SoG4iGVrlm2d0xVc7TbcWuGl8F4PkcCzhtCrmamZ

Meningkatkan Produktivitas Dan Kreativitas Di Masa New Normal

 -Tantangan-Produktivitas-untuk-Penuhi-Kreativitas-di-Masa-New-Normal

Sebagai salah satu penyedia situs yang menyajikan informasi mengenai teknologi, cyber security, internet dan cyber crime #1TahunSundaXploit sudah berdiri dan berusaha konsisten memberikan informasi segar kepada para pembaca setianya. Terlebih saat sekarang masa pandemi, New Normal, semakin banyak situs yang dibuat tidak bersahabat dan digunakan untuk kepentingan jahat. Masih segar dalam ingatan, ketika media besar heboh dengan berita yang disajikan dengan judul boombastis demi menarik pengunjung. Soal isi dan kualitas, belakangan.  Bersyukur masih ada media-media baru yang segar dan konsisten dalam menyediakan ilmu dan informasi bermanfaat kepada publik, #BanggaBersamaSundaXploit yang telah satu tahun terakhir memberikan edukasi kepada masyarakat tentang internet positif, teknologi baik dan turunannya.

 

New Normal Selama Masa Pandemi.

Pandemi Covid 19 belum selesai, segala cara Pemerintah coba lakukan untuk meredam hingga menurunkan dampak gejolak dari Covi 19. Bahkan skenario terburuk adalah kita warga Indonesia harus siap hidup dalam sebuah keadaan normal baru (New Normal).

Sederhananya dalam bahasa kesehatan sehari New Normal yang harus kita lakukan sekarang ini adalah melakukan pola hidup sehat dengan menjauhi kerumunan, selalu menggunakan masker, rajin mencuci tangan, penuhi asupan gizi dengan nutris yang cukup, hindari stress dan  rutin olahraga atau berkegiatan fisik. Setidaknya sampai bangsa kita mencapai Herd Imunity (kekebalan komunitas) dan pandemi selesai, New Normal harus dilakukan.

Dalam hal bekerja pun New Normal berlaku, segala interaksi langsung harus sedapat  mungkin mengalami perubahan. Semua berusaha mengalihkan sektor usaha yang bergerak dalam bidang manual konvensional perlahan dan pasti sementara waktu beralih menggunakan media virtual.

Pendidikan pun tidak berbeda, pertemuan fisik dalam kelas beralih ke dalam kelas virtual. Jarak yang ada terpinggirkan melalui media virtual.


Protokel-Kesehatan-6M


Tantangan Produktivitas.

Pada akhirnya segala keterbatasan dalam masa pandemi membuat ras manusia berbenah dan berubah memanfaatkan dan memaksimalkan media yang sudah dimiliki.

Pembatasan fisik memacu untuk memaksimalkan ruang-ruang interaksi melalui dunia internet. Dari situs Kominfo,  selama masa pandemi Covid 19 berlangsung  terjadi perubahan konfigurasi penggunaan internet, kebiasaan yang terjadi selama ini penggunaan internet berada di kantor, kampus, sekolah dan tempat umum. Sekarang penggunaan internet bergeser ke perumahan tempat tinggal dan pemukiman, seperti yang diujarkan Menteri Kominfo Johny G. Plate dalam Global Online Startup Weekend Covid 19 sebagai keynote opening remarks.

Pembatasan ruang gerak interaksi  terbaca sebagai sebuah tantangan untuk kita terus bergerak produktif menghasilkan sesuatu. Pilihan untuk tetap produktif menghasilkan sesuatu jika tidak sebuah perusahaan akan mati suri dan tidak dapat menghidupi karyawan yang mereka miliki.

Memang sangat sulit berbicara produktivitas dengan segala keterbatasan penularan dan penyebaran kala pandemi masih berlangsung.

Tidak boleh serampangan dan sembarangan melakukan upaya untuk meningkatkan produksi,  yang ada mungkin akan membuat buruk keadaan.

Sebut saja sektor pariwisata dan penerbangan yang paling berdampak sekarang. Lalu lintas orang melakukan perjalanan wisata dan usaha sangat terbatas. Beberapa usaha perjalanan travel dan penerbangan sudah merumahkan sebagian karyawan demi menghemat biaya produksi yang terjadi.

 

Kreativitas dituntut selama masa Pandemi.

Kata kunci berikutnya adalah kreatifitas untuk setidaknya bertahan selama masa pandemi. Memaksimalkan dan  memanfaatkan ruang yang tersedia dengan maksimal.

1. Ubah haluan untuk sementara waktu, seperti yang dilakukan maskapai Thai Airways, karena penerbangan mendadak terhenti. Maskapai berubah menawarkan jasa keunggulan kuliner mereka kepada pelanggan setia.

2.  Beberapa perjalanan wisata lain juga mulai mengubah haluan, dari yang terjebak tidak dapat menawarkan jasa perjalanan wisata. Memanfaatkan teknologi internet sekarang, beberapa kita bahkan sudah dapat menikmati wisata versi virtual

3. Bekerja sama dengan antara maskapai dan perjalanan wisata pun masih dapat dilakukan seperti melakukan bundling, liburan ke Bali sekalian vaksin. 

Memutar otak keluar dari zona nyaman agar ide-ide segar dan merangsang kreatifitas hingga terwujud produktivitas-produktivitas baru,  berujung pada roda ekonomi yang berputar dengan equlibrium baru saat pandemi.

 
Tantangan-Produktivitas-dan-Kreativitas-di-Masa-New-Normal
Tantangan-Produktivitas-dan-Kreativitas-di-Masa-New-Normal

Harus Mau Belajar di Saart New Normal.

Untuk dapat terus produktif dan kreatif terlebih dalam masa New Normal bukan perkara mudah. Bagaimana kita dituntut untuk terus belajar dan menerima perubahan-perubahan yang sedang terjadi. Terlebih saat New Normal, penguasaan teknologi dan jaringan informasi sangat diperlukan. Sudah memahami dan beradaptasi dengan teknologi bukan berarti sudah selesai. Proses belajar dalam masa New Normal sangat cepat dan progesif.  Mengapa?

Lalu lintas informasi yang kita miliki rupanya tidak dapat serta merta semuanya dapat diserap. Selain perlu untuk melakukan pemilahan, juga dituntut lebih hati-hati. Berita bohong, tidak valid sekedar mencari sensai beredar di dunia maya.

Perlu untuk memilih dan mendapatkan informasi dari situs yang terpercaya dan lengkap,  tidak hanya menyediakan berita namun memuat juga informasi mengenai teknologi, pengetahuan tentang cyber security, internet dan cyber crime. Situs yang membuat pengunjung untuk cerdas menelaah kebenaraan sebuah informasi dan mendapatkan ilmu untuk dipraktikkan.

Tidak lantas berhenti disana, meningkatkan skiil dan kompetensi tetap harus dilakukan. Pada masa New Normal skil dan kompentensi yang kita miliki harus juga diperabaharui dan menyesuiakan dengan keadaan kebutuhan sekarang.

Keahlian pembukuan dalam situasi sebelum pandemi berbeda dengan masa pandemi, pada saat sekarang kita harus mau dan dapat melakukan pembukuan secara daring serta melaporkan via on line. Apalagi jika sudah memiliki ketrampilan untuk melakukan publikasi dan memberikan penjelasan secara detil, merupakan nilai tambah.

Dan sekarang dalam masa New Normal ilmu dan kompetensi baru yang saling bersinergi sangat diperlukan. Jangan sungkan untuk bertanya, jangan sungkan untuk mencoba hal-hal baru, ikuti setiap perkembangan teknologi informasi yang terjadi, tingkatkan kompetensi diri dan berfikir terbuka mau menerima perubahan dan hal baru.

Setidaknya nanti setelah Herd Imunity terbentuk atau kita terpaksa harus hidup berdampingan dengan Covid 19, dari segi penggunaan informasi dan kemampuan menggunakan teknologi serta  sumber daya manusia yang cakap dan handal, kita sudah terbiasa dan membiasakan diri.


Penutup.

New Normal adalah sebuah keadaan normal baru yang menuntut kita membiasakan diri dengan segala keadaan keterbatasan. Namun mau tidak mau segala keterbatasan,  memaksa diri memaksimalkan kreatifitas untuk dapat terus beradaptasi dan melakukan inovasi berujung menciptakan pribadi-pribadi yang tetap produktif dan berkualitas.

Jangan lupa juga tetap melaksanakan protokol kesehatan dan mengikuti anjuran vaksinasi yang sudah diterapkan pemerintah,  demi Indonesia Sehat, yang lebih baik dan berkualitas.

Salam sehat dan salam produktif.

 

Sumber Rujukan :

Kementerian Komunikasi dan Informatika (kominfo.go.id)

Bertahan pada masa pandemi dengan ide disruptif (yahoo.com)  

Related Posts
Kornelius Ginting
Orang Baik Rejekinya Juga Baik

Related Posts

Posting Komentar