Selasa, 28 Maret 2017

Selamat Hari Raya Nyepi 2017


Selamat hari raya Nyepi kawan. Indonesia itu terdiri dari 6 agama bukan 5 lagi ya. Dengan masuknya Konghucu genap sudah 6 kepercayaan yang diakui. Dan hari ini adalah hari khusus untuk umat Hindu merayakan Nyepi.

Kalian bayangin demi merayakan Nyepi, pulau Dewata Bali yang mayoritas penduduknya penganut Hindu memberhentikan semua aktivitas rutinnya. Hingga penerbangan ke Bali khusus hari ini tidak ada.

Hal ini mengusik saya untuk mengetahui Nyepi itu apa? Nyepi adalah hari raya umat Hindu yang diarayakan setiap tahun Baru Saka. Hari-nya sendiri jatuh pada hitungan Tilem Kesanga (IX) dipercayai merupakan hari penyucian dewa-dewa yang berada di pusat samudera dimana membawa intisari amerta air hidup. Nah, teman-teman umat Hindu melakukan pemujaan suci kepada mereka.




Tujuan utama Nyepi itu sendiri adalah memohon kepada Tuhan untuk menyucikan Bhuana Alit (alam Manusia/Microcosmos) dan Bhuana Agung (Alam Semesta/Macrocosmos)

Tiga atau dua hari sebelum Nyepi, umat Hindu melakukan Penyucian dengan melakukan upacara Melasti atau disebut juga Melis/Mekiyis.

Pada hari tersebut, segala sarana persembahyangan yang ada di Pura (tempat suci) diarak ke pantai atau danau, karena laut atau danau adalah sumber air suci (tirta amerta) dan bisa menyucikan segala leteh (kotor) di dalam diri manusia dan alam.

Sehari sebelum Nyepi, yaitu pada "tilem sasih kesanga" (bulan mati yang ke-9), umat Hindu melaksanakan upacara Buta Yadnya di segala tingkatan masyarakat, mulai dari masing-masing keluarga, banjar, desa, kecamatan, dan seterusnya, dengan mengambil salah satu dari jenis-jenis caru (semacam sesajian) menurut kemampuannya. Buta Yadnya itu masing-masing bernama Pañca Sata (kecil), Pañca Sanak (sedang), dan Tawur Agung(besar). Tawur atau pecaruan sendiri merupakan penyucian/pemarisuda Buta Kala, dan segala leteh (kekotoran) diharapkan sirna semuanya. 


Caru yang dilaksanakan di rumah masing-masing terdiri dari nasi manca (lima) warna berjumlah 9 tanding/paket beserta lauk pauknya, seperti ayam brumbun (berwarna-warni) disertai tetabuhan arak/tuak. Buta Yadnya ini ditujukan kepada Sang Buta Raja, Buta Kala dan Batara Kala, dengan memohon supaya mereka tidak mengganggu umat. ya Nyepi

Unik Bukan perayaan hari raya Nyepi, oh iya mereka juga sepakat setiap Nyepi ada yang tidak boleh dilakukan loh. 

1. Amati Karya, Tidak boleh bekerja. Seluruh masyarakat dan wisatawan yang datang berkunjung ke Bali tidak boleh melakukan aktivitas apapun diluar rumah termasuk bekerja. Tujuannya adalah agar menjadikan Nyepi sebagai bahan perenungan dan intropeksi diri atas kesalahan-kesalahan yang pernah dilakukan selama ini.

2. Amati Geni, Tidak boleh menyalakan api. Sebenarnya api mewakili hasrat (api) yang ada dalam diri seperti kemarahan, iri hati dan fikiran yang tidak baik. 

3. Amati Lelungan. Tidak Boleh bepergian. Seluruh umat tidak boleh bepergian atau melancong. Tujuannya sendiri adalah dengan tidak bepergian maka alam akan senang dan bebas dari gangguan manusia yang sehari-harinya mengotori bumi. Amati lelungan adalah suatu permintaan maaf kepada bumi karena selama ini tidak dapat hidup jika tidak merusak alam. 

4. Amati Lelanguan. Tidak boleh bersenang-senang. Nyepi hadir dan semua masyarakat harus mengorbankan kesenangannya untuk melakukan pemusatan pikiran terhadap Ida Sanghyang Widi. Karena jika manusia larut dalam hiburan maka mereka akan lupa tujuan hidup yang paling utama adalah kembali kepada Tuhan.



Dan semua tahapan Nyepi dilakukan pada saat matahari fajar menyingsing hingga fajar menyingsing kembali keesokannya.

Memang unik memiliki ragam kepercayaan kan. Meskipun bagi wisatawan yang berketepatan jatuh kunjungan ke Bali ketika Nyepi tidak dapat ber-aktivitas seperti hari normal.

Tapi setidaknya Nyepi yang dirayakan setahun sekali akan menjadi momen pemersatu untuk menghargai dan saling toleransi antar umat beragama. Nilai lebih lainnya Nyepi akan menjadi daya tarik dan daya jual bagi industri pariwisata kita. 

Selamat merayakan Nyepi kawan........





Sumber
Wikipedia.org.id
Merahputih.com

10 komentar:

  1. Balasan
    1. Inget nyepi jadi ingat bali ya mas uwan

      Hapus
  2. Selamat Hari Raya Nyepi .....
    Semangat Kebhinekaan untuk Kemajuan dan Kemandirian Bnagsa ...

    BalasHapus
  3. udah lama pengen ngerasain suasana nyepi di bali tapi blom kesampaian..

    BalasHapus
    Balasan
    1. Saya pengennya mah ke bali aja tapi ngga ngerasain nyepinya :)

      Hapus
  4. Dan saya terharu baca ini
    Makasi ya Bang

    Lalu saya sendiri jadi maju mundur mau tayangin draft tulisan tentang Nyepi, kok yo punyamu lebih bagus ya, bang hahaha

    BalasHapus
    Balasan
    1. terimakasih ibu arni sudah sudi mampir dan memberikan pujian ;) jadi lebih semangat ngeblog nich..

      Hapus
  5. kepingin sekali mas,,, kalo hari raya nyepi itu ada di Bali biar merasakan ritme dan syahdunya,,, mdh2ah tercapai ya..

    BalasHapus

Untuk Sementara Pesan di Moderasi....
Menghindari Beberapa konten2 yang negatif ...
Berfikir yang Baik dan tinggalkan jejak yang baik..
Terima kasih