Senin, 12 November 2018

Semangat Pahlawan Di Dadaku

Upacara Bendera Hari Pahlawan 2018 



Segenap kita yang hadir mengikuti upacara hari ini dituntut untuk berkontribusi bagi kemajuan bangsa, mulai dari yang dapat kita lakukan, mulai dari lingkungan terdekat yang pada akhirnya dapat memberikan kekuatan dan ketahanan bagi bangsa dan negara.

Iyess, Senin pagi, semangat baru di hari baru untuk melaksanakan aktivitas seminggu ke depan. Berbeda dari senin-senin biasanya, kali ini harus berangkat lebih awal guys, ada upacara di office demi memperingati Hari Pahlawan. Sebisa mungkin kalau ga ada urusan yang mendesak (sakit dan kerabatnya) elo-elo harus hadi upacara, ya, berdiri 20 – 40 menit menikmati seremonial upacara bendera dan mendengarkan kata sambutan. Setidaknya ada sisi-sisi Nasionalis kita yang harus diingatkan dan dibangkitkan selain mengenang jasa-jasa para pahlawan kita yang sudah rela mengorbankan nyawanya demi kemerdekaan yang kita rasakan saat ini.

Sementara itu di kantor kami Upacaranya sendiri dilaksanan pada hari Senin, 12 Nopember 2018 dan mengambil lokasi di halaman parkir Pengadilan Tinggi Tata Usaha Negara Jakarta. Seluruh Jajaran Hakim Pengadilan Tinggi Tata Usaha Negara Jakarta diikuti oleh Seluruh Pegawai Pengadilan Tinggi Tata Usaha Negara Jakarta melaksanakan Upacara Bendera dalam rangka memperingati Hari Pahlawan 2018.

Kali ini Menteri Sosial RI yang memberikan Amanat Bapak Agus Gumiwang Kartasasmita dan dibacakan di seluruh instansi yang melaksanakan upacara peringatan Hari Pahlawan 2018, Hari Pahlawan ini adalah untuk mengenang peristiwa pertempuran di Surabaya pada 73 tahun silam yang kala itu merupakan perang fisik pertama setelah bangsa kita merdeka.

Dibulan Nopember ingatan kolektif bangsa ini tertuju pada keberanian, semangat pantang menyerah serta pengorbanan tanpa pamrih para pahlawan yang telah gugur mendahului. Peringatan Hari Pahlawan bukan semata sebuah acara namun harus tetap sarat makna, bukan hanya sebuah prosesi namun substansi seetiap peringatan Hari Pahlawan harus dapat menggali dan memunculkan semangat baru dalam implementasi nilai-nilai kepahlawanan dalam kehidupan sehari-hari. Seluruh kegiatan peringatan Hari Pahlawan bertujuan untuk memperkuat nilai-nilai kepahlawanan, mempertebal rasa cinta tanah air dan meneguhkan semangat pengabdian bagi bangsa dan negara di hati sanubari.

Semangat Pahlawan Di Dadaku 


Tema Hari Pahlawan tahun ini adalah “Semangat Pahlawan Di Dadaku” sesuai fitrah dari masing-masing diri bahwa disetiap insane tertanam nilai-nilai kepahlawanan, oleh karena itu siapapun dapat menjadi pahlawan, setiap warga negara Indonesia tanpa kecuali dapat berinisiatif mengabdikan hal yang bermanfaat untuk kemaslahatan diri, lingkungan sekitar dan terlebih bagi bangsa dan negara.

Hari Pahlawan ini juga merupakan momentum bagi bangsa Indonesia untuk melakukan introspeksi diri sampai sejauh mana setiap komponen bangsa dapat mewarisi nilai-nilai kepahlawanan, melanjutkan perjuangan, mengisi kemerdekaan demi mencapai Negara Kesatuan Republik Indonesia yang sejahtera adil dan makmur (kata-katanya udah mirip sama pembukaan UUD belum…)

Pada hakekatnya setiap perjuangan pasti ada hasilnya namun tidak adakata berhenti untuk terus berjuang. Setiap etape perjuangan berlanjut pada etape perjuangan berikutnya sesuai tuntutan lingkungan strategis.

Pesan bapak Mensos lebih dalam lagi mengulas tentang kepahlawanan, setiap zaman pasti ada pahlawannya dan setiap pahlawan pasti berkiprah di eranya. Dan bangsa Indonesia memerlukan pahlawan-pahlawan baru, Indonesia membutukan sosok yang berdedikasi dan berprestasi pada bidangnya untuk memajukan negeri ini. Butuh banyak sosok pemuda sebagai generasi penerus yang mempunyai jiwa patriotism, pantang menyerah, berdisplin, berkarakter, menguasai ilmu pengetahuan da ketrampilan dibidangnya.


Selamat Hari Pahlawan 2018 
Negeri ini butuh pemuda-pemuda yang kokoh dengan dengan jatidirinya, mempanyai karakter lokal yang luhur, percaya diri dan peka terhadap permasalah sosial dan sehingga mampu terlibat dalam usaha-usaha kesejahteraan sosial, memberikan pelayanan sosial bagi mereka yang memerlukan pertolongan sosial (yang bagian ini kayak lagi suasana sumpah pemuda, semangat kepemudaan di geber habis).
   
Terakhir sebagai penutup, segenap kita yang hadir mengikuti upacara hari ini dituntut untuk berkontribusi bagi kemajuan bangsa, mulai dari yang dapat kita lakukan, mulai dari lingkungan terdekat yang pada akhirnya dapat memberikan kekuatan dan ketahanan bagi bangsa dan negara.

Selamat Hari Pahlawan, torehkan prestasi yang membawa harum nama bangsa dan negara, jaga selalu persatuan dan kesatuan dalam jalinan toleransi dan kesetiakawanan sosial

Semoga semangat mau berjuang, mau berkorban tanpa pamrih pahlawan-pahlawan pendaluhu kita mampu menjadi sebuah ingat-ingatan dalam hati kita dan dapat diejawantahkan dalam setiap tindakan kita setiap harinya.

Selamat Hari Pahlawan 2018.


Comments
0 Comments

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Untuk Sementara Pesan di Moderasi....
Menghindari Beberapa konten2 yang negatif ...
Berfikir yang Baik dan tinggalkan jejak yang baik..
Terima kasih