Jumat, 23 November 2018

Rencanakan Liburanmu Bareng Traveloka




Illustrasi Dari DAlam KRL di Manggarai Station
Bandingkan kalau kita memanfaatkan fasilitas yang diberikan Traveloka untuk pesan tiket kereta 2 orang pulang pergi empat ratus ribu rupiah, 3-4 Jam dikereta tiba-tiba sudah sampai di Paris Van Java. Ga mau capek pesan ini itu ketika tiba di Bandung ya sudah, booking penginapan dan rental kendaraanya sekalian di Traveloka juga. 

Ada banyak cara untuk menikmati waktu berlibur bersama keluarga.  Selain santai dirumah, atau jalan-jalan keliling kompleks atau mau mencoba yang jauh tapi tidak begitu jauh. Bandung sepertinya menjadi salah satu pilihan menarik. 


Setidaknya saya sendiri berencana ke beberapa spot menarik terutama untuk keluarga yang membawa Balita seperti kami, Saung angklung Mang Udjo, Farm House Lembang, Floating Market Lembang dan itu belum termasuk seharian di Tangkuban Perahu menikmati alam atau main di Kawah Putih Ciwidey, atau main lagi di Jendela Alam Bandung. Ah, banyaklah, tapi ada keterbatasan waktu jadi ga bisa semuanya dinikmati bukan. 

Tapi ada satu kendalanya kalau ke Bandung bawa keluarga plus naik kendaraan sendiri, secara jalan tol Cikampek sedang mengalami perbaikan. Kebayang ga, yang seharusnya Jakarta-Bandung itu ditempuh dalam waktu 3-4 jam sekarang bisa berubah 2 kali lipat (kalau beruntung) terkadang lebih bahkan. Nah kalau sudah habis waktu dijalan plus energy terbuang percuma, kualitas liburan bersama keluarga juga akan berkurang nantinya.


Hmmm, pikir-pikir lah kalau ke Paris Van Java bawa kendaraan pribadi saat ini. Dan mari kita lihat apa yang bisa dimanfaatkan dari peralatan yang ada di genggaman (baca : Smartphone). Secara Traveloka lagi gencar-gencarnya promo sana-sini, mari kita manfaatkan aja. 

Pilih Kursi Kereta Via Aps


Ok, pencet sana- pencet sini, taraa, kita coba kereta Argo Parahiyangan Premium dengan harga pertiketnya Rp. 100.000,- kalau pesan pulang pergi, tinggal kali dua aja. Untuk kami yang akan pergi dua orang dewasa dan 1 Balita, sepertinya tiket seharga Empat Ratus Ribuan PP masuk akal-lah. Dengan maksimum 3 jam perjalanan di kereta. Bandingkan dengan harus berjibaku dengan kemaceta Tol Cikampek sekitaran 6-7 Jam Jakarta-Bandung, pun sebaliknya Bandung-Jakarta.

Diskusi dengan teman sebelah, ia beranggapan bahwa ada kekurangannya kalau tidak bawa mobil sendiri ke Bandung, nanti disana akan susah keliling-keliling, iya juga sich, sempat bimbang awalnya. Dan di Traveloka sendiri ada fitur untuk mencari rental kendaraan yang akan memudahkan kita melakukan pemesanan (jadi kita bisa mencari tahu berapa yang akan kita keluarkan buat sewa mobil dan jenis mobilnya). 

Jadi pengen berhitung perbandingan bawa kendaraan sendiri ketimbang naik kereta dan pesan ini itunya via Traveloka. 

Keterangan
Kendaraan Sendiri
Kereta
Penginapan dan Tiket ke Lokasi Wisata
Bahan Bakar (PP)
Rp. 800.000,-

Rp. 400.000,-
Asumsi Sama Pesen Via Traveloka
Sewa Kendaraan 2 hari (Avanza)

Rp. 550.000,-

Dari bahan bakar saja dibandingkan  dengan menggunakan kereta plus sewa kendaraan terlihat beda-beda tipis dan dikit ya, cuman beda Rp. 150.000,- aja. Ditambah  kalau bawa kendaraan sendiri sudah bisa keliling – keliling Bandung. 

Sedikit info ya guys, memang hanya beda seratus lima puluh  ribu yang terlihat dan pertama, itu belum termasuk biaya perawatan kendaraan yang kita bawa, ke dua yang tidak kalah menariknya adalah wisata pom bensin dan yang ini tidak memakan biaya sedikit, setidaknya butuh 2-3 kali istirahat, plus biaya pegel linu selama bawa kendaraan ke Bandung (ini yang sangat mahal) karena ketika tiba di Bandung dan hendak keliling-keliling energi sudah habis dan waktu berkualitas bersama keluarga jadi berkurang. 

Order tiket via Traveloka


Bandingkan kalau kita memanfaatkan fasilitas yang diberikan Traveloka untuk pesan tiket 2 pulang pergi empat ratus ribu rupiah, 3-4 Jam dikereta tiba-tiba sudah sampai di Paris Van Java. Ga mau capek pesan ini itu ketika tiba di Bandung ya sudah, booking penginapan dan rental kendaraanya di Traveloka juga. 


Keluar Dari Stasiun Bandung Banyak Kendaraan Menanti

So, turun dari kereta, kendaraan sudah manis menanti di depan stasiun dan siap mengantar keliling Bandung sore menjelang malam baru check in ke penginapan. Besoknya seharian lagi keliling Bandung, puas-puasin dech, meskipun Bandung macet toch kita diuntungkan tidak membawa kendaraan sendiri sekalian bisa berinteraksi bersama keluarga dan menikmati pemandangan sekitar (ya kemacetan itu sendiri sich). Lusa sudah siap balik lagi tanpa harus bermacet-macetan di jalan tol.

Lalu kalian masih ada yang khawatir, pasti transaksinya ribet kalau via on line, saya beberapa kali pesan on line dan tidak pernah ada masalah (semoga kedepannya juga jangan sampai ada masalah), buka apsTtraveloka, cari perjalanan yang kalian mau, pesan, isikan data diri (biasakan sesuai dengan KTP ya) kalau sudah pernah pesan via Traveloka sebelumnya, data diri akan muncul otomatis. Setelah pesan akan muncul konfirmasi, terus akan masuk juga ke email kalian mengenai cara pembayaran,  cara pembayaran ada banyak, bisa via transfer dengan pilihan bank yang beragam atau via mobile banking, dan waktu yang diberikan lumayan  panjang kisaran 30 menit sampai dengan 1 jam. Selesai pembayaran akan ada notifikasi yang akan memandu. Selesai...., belum, untuk tiket kereta, minimal 1 jam sebelum keberangkatan kalian sudah harus hadir untuk lakukan cetak tiket on line dan check in, Baru selesai dan siap berlibur. 

Cari Hotel Yang Terjangkau Aja


Untuk Hotel lebih mudah, cari hotelnya bayar seperti pesan tiket dan taraa… tinggal melangkah manis masuk hotel. Pengalaman saya malah hotelnya yang akan telp kita selaku konsumen untuk kepastian reservasi, kalau beruntung biasanya yang pesan via aps ada complement-complement tambahan, ya kaya dikasih bonus-bonus kecil gitulah.  Jengkelnya saya pernah pesan langsung sebuah penginapan dan lebih mahal ketimbang pesan via aps

Ini Harga Rental Kendaraannya


Ditambah dengan tidak membawa kendaraan pribadi setidaknya kita akan mengurangi jumlah kendaraan yang masuk Bandung yang pastinya sedikit banyak akan membantu juga mengurangi kemacaetan di bandung itu sendiri. Dan semua pemesanan saya lakukan via PromoTraveloka ya.

So, selama menikmati liburan berkualitas bersama keluarga.




1 komentar:

Untuk Sementara Pesan di Moderasi....
Menghindari Beberapa konten2 yang negatif ...
Berfikir yang Baik dan tinggalkan jejak yang baik..
Terima kasih