Jumat, 06 September 2013

Menulis yang berkualitas

Ini merupakan ringkasan materi ke-7 dari Pintar menulis dalam 9 minggu. Jonru Ginting memberikan 3 pencerahan dalam menulis. Tidak ada cara yang instan dalam menulis semuanya membutuhkan proses. Tapi dalam proses itu sendiri tidak ada yang sulit untuk dilakukan.
Untuk mendapatkan karya tulis yang baik. Ada 3 hal ;
  1. Teruslah berlatih menulis. Menulis itu bisa diibaratkan mengendarai kendaraan bermotor, semakin sering kita kendarai akan semakin terbiasa.
  2. Perbanyak membaca. Raditya dika pernah mengatakan "penulis yang hebat adalah pembaca yang hebat". Dengan banyak membaca akan menambah wawasan dan ide-ide segar di otak kita. Dengan banyak membaca teenlit sedikitnya akan terpatri diingatan kita proses sebuah teenlit. Pun demikian dengan orang-orang yang gemar dengan membaca opini sedikit banyaknya akan terpengaruh gaya dari membaca opininya.
  3. Pelajari ilmunya. Dengan berkembangnya dunia maya yang begitu pesat. Tidak sedikit yang menawarkan pelatihan-pelatihan menulis via online. Saat ini jarak tidak menjadi sebuah masalah. Selama ada niat untuk belajar dan memperdalam dunia kepenulisan akan selalu banyak cara dan jalan. Tidak hanya dunia kepenulisan saja, dengan mengikuti ilmu lain tentunya juga akan menambah wawasan dan ide untuk menulis. Dengan bergabung di group-group yang ada di FB dapat membantu kita untuk menambah teman dan informasi.
Jonru dalam materi yang ke 7 ini menyatakan meskipun ke 3 tips diatas sederhana, tapi inilah yang dilakukan para penulis ternama. 

Nah kalau saya sendiri sudah melakukan ke 3 tips diatas, hanya saja masih bolong-bolong alias tidak konsisten. Tapi saya sepakat dengan yang diajarkan bang Jonru.

Salam belajar menulis.
Comments
0 Comments

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Untuk Sementara Pesan di Moderasi....
Menghindari Beberapa konten2 yang negatif ...
Berfikir yang Baik dan tinggalkan jejak yang baik..
Terima kasih