Sabtu, 25 Februari 2017

Alien sudah mendarat (Resensi Film: Arrival)



Bahasa adalah bukti dari suatu peradaban. Dengan bahasa kita dapat bersatu bersama. Dengan Bahasa juga kita dapat terlibat konflik. Louise Banks.

Setidaknya butuh 2 kali menyaksikannya untuk mengerti inti film Arrival. Secara menyaksikan perdana pas banget sama jam tidur malam. Trus kebanyakan ngobrol alhasil bukan saya yang nonton film, film yang menyaksikan saya tidur.

Alurnya juga tidak jelas banget diceritakan apakah mundur atau maju. Sebab baru ketika selesai diakhir ketahuan, oooo rupanya yang di awal film itu adalah masa depan.

Inti Film Arrival.
Louise Bank (adiperankan oleh Amy Adams) seorang ahli bahasa ditugaskan untuk menerjemahkan bahasa. Tapi bukan sembarang bahasa.


Semenjak bumi kedatangan 12 pesawat alien yang berbentuk kepompong(setengah dari bentuk lonjong). Louise bekerjasama bareng Ian Donnely (ahli bahasa atau matematika, diperankan oleh Jeremy Renner, kalau di Avengers dia main sebagai Hawk).

Hmm... filmnya menjadi menarik ketika mereka (Ian dan Louise) bekerja sama menerjemahkan dan berinteraksi dengan mahluk asing.

Sementara di belahan dunia lainnya. Diceritakan China akan melakukan serangan jika pesawat alien tidak segera pergi dari negara mereka. Beberapa negara lainnya sepakat untuk melakukan hal serupa.

Sementara waktu terus berkejar-kejaran. Louise berusaha memahami maksud dari kedatangan alien ini.

Ngga jelas juga endingnya. Meskipun si Alien pergi tetapi tujuan mereka datang belum terjawab. Padahal  disalah satu scene yang menunjukkan ketika Louise berkomunikasi dengan si Alien. 


Terungkap alienlah yang sudah membantu manusia selama ratusan tahun. Sekarang giliran manusia membantu mereka.

Sumpe, ini film bikin mikir nontonnya. Tapi jadi tahu juga ranah kerja para Ahli Bahasa. Kirain yang diterjemahin hanya bahasa manusia saja.

Dan sebagai penulis buku, Louise paham hal itu. Pengalamannya sebagai manusia ditambah keahlian dalam mengolah bahasa, ini yang menjadi kekuatan dari filmnya (tapi tetep aja kalau ngga nyimak beneran bakal bosan dan ngantuk ngikutinnya).

Sip.... selamat berakhir pekan sob.

Terimakasih sudah mampir ya...


 Sedikit detil fillmnya.
  • Tanggal tayang 6 Januari 2017 
  • Sutradara  Denis Vilenueve
  • Durasi 1 Jam 56 Menit








2 komentar:

  1. belum sempat nonton saking sibuknya,,,,kira-kira link yang bluray sudah ada yang muncul belum yah mas???

    BalasHapus
    Balasan
    1. wah.. kalau itu saya juga belum update mas :)

      Hapus

Untuk Sementara Pesan di Moderasi....
Menghindari Beberapa konten2 yang negatif ...
Berfikir yang Baik dan tinggalkan jejak yang baik..
Terima kasih