Minggu, 22 Juli 2018

Mesin Pompa airnya tiba-tiba ngadat, ngga tau kenapa !!


Pompa Air Shimizu 



Air menjadi salah satu kebutuhan yang tidak dapat dipisahkan. Heloooo, dan ini benar nyata adanya ketika suplai air menjadi sebuah masalah. Kalau kebutuhan masak dan minum saat ini beberapa sudah digantikan dengan isi ulang, tetapi untuk kebutuhan lainnya seperti MCK (Mandi Cuci dan Kakus) disinilah peran air besar adanya. 

Ok, lah untuk kebutuhan mandi masih bisa diatur-atur a.ka mandinya ngga sering-sering begitupun dengan cuci masih dapat disiasati, lah kalau kakus alias buang hajat, ini yang repot apalagi kalau lagi kena diare yang butuh sering-sering ke belakang, kan gaswat. 

Nah berangkat dari semua pengalaman ini, beberapa orang mensiasatinya dengan menggunakan water torent (tempat penyimpanan air diatas) atau ada juga yang membuat bak penampungan di bawah tanah (kayak septi tank gitu cuman yang ini air bersih). Sementara saya karena letak pompa dan sumurnya berada di depan sedikit repot memang, jadi banyak-banyakin bak/ember penampungan aja di kamar mandi atau didapur (jadi agak berantakan memang sich) tapi untuk beberapa waktu kedepan sangat menolong lah. 


Dan memang kejadian mesin pompa ngadat tiba-tiba ngga bisa diprediksi kapannya, tapi sudah menunjukkan gejala-gejala diawal. Dan gejala itu seperti, mesin yang lama baru berputar ketika dihubungkan dengan listrik, dan bertambah lagi dengan  perlunya bantuan diketuk-ketuk agar mesinnya berputar. 

Hingga tepat seminggu lalu, mesin pompa yang diketuk dengan tangan hingga diketuk dengan bantuan martil tidak lagi dapat berputar, tapi mesin hidup (hanya berdengung tapi tidak berputar). Lalu kenapa ini? Kalau tetap diteruskan menyala tanpa berputar, maka mesinya akan panas dan membuat jaringan listrik turun (istilahnya ngetrip) kayak ada yang korslet atau kelebihan beban, padahal tidak.

Sempat dibuat bingung awal-awalnya, info beberapa teman yang pernah mengalami hal mirip menyarankan agar diputar baling-baling pompanya, takutnya karena ada karat, jadi mesin ngadat. Atau ada juga yang langsung menyarankan gulung dinamonya biasanya dinamonya yang bermasalah. 


Pak Midin on action, melihat, membuka dan memperbaiki

Hmm, untungnya di group wa beberapa waktu lalu ada tetangga yang mengalami masalah pompa dan punya referensi tukang pompa yang handal. Pak Midin sapaan beliau, untuk kawasan sekitaran Jatiasih beliau masih sanggup melayani lah. Seperti minggu kemarin, meskipun ada beberapa orderan yang ia kerjakan, telp pa Midin dan jelaskan masalahnya, kalauia rasa bisa datang hari itu juga akan diusahakan kalau tidak terpaksa buat janji hari esoknya, ini juga melihat dari kerusakan pompa yang ia tangani. Contactnys Pak Midin 081314323783

Untuk punya saya, ia sempatkan disela-sela kerjaannya datang sebentar ke rumah dan memeriksa pompa saya (setelah saya ceritakan kronologis kerusakannya) tidak butuh lebih dari 15 menit, ia sudah menemukan pusat masalahnya, mesin tidak berputar karena ada kabel yang kendur. Selesai dan ia juga menemukan kerusakan lainnya seperti otomatis mesin yang tidak berfungsi (kalau yang ini memang sudah dari awal rusaknya, saya juga ngga ngeh kalau otomatisnya rusak) dan tidak dapat diperbaiki hanya dapat dilakukan penggantian sparepart. Sementara ia juga menemukan adanya kebocoran akibat seal yang sudah aus dan ini tidak dapat diperbaiki cepat, setidaknya butuh waktu setengah hari pengerjaan. Karena seal bocor menyebabkan tekanan air selama ini berkurang (semburannya kurang kuat) begitu informasi dari pak Midin. 

Tapi untuk seal dan otomatisnya, nanti kalau ada waktu bisa diperbaiki (tidak urgent sifatnya) yang penting air sudah keluar dulu. Saya dan pak Midin pun sepakat untuk mengatur dilain hari  mengerjakan seal dan otomatisnya. 

Yah, namanya elektronik terkadang saya juga tidak  dapat terka usianya, yang dapat saya lakukan adalah menggunakan barang dengan baik dan menjaga sebisanya, selebihnya  serahkan sama ahlinya jika bermasalah. 

Dan kita lihat berapa lama tahannya ini pompa, setelah diperbaiki. Dan semoga saya ada rejeki sehingga bisa pasang water torent sehingga kalau pompa bermasalah ngga lagi ketar-ketir dengan ketersediaan air. 

Salam.  





Comments
0 Comments

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Untuk Sementara Pesan di Moderasi....
Menghindari Beberapa konten2 yang negatif ...
Berfikir yang Baik dan tinggalkan jejak yang baik..
Terima kasih