Minggu, 07 Oktober 2018

Smartphone Vivo atau Oppo Ya?




Sebenarnya dulu sempat bertanya-tanya dalam hati, smarphone yang di pake nyokap kok tahan lama ya, padahal kan mereknya biasa aja. Beda dengan yang lain. Dan hari ini terjawab sudah, Vivo dan Oppo itu bersaudara rupanya. 

Kalau nama besar Oppo dengan kualitasnya saya sudah ga sangsi, tetapi untuk Vivo, eng-ing eng.....but any way sebagai vendor smartphone besar yang bersaudara, OPPO dan Vivo semakin hari semakin bersaing secara sengit saja. Belum lama OPPO merilis OPPO F9 di Indonesia, Vivo pun tak ketinggalan untuk merilis produk barunya, yaitu Vivo V11. Ternyata kedua smartphone ini menjadi smartphone premium yang diandalkan oleh masing-masing vendor.

Kedua smartphone ini memiliki keunggulan masing-masing yang bisa menarik minat para pengguna smartphone. Kira-kira berapa ya harganya? Dan bagaimana spesifikasinya di pasaran? Mari kita simak satu persatu ya. 




OPPO F9
Harga OPPO F9 berada di angka Rp. 4.299.000. (ini harga terakhir ya, harga terbaru tergantung daerah masing-masing) Fitur unggulannya adalah VOOC Flash Charge, yaitu sistem pengisian daya tercepat dan aman di industri smartphone. Dengan teknologi ini, kita tidak perlu takut suhu baterai akan memanas karena VOOC Flash Charge menggunakan tegangan daya rendah untuk mengisi daya. Dengan begitu kita bisa mengecas smartphone ini lebih cepat ketika layar mati ataupun hidup.

VOOC Flash Charge memudahkan kita saat membutuhkan smartphone untuk stand by setiap saat. Cukup isi daya selama 5 menit, kita bisa bicara ditelepon selama 2 jam. Hal ini tentunya sangat membantu kita yang setiap harinya menggunakan smartphone untuk berkomunikasi, entah untuk pekerjaan ataupun urusan keluarga.

Prosesor yang digunakan pada smartphone ini adalah MediaTek P60. Sistem operasinya sudah menggunakan Android Oreo 8.1 dan didukung RAM 4GB dan media penyimpanan 64GB yang bisa diperluas sampai 256GB dengan MicroSD. Ada juga varian RAM 6GB yang hadir dalam warna Starry Purple.

OPPO F9 hadir dengan poni atau notch yang berukuran lebih kecil menyerupai tetesan air. Desain ini disebut dengan Waterdrop Screen. Bodi belakangnya jika terkena cahaya akan memberikan penampilan layaknya potongan berlian yang mewah. Pilihan warnanya terdiri dari tiga varian, yaitu Sunrise Red, Twilight Blue, dan Starry Purple.

Dengan luas layar 6,3 inchi, OPPO F9 sudah menggunakan Gorilla Glass 6, kerapatan pixelnya juga sudah tinggi yaitu 409 ppi. Belum lagi rasio layarnya yang mencapai 19,5:9, cukup luas bukan?
Untuk lebih jelasnya, kita bisa lihat spesifikasi OPPO F9 dari table dibawah ini:

Processor
MediaTek P60
GPU
ARM Mali-G72 MP3 800MHz
Battery
3500mAh with VOOC Flash Charge
RAM
4GB/6GB
Storage
64GB (upto 256GB with MicroSD)
Type
LTPS TFT
Resolution
2340x1080pixels
Touchscreen
Multi-touch, Capacitive Screen
Brightness
450(TYP)
Kamera
Depan: 25MP | Belakang: 16MP & 2MP
Flash
LED Flash
SIM Card Type
Dual Nano-SIM Cards
OTG
Support




Vivo V11

Vivo V11 resmi diluncurkan di Indonesia pada tanggal 12 September 2018. Untuk mendapatkan smartphone ini kita harus mengeluarkan kocek sebesar Rp. 4.999.000. Smartphone ini merupakan penerus dari seri V9.

Bagian depan Vivo V11 terlihat mirip dengan OPPO F9 karena sama-sama mengusung notch kecil yang bentuknya mirip tetesan air. Hmm.. Mungkin karena mereka bersaudara jadi masih ada kemiripan. Hehehe. Layarnya memang lebih luas dari OPPO F9 yaitu 6,41 inchi, tapi kerapatan pixelnya masih dibawah OPPO F9 yaitu 402 ppi.

Rasio layarnya 19,5:9 dan resolusi Full HD+. Dapur pacunya didukung oleh Snapdragon 660, RAM 6GB  dan kapasitas storage internal 64GB yang bisa diperluas dengan MicroSD sampai dengan 256GB.

Desain Vivo V11 bisa dibilang cukup elegan, apalagi dengan varian warna yan ditawarkan, yaitu Starry Black dan Nebula Purple.

Lebih jelasnya bisa kita lihat dibawah ini:
Processor
Qualcomm Snapdragon 660A/E
GPU
Andreno 512
Fast Charging
Supported
Battery
3400mAh with Dual-Engine Fast Chargin
RAM
6GB
Storage
64GB (upto 256GB)
Kamera
Depan: 25MP
Belakang: 2x12MP + 5MP
Flash
LED Flash
SIM Card Type
Nano Sim + Nano Sim
Standby Mode
Dual Standby

Secara keseluruhan, bagi saya OPPO F9 lebih menarik dari Vivo V11 Pro, tapi bukan berarti Vivo V11 Pro itu jelek. Hanya saja saya merasa OPPO F9 jauh lebih bisa mendukung kegiatan sehari-hari dengan fitur-fitur unggulannya. Terlebih adanya VOOC Flash Charge yang membantu rutinitas dengan kecepatan mengisinya dan kemampuannya menahan overheat pada perangkat.

Tapi semua berpulang pada kebutuhan dan kemampuan masing-masing ya, ada yang brandminded dengan Oppo atau ada yang sudah nyaman dengan Vivo (kayak nyokap saya). Fine, fine aja sich. Kalau kalian memiliki sebuah barang dengan hati senang, berharap itu smartphone dapat dimanfaatkan semaksimal mungkin untuk mendukung kerjaan dan rutinitas kita sehari-hari. 

Salam Pengguna Gadget. 

2 komentar:

  1. ini hp yg lagi banyak di review sama blogger saat ini, kalau saya sendiri sih pakai vivo. tp yg tipe lama karena masih bisa dipakai bg.

    oh 1 lg hp yg lg rutin di bahas blogger, huawei nove i3

    BalasHapus
    Balasan
    1. yup.. mamak saya juga pake vivo dan memang awet bang sabda :) kalau huawei nove belum pernah nyoba ... jadi belum ada ide :)

      Hapus

Untuk Sementara Pesan di Moderasi....
Menghindari Beberapa konten2 yang negatif ...
Berfikir yang Baik dan tinggalkan jejak yang baik..
Terima kasih