Sabtu, 04 Maret 2017

Belajar ngevlog bareng Mba Gina.

Gedung SCTV lantai 14 yang terletak di Senayan City, sudah ramai dihadiri beberapa Vlogger yang siap hadir untuk menimba ilmu dari ahlinya.

Yup, acara kali ini yang digagas Komunitas Tau dari Blogger membahas bagaimana pembuatan Vlog yang baik. Selain narasumber yang memang aktif didunia vlog, Gina Rahmalia juga merupakan penyandang gelar Doktor termuda di Indonesia. Ia sendiri aktif di PT KAI, terlihat hampir sebagian besar Vlog terisi oleh kegiatannya bareng PT.KAI.

Sedikit mulur dari waktu yang harus mulai pukul 13.00, acaranya dihelat sekitaran pukul 13.30 wib. 

Sebelum membahas mengenai teknis pembuatan Vlog, mba Gina membekali sebagian besar blogger yang hadir dengan kemampuan softskills

Menjadi Vlogger itu harus dilingkupi dengan aura dan pikiran positif. Sepertinya mba Gina mencoba menularkan semangat dan aura positif yang dimilikinya. Terlihat dari cerita dan restu yang diberikan kepada Suami yang hendak melakukan perjalanan solo ke beberapa belahan negara menggunakan sepeda. 

Menjadi Vlogger itu syaratnya harus BERSYUKUR. Apa coba menjadi vlogger kok harus memiliki rasa syukur yang diatas rata-rata. Dari rasa syukur yang hadir mba Gina menjelaskan bahwa syukur dapat menelurkan hal-hal kreatif. 
Mba Gina Rahmalia

Memang sich sepanjang 2 jam menyerap ilmu dari beliau banyak hal positif yang didapat. Selain bersyukur Vlogger itu dituntut untuk :
1. Jujur dan memiliki Integritas. Banyak cara yang dilakukan Vlogger untuk menghasilkan kontent baik dengan cara baik ataupun tidak. Tetapi dengan memiliki kejujuran dan integritas akan membentengi Vlogger dari mendapatkan kontent dan menyebar berita yang tidak baik. Pesan diawal yang ia coba berikan kepada Vlogger yang hadir adalah,  "Semua hal mungkin, yang tidak mungkin itu adalah ketika setan masuk surga." 

2. Berikutnya mba Gina mencoba menjelaskan agar menjadi seorang Vlogger itu dituntut Profesional dan Kompeten. Hal ini dimungkinkan ketika Vlogger mau untuk terus belajar dan berbagi ilmu yang dimiliki. Dan pesannya adalah Vlogger itu harus menjauhi diri dari sifat sombong dan iri hati.

3. Vlogger juga dituntut untuk terus melakukan Inovasi dan kreatif. Inovasi sendiri lebih kepada mengerti terhadap sebuah hal dan "doing things new". Sementara kreatifitas lebih kepada  create the new thing

4. Vlogg juga ngga jauh beda dengan pelayanan pemerintah. Dalam menciptakan konten yang berkualitas dibutuhkan jiwa-jiwa yang memiliki mental memberikan PELAYANAN PRIMA.

Menjadi seorang Vlogger menurutnya jangan dimulai untuk mendapatkan keuntungan. Sebab jika berangkat dari sana akan sulit untuk berkembang.


Pengalaman beliau sebagai pengajar ia akrab dengan AQ Adversity Quitance dan mejelaskan beberapa tioe manusia.

1. Tipe Quiter, adalah tipe yang selalu berhenti ketika bertemu kesulitan. Kesulitan dipandang sebagai sebuah tanda untuk berhenti.

2. Tipe Champers, sementara yang tipe ini hampir serupa hanya saja sudah melangkah setengah lebih jauh  dan berhenti.

3. Tipe Climber, ini adalah yang seharusnya kita "menjadi". Tipe pendaki yang menghadapi setiap kesulitan yang muncul dan oercaya akannkeindshan diatas sana. 

Lihat kan softskills dari beliau banyak dibagikan. Sesudah cukup untuk membentengi personal Vlogger, baru ia menjelaskan dan berbagi mengenai Video Editor Vivo. 

Menurutnya Aplikasi ini yang sangat membantu dan sering digunakan mba Gina untuk membuat semua video Vlog yang dimilikinya. 

Vivo Editor sendiri dapat diunduh via playstore. Dan penggunaannya terbilang mudah. 

Inti dari menjadi Vlogger sendiri mba Gina menjelaskan dari sisi softskilsnya terlebih dahulu. Mengenai aplikasinya ia langsung ajarkan bagaimana turun ke jalan dan membuat kontennya. 

Selamat Mencoba.

2 komentar:

  1. Vlog renang di kalangan blogger sudah mewabah. Memang blog yang ada videonya lebih informatif dan menarik. Mau juga ah nanti belajar lebih serius

    BalasHapus
    Balasan
    1. iya mba Evi... Bloger dan Video sudah satu paket sekarang .. mau tidak mau harus belajar nge vlog... :)

      Hapus

Untuk Sementara Pesan di Moderasi....
Menghindari Beberapa konten2 yang negatif ...
Berfikir yang Baik dan tinggalkan jejak yang baik..
Terima kasih