Senin, 28 Januari 2019

Bumi-nya Tere Liye


Illustrasu dari pixabay.dot.com

Setidaknya Av, salah seorang tetua dan penjaga perpustakaan menjelaskan beberapa klan yang ada, dimulai dari klan bumi atau mahluk tanah, mahluk yang memiliki pengetahuan dan teknologi amat terbatas, beberapa mahluk tanah bijak tapi kebanyakan yang rakus dan tamak. 

Berikutnya adalah klan bulan atau mahluk bayangan, tempat Av dan keturunannya tinggal, bayangkan, mereka tinggal diatas tanah memiliki teknologi dan pengetahuan yang paling maju. Tetapi jumlahnya hanya sepersepuluh dari klan bumi. Klan bulan menghindari merusak permukaan lebih memilih untuk membuat kehidupan didalam tanah.

Alat-alat di klan bulan sangat canggih dan mutakhir, bahkan beberapa klan bulan sudah memahami rahasia bahwa dunia tidak sesederhana yang terlihat. Mereka memiliki kekuatan besar seperti menembus sekat, memiliki petarung yang hebat dan terhormat. 

Tetapi siapa sangka, di klan yang sudah lebih dulu maju tetap aja ada orang jahatnya. Dan berniat untuk menjajah klan bumi.

Sementara klan lainnya adalah matahari, biasa disebut dengan mahluk cahaya. Mereka tinggal diatas bersama awan-awan, pengetahuan mereka tidak kalah dengan klan bulan. Meskipun jumlah mahluk cahaya lebih sedikit, tapi mereka adalah penduduk yang tenang, hangat dan ramah. Dan mereka tidak terpikir akan ambisi untuk berkuasa, persahabatan dan kesetiakawanan lebih mereka utamakan. 

Kaln bulan berusaha keras untuk mengajak mereka berafiliasi melawan orang-orang yang mau menjajah klan bumi, sebab bukan tidak mungkin setelah bumi tunduk pasti klan mereka yang berikutnya. 

Dan klan berikutnya adalah klan bintang, biasa disebut juga klan titik terjauh. Dan tidak ada yang memiliki pengetahuan tentang klan yang satu ini. 


Semua cerita berawal dari gadis kecil yang bernama Raib, mungkin awalnya ia hendak diberi nama Selena tapi karena sesuatu hal, nama Raib disematkan padanya. 

Sampai beranjak remaja, kemampuan menghilang yang ia miliki hanya ia anggap sebagai indera lebih, seperti layaknya orang lain tetapi tetap ia merahasiakan bahkan kepada orang tuanya. 

Hingga sebuah kejadian menuntunnya kepada perjalanan waktu mengetahui siapa sebenarnya Raib. Dan siapa sangka pula pertemanannya dengan Seli, membuktikan siapa juga Seli. Atau si Ali, yang benar-benar mahluk tanah yang benar-benar mengandalkan kemampuan otaknya.

Kalau saya boleh bandingkan, karya Bro Tere yang saya baca serupa dengan karyanya Mas Tasaro GK.judunya Petualangan Dhaca Bicah Kedhalu.

Kisah berlanjut, petualangan dimulai, Raib dan Seli serta Ali berada di klan Bulan, inilah inti cerita keseluruhan. Pertarungan besar-besaran dimulai antara yang ahli melawan yang amatir, tapi tetap yang baik akan selalu menang, entah nanti bagaimanapun caranya. 

Akan selalu ada orang-orang baik yang akan datang membantu. Bahkan guru bahasa inggris mereka Ms Selena, yang juga memiliki keahlian klan bulan.

Nah yang sempat bikin bingung itu ketika dihadapkan pada sebuah fakta bahwa kebenaran sejati mengendap terlalu lama, ketika orang lain campur tangan. Alih-alih ia hendak mengungkapkan sebuah kebenaran atau hanya menambah sebuah kerumitan baru.

Disini om tere liye jago ngedesain keseluruhan cerita ringan menjadi sedikit runit dan memaksa mikir (kalau mau ya).

Seru dan ringan plus sederhana menyimak karya Om Tere Liye yang  ini.

Jumlah Halaman 440
Tanggal Terbit 9 Agustus 2016
ISBN 9786020332956
Harga Tergantung Masing Masing Toko Buku 




Comments
0 Comments

Tidak ada komentar: