Sabtu, 30 April 2011

Perubahan Dimulai dari Diri Sendiri

Sehabis makan siang, saya membaca sebuah artikel disini. Saat Teh Nini yang merupakan istri (atau mantan istri ya) dari AA. Gym memberikan ceramah agama dikawasan depok jawa barat. Ada ungkapan yang bagus menurut saya, kata - katanya  seperti ini ” kalau ada keluarga yang belum sakinah, berarti masih ada kemaksiatan dirumah, jangan salahkan suami.” Hal ini sangat menarik, sebab semangat perubahan di mulai dari diri sendiri dan itu tidak dimulai dengan menyalahkan keberadaan orang lain. Dalam hal ini membangun sebuah rumah tangga dibutuhkan sikap dewasa dari masing - masing pihak, tidak hanya dari satu pihak saja. Masing - masing berusaha lebih banyak memberi daripada menerima, lebih banyak mengerti dari pada dimengerti. Sehingga impian membentuk sebuah Rumah tangga yang Sakinah terwujud. Setidaknya Teori yang ditawarkan seperti ini, meskipun pada praktiknya dilapangan terdapat perubahan - perubahan.
Terlepas dari hasil nanti yang dicapai akankah berhasil atau tidak, dalam hal ini membentuk sebuah keluarga yang Sakinah. Setidaknya semangat untuk mau berubah dan mau untuk terus belajar sudah ada. Itu yang saya lihat dari Teh Nini ini. Pastinya sangat sulit untuk beliau mengajarkan orang “ bagaimana cara membentuk sebuah keluarga yang sakinah” sementara berbeda dengan apa yang dialamainya.
Dan juga tidak mudah untuk kita bisa memahami arti dari setiap pengajaran sementara beberapa hal berbeda pada kenyataannya. Yang terpenting adalah semangat untuk terus belajar tidak hilang, apapun keadaan yang terjadi nanti.
Beberapa tahun yang lalu ketika saya pulang kampung (tepatnya di Munthe, puluhan kilometer dari Medan SUMUT) ada sebuah tulisan yang terpampang disebuah rumah orang ginting. “Kalak si salah Mburak sirubah” (mburak merupakan panggilan bagi marga ginting) kurang lebih artinya seperti ini : Orang lain yang berbuat salah Kita (orang Ginting) yang berubah. Terlepas dari siapa yang salah dan siapa yang benar, yang harus berubah adalah diri kita sendiri. Sama seperti yang dikatakan Teh Nini “jangan menyalahkan Suami” Jika kita berubah, maka dunia disekeliling kita pun akan berubah. Dan kalau pun tidak berubah, percayalah suatu saat pasti akan berubah. Mengutip  perkataan salah satu iklan air mineral di TV , “perubahan dimulai dari diri sendiri”.
Salam perubahan
Comments
0 Comments

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Untuk Sementara Pesan di Moderasi....
Menghindari Beberapa konten2 yang negatif ...
Berfikir yang Baik dan tinggalkan jejak yang baik..
Terima kasih