Kamis, 28 Februari 2013

Tujuan menulis

"Apapun tujuannya, semangat untuk menulis harus tetap dijaga konsistensinya dan ini bukan merupakan hal yang mudah untuk dilakukan". 


Apa sich tujuan kita menulis? Dan mengapa itu penting? Jonru ginting dalam situsnya memberikan sebuah analogi yang baik. Kita harus mempunyai tujuan menulis. Karena  adanya tujuan menulis sedikitnya akan membuat semangat dan konsistensi kita dalam menulis tetap terjaga. Sama seperti seseorang yang memanggil taksi dan sudah naik ke dalam taksi, pastilah sopir akan menanyakan tujuan. Apakah kita akan asal bilang, kemana sajalah atau terserah. Nah hal ini tentunya akan membuat bingung sang sopir taksi bukan.

Demikian halnya dengan menulis. Apapun tujuannya tidaklah menjadi sebuah masalah besar. Yang menjadi sebuah masalah adalah tidak adanya tujuan yang menyebabkan tidak adanya keinginan untuk menulis. Adapun beberapa tujuan menulis yang ada menurut Jonru seperti berikut ini.:

  1.  Untuk aktualisasi diri. Beberapa penulis terutama yang sudah terkenal atau memiliki jabatan tertentu menggunanakan media menulis sebagai ajang untuk meng-aktualisasikan dirinya. 
  2. Sebagai media untuk berbagi, baik itu wawasan keilmuan yang kita miliki ataupun pengalaman yang kita temui sehari - hari. Menulis dapat jga kita jadikan tempat untuk menuangkan setiap ide, ilmu yang sudah kita miliki dan membagikannya kepada sesama. 
  3. Menulis sebagai sarana untuk therapy. Untuk yang satu ini memang menulis dalat digunakan sebagai media untuk melepaskan kepenatan. Menuangkan dalam bentuk tulisan sedikit banyaknya akan mampu mengurangi beban yang melekat dipikiran kita. 
  4. Dan yang terakhir ada juga yang menggunakan sebagai media dakwah dan penyebaran agama.
Ini hanya beberapa tujuan yang bisa kita gunakan untuk memacu motivasi kita dalam menulis. Tentunya masih banyak motivasi - motivasi menulis lainnya seperti ingin mencetak buku ataupun mendapatkan royalti dan menjadi terkenal. Apapun tujuannya, semangat untuk menulis harus tetap dijaga konsistensinya dan ini bukan merupakan hal yang mudah untuk dilakukan. 

Oh iya sekedar mengingatkan saja. Untuk saat ini ada beberapa media didunia maya yang bisa menampung tulisan kita. Seperti www.kompasiana.com ataupun www.blogdetik.com ada juga www.kabarindonesia.com. Tentunya masih banyak media lainnya. 

Jadi tetap menulis dan perhatikan apa yang terjadi...

Salam menulis. 

Comments
0 Comments

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Untuk Sementara Pesan di Moderasi....
Menghindari Beberapa konten2 yang negatif ...
Berfikir yang Baik dan tinggalkan jejak yang baik..
Terima kasih