. Situs yang khusus menceritakan tentang Jakarta dan aktivitasnya. Sehingga orang tidak mengenal Jakarta hanya sebagai ibukota dengan cerita sejuta kemacetannya. Atau cerita banjirnya kala musim hujan datang. 

Mba Dona Imelda memberikan penjelasan tentang Jakarta Corners di Bloggers Gathering

Kegelisahan lainnya berangkat dari  banyaknya turis asing yang hanya kenal Indonesia melalui pulau dewata-nya. Sedikit orang luar  mengenal Jakarta seperti mengenal pulau Bali. 


Enam orang yang gelisah dan kreatif membuat Jakarta Corners ini adalah Salman Faris, Dona Imelda, EviIndrawanto, Katerina, Dewi Rieka dan Shintaries Nijerinda. Dari tangan kreatif mereka Jakarta dikemas menjadi sebuah cerita yang menarik, sebuah kota yang layak untuk dikunjungi. Tempat tujuan wisata dengan berbagai destinasi-nya.

Penggagas Jakarta Corners
Di Jakarta Corners tidak ada Jakarta yang kumuh, Jakarta yang tidak bersahabat, Jakarta yang macet. Jakarta adalah sebuah Kota yang layak untuk di eksplorasi lebih lagi. Jakarta dengan cerita uniknya Jakarta dengan lokasi wisata yang cantik. 

Kalau kalian mau ke Jakarta, patutlah Jakarta Corners dijadikan rujukan bacaan. Lokasi wisata mana saja yang akan kalian kunjungi, restoran mana yang recomended dan acara-acara apa saja yang sedang berlangsung. 

Hadirnya Jakarta Corners
Awalnya sempat pesimis tentang Jakarta Corners. Setelah saya sempatkan waktu luang membaca beberapa postingan Jakarta Corners, sempat terkaget-kaget juga, rupanya masih banyak tempat di Jakarta yang belum saya kunjungi. Kalaupun sudah kok sisi ceritanya berbeda ya.

Kesan Jakarta yang tidak bersahabat perlahan mulai luntur dan semangat lagi  untuk melakukan perjalanan wisata. 

Sebut saja salah satu postingannya Museum kebun di tengah Kemang. Beberapa kali ke daerah kemang tapi baru "ngeh" ada museum didaerah sana.

Jadi ngga sabar untuk menunggu setiap postingan yang dibuat para kontributornya.

Lebih dekat dengan Jakarta Corners 

 

31 komentar:

  1. Keren memang konsepnya Jakarta Corners ini ya Bang Lius. Jadi bisa memperkenalkan Jakarta yang menyenangkan ke seantero negeri :)
    - @danirachmat

    BalasHapus
    Balasan
    1. Bener bro.. Saya jadi kembali diingatkan daripada menggerutu dengan keadaan yang ada ya sudah lalukan sebuah perubahan... Dan ini konsep dari jakarta corners...kumpulan orang optimis dan kreatif. ..#menurut saya loh

      Hapus
  2. wow...
    shintaries salah satu founders-nya ya :)
    emak satu ini emang keren euy, salut, sama aktivitasnya di dumay sama dunia nyata

    sayangnya waktu launching kemaren ada acara di tim, jadi ga bisa ke bsd
    makasiiih udah kasih infonya lewat artikel ini mas

    BalasHapus
    Balasan
    1. bener2 keren ya ibu shintaries... aktif dimana-mana beliau :)

      beruntung saya dapat undangannya Jakarta corners dan bisa hadir di launchingnya mereka :)

      Hapus
  3. terima kasih tulisannya ya mas, ditunggu tulisannya buat jakarta corners #malahnodong hihihi....

    BalasHapus
    Balasan
    1. terimakasih juga atas undangannya ibu ...hahahahaa.. bisa aja ibu Dewi... secara saya kan pendatang baru.. harus banyak belajar dari kalian2 yang lebih senior :) bukannya ditodong tulisan... :) #kaburr hihihihi

      Hapus
  4. Balasan
    1. ia sih mas. cuman kita menurt saya sih udah saatnya berpikir yang psitivnya biar maju.
      macet emang tapi saatnya bikin hal lain lah. hahahah gaya sayah

      Hapus
    2. pelan2 jakarta mulai berbenah kok mas... minimal ada lah kontribusi blogger bagi jakarta

      Hapus
  5. kota kota yang lain harus bikin yang serupa nih buat ngenalin daerahnya.

    BalasHapus
  6. Kapan-kapan kita jalan-jalan keliling Jakarta yok, Bang Lius. :D

    BalasHapus
    Balasan
    1. siap... kita keliling2 kota jakarta :) mencari sisi positif jakarta

      Hapus
  7. pengen jalan2 cantik ke jakarta, maklum anak kampung

    BalasHapus
    Balasan
    1. harus jalan2 mba Jiah.. biar ngga suntuk :)

      Hapus
  8. Wah, gilaaak... gue baru tau nih ada yang beginian.
    Untung nemu blog ini. Jakarta taunya Jalan Sudirman Thamrin doang..
    Bahahhaa parah parah.
    Yang punya ide bikin Jakarta Corners keren gilaaaaaaaa.....

    BalasHapus
    Balasan
    1. Iya mba... Masih banyak yg belum kenal jakarta... Jujur meskilun tingal di jakarta.. Rupanya saya masih awam juga..beruntung masih ada bloggers yang perduli dengan Jakarta

      Hapus
  9. semoga dengan adanya jakarta corners keunikan Jakarta makin dikenal banyak orang

    BalasHapus
    Balasan
    1. Iya.. Masa ibukota negara kalah tenar sama bali ya...

      Hapus
  10. keren nih, sayang Jakarta lumayan jauh dari Bandung hihihi

    BalasHapus
    Balasan
    1. ah engga kok mba Tian.. hanya 3 jam perjalanan dari bandung ke Jakarta

      Hapus
  11. Wah jadi punya rujukan nih kalo pingin tau tempat unik di Jakarta ya. Belum pernah ke Jakarta nih :)

    BalasHapus
    Balasan
    1. iya mba Liany.. Jakarta Corners bisa juga dijadikan rujukan ketika mengunjungi Jakarta :)

      Hapus
  12. seru banget ya kemarennnn, cuman ada beberapa wajah yang saya tuh belum hapal, eh kemaren salaman gak yak?

    BalasHapus
    Balasan
    1. semoga saya masuk dalam teman yang di hapal sama mba Evrina..

      Hapus
  13. Hebat ya sekarang ada Jakarta Corners. Kalo mau tahu Jakarta, tinggal ke Jakarta Corners...

    BalasHapus
    Balasan
    1. bener mba semakin memudahkan siapa saja yang hendak berkunjung ke jakarta ya

      Hapus
  14. Halo bang Kornelius. Yuk kapan-kapan jalan bareng ke sudut-sudut Jakarta :D

    BalasHapus
    Balasan
    1. Boleh mba katerina... Mengenal jakarta lebih dekat sudut sudutnya :)

      Hapus

Untuk Sementara Pesan di Moderasi....
Menghindari Beberapa konten2 yang negatif ...
Berfikir yang Baik dan tinggalkan jejak yang baik..
Terima kasih