Sabtu, 11 Agustus 2012

Ngabuburit bareng Be Blogger Bekasi


Kalau kita berbuat baik, pastinya juga akan ketemu orang – orang yang baik pula”
Setidaknya itu pesan yang saya tangkap di sesi pertama acara Kopi darat dan Ngabuburit yang di adakan para Bloger bekasi. Dan pada sesi pertama ini di buka diskusi yang dibawakan oleh Mas Masim “Vavai” Sugiarto.  Mas Vavai membawakan muatan local / Local conten. Kembalo beliau mengingatkan untuk “ Think Globally but actlocally” 
Beliau juga mengingatkan kita untuk terus menulis apapun itu, terkadang sesuatu yang biasa bagi kita, belum tentu bagi orang lain. Dan inspirasi menulis bisa didapat dan datang dari mana saja bahkan bisa didapat dari lingkungan kita sehari – hari.

Beberapa Tujuan Menulis :
  1. Sebagai Portfolio Pribadi
  2. Kepedulian terhadap sesuatu yang terjadi terhadap lingkungan kita.
  3. Semangat kebersamaan dan semangat untuk berbagi.


Untuk Tempat dan Infrastruktur kita dapat menceritakan :
  1. Catatan ataupun sejarah masa lalu.
  2. Biasa Bagi kita tetapi belum tentu bagi yang lainnya.
  3. Berbagi kisah menarik ataupun cerita – cerita unik. seperti Kampung cerewt pondok gede. Dll
Membangun local conten :
  1. Menulis di blog pribadi. Karena dengan menulis kita akan memiliki amal baik sepanjang masa. Yang perlu diingat adalah kita harus menulis hal – hal yang baik, yang nantinya akan membawa kita untuk bertemu dan berinteraksi dengan orang baik pula. Hindari konflik dalam membuat tulisan.
  2. Menulis di blog komunitas. Ini merupakan salah satu agar kita bisa memiliki pembaca yang sudah ada didalam komunitas tersebut. Sebagai contoh blog komunitas adalah Blogger bekasi ini ataupun blog detik, dan ada juga kompasiana.
  3. Share / berbagi di sosial media, seperti Facebook. twiteer dan lainnya.
Setelah selesai dengan penjelasan masa vavai, kami juga disuguhkan sebuah film. kalau tidak  salah mereka menyebutnya Film Lini masa 2, Film yang merupakan penjelasan dari tragedi ambon 2011. Yang menceritakan tentang komunitas blogger yang sudah manjangkau hampir keseluruh Indonesia. Dan Manfaat keterbukaan Informasi yang sangat dahsyat. Faktanya ada sekitar 3 juta Blogger diseluruh Indonesia dibandingan dengan 300.000 orang wartawan yang ada. Dan saat ini penggunaan nomor selular aktif sudah menembus angka 1 Juta penduduk Indonesia, artinya saat ini setiap 1 orang Indonesia aktif menggunakan 1-3 nomor seluler.
Di pemutaran film ini juga bercerita tentang adanya desa cyber, dimana sebuah kampung yang sudah secara aktif menggunakan internet sebagai bagian dari aktivitas mereka. Para penggiat batik dan kesenian sudah mampu menembus pasar internasional untuk dapat memasarkan produk mereka. Desa mandala mekar juga sudah mampu memperkenalkan produk unggulan pertanian dari desa mereka.
Semua ini berawal dari pola pikir bahwasannya, penggunaan sebuah teknologi adalah sebuah pilihan. Teknologi dapat menjadi berkah dan bermanfaat bagi kita, tetapi teknologi juga dapat menghancurkan dan merusak kita. Tergantung dari kitanya masing – masing.   Kita seharusnya menjadikan teknolgisebagai sahabat bukan musuh.
Peran serta media terutama internet sangat besar bagi kehidupan kita. Terlalu banyak hal baik yang bisa dihasilkan dari penggunaan Internet yang Efektif dan Efesien.
Acara pun berlanjut dengan berbuka puasa bersama. Dan dilanjutkan kembali sekitar pukul 18.30 dengan Ibu Ajengkol. Setelahibu ini selesai. Giliran Relawan TIK memperkenalkan diri dan organisasi mereka. Dan mengajak untuk siapa saja  bergabung dengan mereka. Murni gerakan mereka adalah membuat orang – orang yang belum familiar internet menjadi akrab dan lebih dekat dengan internet. Sudah banyak aktivitas yang mereka bagikan. Semua aktivitas dari relawan TIK tidak dipungut biaya apapun.
Untuk Lebih detailnya relawan TIK bisa dilihat di www.relawan_tik.org
Hampir 3 jam be Blogger berinteraksi dan membagikan setiap ilmu yang mereka punya kepada para peserta yang hadir. Banyak hadiah yang dibagi – bagikan. Hmmmm, jadi tidak sabar untuk mengikuti aktivitas be blog selanjutnya. Satu hal lagi, semua tutorial yang sudah mereka lakukan, mereka bagikan dalam bentuk CD. Dan semua dibagikan GRATIS. Kita pun bisa menyebarkannya kembali ke semua orang tentunya tanpa tujuan komersial. Salut untuk Be Blog, dan salut untuk panitia yang sudah bersusah payah demi suksesnya acara ini. 
Selamat beraktivitas.
Comments
0 Comments

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Untuk Sementara Pesan di Moderasi....
Menghindari Beberapa konten2 yang negatif ...
Berfikir yang Baik dan tinggalkan jejak yang baik..
Terima kasih