Selasa, 24 September 2013

Unlimited Worship Conference (Kelas Song Writing)

Kelas Song Writing berlangsung selama 1 jam bertempat di Central Park, Jakarta Selatan. Penjelasan mengenai Song Writing dibawakan oleh Andre Hermanto, Yup, beliau Song Writing handal dari JPCC. Bahkan beberapa lagunya sudah akrab ditelinga kita, beberapa karyanya dinyanyikan oleh Sari Simorangkir, sebagian lagi oleh Sidney Mohede dan lainnya. Lanjut  ke materi, karena tema kita adalah Song Writing lagu Rohani Kristen maka ini dia beberapa kesimpulan yang berhasil saya tangkap dilokasi. 

Pada dasaranya dalam menciptakan sebuah lagu Kristiani diperlukan/dibutuhkan beberapa prinsip-prinsip yaitu : 


  • Motif, untuk apakahj lagu itu kita buat? Apakah untuk mencari popularitas atau ketenaran semata? Atau motif uang atau lainnya? Andre Hermanto selaku pembicara mengatakan bahwa sebaiknya  prinsip yang kita anut dalam membuat algu adalah murni hasil dari komunikasi kita dengan Tuhan, buat lagu itu untuk menyenangkan hati Tuhan. Bukan manusia. Jika nanti ada pujian, dan lainnya maka angap itu adalah Bonus yang diberikan Tuhan. Kalaupun hingga akhirnya tetap tidak ada Bonus itu, sejatinya dari awal kita mencipta lagu toch hanya untuk Tuhan  bukan.
  • Tidak semua lagu Cocok untuk semua orang. Pastinya akan ada penolakan-penolakan. Hal ini perlu diperhatikan dalam mencipta lagu.  Jangan memaksakan diri bahwa lagu kita adalah yang terbaik dan harus dinyanyikan. Hal ini juga dikaitkan dalam emnciptakan lagu sesuai kebutuhan dan kebiasaan sebuah gereja. Jangan memaksakan diri, sebuah gereja harus menyanyikan lagu yang biasa kita dengar. Ada sebagian gereja yang mendayu-dayu dan sebagian lainnya enerjik. Harus kita perhatikan, jangan asal menabarka patern yang sudah ada. 
  • Terus Menulis lagu, apapun yangterjadi. Meskipun terjadi penolakan-penolakan.
  •  Kita membutuhkan orang lain. Dalam hal ini, terkadang menyelesaikan sebuah lagu menjadi sebuah kendala. Kita butuh masukan, saran dari orang-orang sekitar kita. Bukankah 2 kepala lebih baik dari 1 kepala. Biasanya hal ini disebut Co-Writing. Co-writing ini mengajarkan kepada kita untuk menurunkan ego kita dan menyerahkan ide dikepala kita kepada Tuhan dan Partner kita.
  • Terus Belajar. Seperti mendengarkan berbagai macam lagu. Tidak terkotak hanya kepada beberapa genre tertentu saja. Dan jangan pula terkota kepada lagu-lagu rohani saja. Perlu diingat “ Musik dapat dipelajari, tetapi lyrics harus bersumber kepada Alkitab sebagai Firman Allah.
  • Biarkan Tuhan yang menjadi Promotor kita. Tuhan jauh lebih hebat dari kita biarkan Ia yang mengatur segala sesuatunya buat kita.
  • Jaga komitmen kepada Tuhan dan Gereje Loka jauh lebih penting daripada kesenangan ataupun ketenaran kita.
  • Timing dan pengurapan Tuhan jauh lebih berkuasa, Be Humble.
  • Go For It!!! Nikmati setiap mproses yang terjadi. Menulis lagu itu berisiko, bisa ditolak atau bahkan diejek loh. Belajar selalu untuk rendah hati. Dengarkan kritikan orang lain agar kita menjadi lebih baik.
Lanjut mengenai Skill dibahas mengenai Tension dan Release. Teknik ini diperlukan untuk membuat lagu tidak membosankan. Hal ini sedikit sulit untuk dijelaskan karena lebih “dapat” ketika dicontohkan.  Sederhananya Tension dan Release itu seperti member suatu aksen kepada lagu dimana klimaksnya dan dimana bagian relaxnya. Hal ini berkaitan dengan “hook” sebuah lagu. Hook itu seperti bagian yang menarik dari sebuah lagu, biasanya Chorus, tapi bisa juga bagian lain, tergantung dari  sipencipta lagu itu sendiri. Tension dan Release itu berhubungan dengan “soul” sebuah lagu dan sangat bergantung dari pengalaman dan hearing dari si pencipta lagu (makanya dibutuhkan konsistensi dalam menulis sebuah lagu agar release dan tension dapet)

Disesi terakhir Andre menyertakan peralatan apa saja yang sebaiknya dimiliki seorang Song Writing :

  • Voice recorder. Ini Mutlak diperlukan oleh seorang song writer. Saat ini alat ini sudah mudah ditemukan.
  • Kertas atau buku, untuk menuliskan lagu dan lyrics yang kita buat.
  • Drum loops, aplikasi drum biasanya ada di keyboard, mungkin di Hp android  juga ada. Ini diperlukan selain untuk menjaga tempo, mood sebuah lagu juga akan mudah didapat dari drum loop ini.
  • Thesaurus, Kamus sinonim kata. Mutlak diperlukan untuk mencari sebuah persamaan kata. Agar lagu yang kita buat tidak terpaku kepada kata-kata yang itu saja. Kata yang kita buat akan semakin kaya.
  • Kamus Bahasa Inggris atau bahasa lainnya, jika mau mencpta dalam bahasa selain Bahasa Indonesia.
  • Alkitab, ini mutlak diperlukan untuk menciptakana lagu Rohani Kristen.
Kekuatan sebuah lyric itu adalah:

  •  Harus mengandung sebuah kebenaran. 
  • Fresh expresiion dan Timeline Truth. Selalu baru mengandung ekspresi yang baru dan segar serta mengandung kebenaran yang tidak lekang oleh zaman.
  • Lyric harus dihasilkan dari hubungan baik kita dengan Tuhan bukan karena profesi dan dan ambisi.
  • Akurat secara teologis. 
That's all


Comments
0 Comments

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Untuk Sementara Pesan di Moderasi....
Menghindari Beberapa konten2 yang negatif ...
Berfikir yang Baik dan tinggalkan jejak yang baik..
Terima kasih