Selasa, 04 Desember 2018

Dikerjain Selang Intake Mesin Cuci Otomatis 1 Tabung.


Ini dia penampakan kepala selang dan sambungannya yang putus 
Saya coba masukkan paksa awalnya karena saya coba geser sana-sini ga bisa bergerak sambungan selangnya. Alhasil memutuskan untuk langsung melakukan penggantian saja. Taraa, rupanya yang baru juga demikian ada sambungannya (antara kepala selang dengan selangnya) lah yang rusak aja belum nemu caranya bukanya, ini yang baru juga begitu. Tanya ke petugas toko perabotnya, dia juga bingung.

Semua berasal dari selang yang tiba-tiba putus begitu saja dari sambungan keran yang menghubungkan antara keran ke mesin cuci. Sehingga kayak saya yang baru pertama kali mengalaminya sempat panik. Pertama karena tiba-tiba air nyembur keluar dari keran, karena selama ini keran air terpasang otomatis dalam keadaan menyala atau on, sehingga kalau mesin mau mencuci air sudah langsung keluar. Beberapa mesin cuci sebelum yang saya gunakan sekarang, terutama yang dua tabung, pengisian air dapat dilakukan manual, nah kalau yang satu tabung sepertinya dia harus otomatis karena sesudah mencuci akan masuk ke langkah berikutnya tanpa melakukan penyetelan ulang, mungkin ini yang membutuhkan air dari keran untuk selalu tetap mengalir.

Nah, kaget setelah air keluar dari sambungan selang ke keran, tutup keran itu langkah pertamanya, ya iyalah kalau ga ditutup bisa banjir kemana-mana, coba buka drat pengunci ke keran air lalu longgarkan dan lepas selang intake air yang di mesin cuci.

Kalau sudah berhasil dilepas (kasus saya) teliti apakah ada kerusakan atau hanya sekedar terlepas saja. Biasanya keadaan yang sering terjadi adalah hanya terlepas saja antara sambungan dari keran ke kepala selang dan selang.



Sederhananya, bagian selang intake mesin cuci kalau saya bagi bisa menjadi 3 bagian, bagian pertama kepala selang, bagian ini yang menghubungkan kepala selang ke keran air, ada drat untuk penguncian, lalu sambunga ke selang, kepala selang tadi harus disambungkan dahulu ke selang agar air dapat masuk kedalam selang, kenapa fungsi kepala selang dan sambungan selang terpisah kalau saya amati agar kalau dilakukan penguncian ke keran, biar bagaimanapun berputarnya kepala selang tidak akan mempengaruhi selang yang sudah ada sambungannya sendiri. Bagian ketiga adalah sembungan selang ke mesin, ini bagian memiliki drat yang hanya cocok masuk kedalam mesin cuci, jadi tidak bingung membedakannya, karena hanya akan masuk ke mesin cucinya saja.

Kalau sudah paham 3 bagian ini, untuk kasus saya dan beberapa kasus kebanyakan, kepala selang terpisah dengan sambungan selang. Kalau kasus sambungan yang ke mesin cuci jarang bermasalah kecuali digigit tikus ya.

Lalu kalau sudah terpisah antara sambungan selang dengan kepala selang bagaimana dong? Jangan panic itu yang pertama, belajar dari pengalaman kemarin. Pikiran saya melihat sambungan selang ini terlintas ada dua hal, ini dibuatnya dari press-an atau tinggal dimasukkan saja melihat ada 4 buah pelor didalamnya.

Sambungan selang ini yang rusak, ga bisa di rengggangkan


Saya coba masukkan paksa awalnya karena saya coba geser sana-sini ga bisa bergerak sambungan selangnya. Alhasil memutuskan untuk langsung melakukan penggantian saja. Taraa, rupanya yang baru juga demikian ada sambungannya (antara kepala selang dengan selangnya) lah yang rusak aja belum nemu caranya bukanya, ini yang baru juga begitu. Tanya ke petugas toko perabotnya, dia juga bingung.

Udah, saya putuskan telp tukang langganan kami, Pak Kiswantoro, dari beliau saya baru tau bahwa system kerjanya adalah ada bagian dari Sambungan Selang yang harus kita pegang sehingga akan membuat bagian sambungan tadi merenggang dan barulah dimasukkan kepala selang tadi.

Untuk kasus saya, sampai tangan saya memerah karena mencoba merenggangkan bagian sambungannya dan selalu tidak berhasil saya coba paksa masuk juga tidak bisa. Dugaan saya awalnya jangan-jangan ketika pasang pertama kali digunakan lem agar paten dan tidak bergeser. Info pak Kis, tidak ada pengeleman dan memang harusnya tidak keras.

Berbekal cerita dia, saya kembali ke toko perabotan, saya beli selang baru (pengen tahu gimana perbedaannya sich). TERJAWAB SUDAH SEMUANYA.

Selang baru sepanjang 2 M dengan harga 44 ribuan

Memang mudah seharusnya melakukan penyambungan kepala selang dengan sambungan selangnya, dan ternyata memang selang saya bermasalah alias rusak. Karena setelah melakukan yang pak Kis katakan di selang baru tidak ada masalah dan sesuai.

Pfuf, butuh hampir 2 jam lebih untuk mengetahui cara kerja selang ini, dan saya paham, sambungan selang saya bermasalah karena posisi air yang selalu dibiarkan hidup sehingga sambungan selang dan kepala selang terisi dengan sisa-sisa pengapuran air (kayak kaporit gitu) ini menyebabkan Sambungan Selang tidak dapat direnggangkan.

Dan butuh dua kali bolak balik ke toko untuk membeli sambungan ini, oh iya, ukuran selang ini universal ya, jadi kalau selang intake sama semua (mungkin ada yang beda, saya belum menemukannya) hanya beda panjang pendeknya sesuai kebutuhan. Untuk yang panjang 2 Meter saya beli seharga Rp. 44.000,-

Sudah berhasil dengan Selang Intake-nya, masalah berikutnya muncul ketika pemasangannya. Kesalahan yang saya lakukan adalah memasang sambungan ke Mesin Cuci dahulu ketimbang keran. Ini akan menyebabkan air di keran menyembur keluar.

Akhirnya saya balik, saya kunci Kepala selang ke Keran dengan baut dan obeng yang sudah terpasang lalu pasang sambungan selang, dan pastikan airnya mengalir terlebih dahullu. Kalau sudah mengalir baru selang ke mesin cuci dipasang dan diputar untuk mengencangkan.

Taraaa,,, sudah berhasil dan berkerja seperti sedia kala. Belajar dari pengalamn diatas, pemakaian selang yang sudah terpasang ke keran tidak terus-terusan dibuka (kalau mencuci keran dibuka, selesai mencuci keran ditutup), agar air tidak menekan dan menggumpal di ujung-ujung kepala selang.   

Dan satu lagi jangan gunakan selang yang menggantung sebagai tiang jemuran ya, mungkin itu juga yang membuat selang intake kami tidak bertahan lama, selain keran yang selalu terbuka, dijadikan tempat jemuran si kakak untuk menjemur popok dan slabber adiknya.

Semoga mesin cucinya ga bermasalah lagi ya… Atau kalian pernah juga memiliki pengalaman dengan mesin cuci kalian, share dong dikolom komentar, terimakasih ya, siapa tahu bisa menambah wawasan dan referensi saya. Lumayan buat nambah ilmu, dan irit ongkos tukang, Boros aja bukan, kalau sedikit-sedikit panggil tukang.

Sip…Terimakasih sudah mampir dan melipir ya J




2 komentar:

  1. Kalau mesin cuci ku sekarang saluran pembuangannya, sudah banyak lubanganya. mau beli tapi nggak masangnya gimana?

    BalasHapus
    Balasan
    1. Saya juga dulu pernah gitu ... saya gunting aja yang berlubang dan saya sambung ulang .. pas ada waktu mesinnya rusak baru sekalian ganti selang pembuangannya. .

      Hapus

Untuk Sementara Pesan di Moderasi....
Menghindari Beberapa konten2 yang negatif ...
Berfikir yang Baik dan tinggalkan jejak yang baik..
Terima kasih