Kamis, 05 September 2013

Sistem Infomasi Keuangan Mahkamah Agung ( Bintek SIMARI )

Modulnya
Bertempat di Hotel Grand Cempaka, Mahkamah Agung mengundang beberapa Satuan Kerja dibawahnya. Hanya saja kali ini bertemakan sedikit berbeda, Sosialisasi dan Bimbingan Teknis Sehari mengenai Sistem Informasi Keuangan dan Sistem Informasi Perencanaan. Untuk Sistem Informasi Keuangan, beruntung yang diundang adalah saya dan Pejabat Pembuat Komitmen.

Acara yang sejatinya berlangsung 2 hari, 5-6 Sepetember 2013. Dibagi untuk 4 orang, Untuk besok adalah giliran Ka.Sub Keuangan dan Perencana Anggaran. Tujuan diadakannya kegiatan ini adalah sederhana, demi tetap mempertahankan kualitas laporan keuangan Mahkamah Agung. Sebagai Informasi adalah, Mahkamah Agung Tahun ini mendapatkan predikat Wajar Tanpa Pengecualian dari BPK, salah satu lembaga pemberi peringkat yang diakui negara.  Menjaga agar predikat tidak berubah adalah sebuah hal yang tidak mudah. 

Diadakanlah kegiatan Bimbingan Teknis sekaligus memberikan sosialisasi kepada Satker, bahwa sudah dibuat Aplikasi Keuangan untuk Bendahara Pengeluaran. Dimana Aplikasi ini sudah terintegrasi dengan Mahkamah Agung selaku pusat dan User Friendly. Panitia berpesan kepada para pseserta agar bersungguh-sungguh dalam mengikuti Bintek kali ini, "Bagaimana kita dapat mewujudkan peradilan yang agung jika kita tidak dapat memanfaatkan teknologi'. Itulah kira-kira pesan dari panitia.


Hal lainnya adalah dengan sudah dibuatnya Aplikasi Keuangan setidaknya dapat membantu dalam hal penyeragaman Laporan Keuangan sehingga memudahkan bagi para pemeriksa untuk melakukan pemeriksaan dan monitoring. Aplikasinya sendiripun dapat dikatakan tidak tergolong sulit, selama dipraktikan secara terus-menerus dapat dipastikan seseorang akan mahir menggunakan aplikasi keuangan ini.

Diawal Bimbingan Teknis kembali dijelaskan kualitas dari sebuah laporan yang kita buat harus berisikan informasi yang baik. Kualitas dari Informasi itu sendiri terbagi menjadi 3 hal : 
  1. Akurat, berarti sebuah informasi harus bebas dari kesalahan-kesalahan dan tidak bias dan menyesatkan, Akurat juga berart informasi tersebut harus jelas mencerminkan maksudnya. 
  2. Tepat pada waktunya, informasi yang datang kepada penerima tidak boleh terlambat. 
  3. Relevan, artinya sebuah informasi harus mempunyai manfaat bagi setiap pemakainya.
Nilai sebuah Informasi juga ditentukan dari 2 hal yaitu manfaat dan biaya untuk mendapatkannya. Suatu Informasi dikatakan bernilai ketika manfaatnya lebih efektif dibandingkan dengan biaya untuk mendapatkannya.

Sistem Informasi itu sendiri terdiri dari komponen-komponen Input-Proses dan Output. Input adalah sekumpulan data yang kita olah menjadi sebuah informasi yang nantinya kita sajikan kepada masyarakat. Sementara Proses adalah suatu kegiatan dimana kita mengolah seluruh data yang ada untuk menghasilkan suatu informasi. Output adalah keadaan dimana informasi-informasi yang dapat dengan mudah diperoleh, dimengerti dan dimanfaatkan oleh masyarakat.

Suasana Rehat IShoma
Taklupa pula kembali diingatkan tugas seorang Bendahara meliputi kegiatan menerima, menyimpan, membayar atau menyerahkan, menatausahakan dan mempertanggungjawabkan uang dan surat berharga yang berada dalam pengelolaannya. Setiap transaksi yang terjadi harus segera dicatat. 

Disesi pertengahan hingga terakhir dilakukan simulasi dan praktik dari Aplikasi bendahara pengeluaran. Disini muncul sedikit kekisruhan, karena sesudah masuk teori dan siap untuk dipraktikan, masalah muncul dengan aplikasi yang dibuat. Mulai dari jaringan Wi-fi yang tidak memadai, hingga tidak siapnya panitia dengan materi praktik. Sehingga terjadi sedikit ketidaknyamanan, tetapi semua hal tadi dapat ditutupi dengan sigapnya panitia dimenit terakhir untuk menyatukan bentuk latihan. Sehingga semua komputer seeragam.

Tidak dapat pula dipungkiri, karena terlalu sedikitnya waktu berlatih dan ada sedikit gangguan, menyebabkan ada beberapa informasi yang belum terserap. Sehingga diperlukan bintek tambahan yang berfokus kepada praktik. Sehingga tujuan kita ditahun anggaran yang akan datang tercapai, tetap menjaga predikat Wajar Tanpa Pengecualian sekaligus membuat semua bendahara menggunakan aplikasi keuangan yang terintegrasi.

Selamat Malam




Comments
0 Comments

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Untuk Sementara Pesan di Moderasi....
Menghindari Beberapa konten2 yang negatif ...
Berfikir yang Baik dan tinggalkan jejak yang baik..
Terima kasih