Sabtu, 03 Desember 2016

Ada apa dengan pelayanan Bank BCA?


Tapi si ibu CS penasaran juga, sempat terucap, kalau dari segi tanggal, potongan ini adalah potongan admin bank. Tapi dari segi jumlah ngga sesuai.

Postingan hari ini sekedar berbagi pengalaman pribadi aja. Bertransaksi melalui dunia perbankan sepertinya sudah menjadi bagian dari kehidupan yang tidak terpisahkan. Mulai dari transaksi kecil hingga besar.  Mulai dari beli pulsa hingga beli perusahaan pulsa, transaksi melalui perbankan sudah merupakan keseharian.

Pun tidak berbeda dengan hari ini. Hanya sebatas melakukan print out buku yang rutin dilakukan tiap awal atau akhir bulan (demi tertib administrasi, begitu kata petugas CS-nya).

Sebagai nasabah bank BCA yang budiman kebiasaan ini saya lakukan rutin tiap bulannya. Tapi entah kenapa saya sendiri kurang detil memperhatikan setiap transaksi yang ada.
Bukan karena banyaknya dana yang dimiliki ya (cieee, gaya dikit ah) makanya tiap bulan dilakukan print out. Tapi lebih kepada pencatatan atas transaksi yang terjadi. Maklumlah beli pulsa juga lewat mobile apps (padahal yang dibeli pulsa gocengan).
Dan baru sadar, rupanya sudah beberapa bulan belakangan biaya administrasi yang dipotong  sebesar Rp. 20.000,- kok besar ya. Sempat menanyakan ke petugas Teller, jawabnya, "ini adalah biaya admin karena kartu bapak, platinum." 

Ooooo, saya pun menyahut singkat, masih kurang puas sebenarnya, sampai si petugas memastikan ke saya, benarkan kartunya platinum.


***
Seingat saya dulu waktu terjadi pergantian kartu (karena lupa naro dimana) tetap diganti kartu yang sama. Saya pun mengeluarkan kartu atm yang kalau kata petugasnya, ini mah kartu gold pak, bukan platinum (dan seharusnya potongannya lebih murah, ya iyalah lebih murah secara hanya bisa tarik tunai dikit aja)

Sebentar pak, saya cek dulu jadinya biaya 20.000 tiap bulannya biaya administrasi apa ya? Petugas tellernya bertanya juga ke supervisor teller dan meminta bantuannya. 

Sempat sich ditanya, pernah up grade atau ganti kartu sebelumnya? Ya memang pernah tapi di ganti dengan jenis kartu yang sama kok, tidak ada perubahan.

Bah, supervisornya pun kebingungan, belum menemukan jawaban pastinya. Bapak supervisor lempar bola (baca:saya) ke bagian Customer Service. 

Setiap Nasabah adalah Prioritas bagi bank BCA 

Dibagian CS dilayani dengan ibu siapa ya, namanya tidak saya catat, karena beliau menyapa dengan santun dan melayani dengan baik (jadi tersirep). Yah meskipun diakhir pelayanannya si ibu belum berhasil memecahkan teka-teki biaya administrasi Rp. 20.000,- itu.

Tapi si ibu CS penasaran juga, sempat terucap, kalau dari segi tanggal, potongan ini adalah potongan admin bank. Tapi dari segi jumlah ngga sesuai, harusnya dengan kartu saya yang Gold dipotong Rp. 17.000,- bukan Rp. 20.000,-

Ia juga sempat menghubungi halo BCA dan menanyakan "keanehan" yang saya alami. 

Akhir cerita, belum diketahui kenapa biaya admin mengalami perubahan sebesar Rp. 3000,- tapi ibu CS mencatat keluhan saya dan berjanji akan menindaklanjutinya. 

Sepertinya ia sangat serius dan tidak menganggap selisih yang hanya sebesar Rp. 3.000, adalah masalah kecil. 

Dari segi keseriusan pelayan ibu CS ini luar biasa, tapi aneh juga sedikit ketika si Ibu dan Hallo BCA tidak bisa langsung menjawab selisih yang ada. 

Yah, sisi positifnya mungkin karena Bank BCA memiliki nasabah yang jumlahnya ribuanya dan masalah seperti saya hanya masalah sepele, ngga perlu lah buru- buru penanganannya (dan sayapun sangat yakin ke depan pastinya masalah ini akan tuntas selesai).

Hmm, sepertinya BCA harus juga berbenah demi pelayanan prima dan berkualitas. Ini saya "ngeh" ada perbedaan, bagaimana kalau tidak, pastinya pemotongan sebesar yang tidak seharusnya akan terus terjadi.

Inilah pentingnya dilakukan cetak buku setiap bulannya dan perhatikan apakah ada keanehan si setiap transaksinya. 

Bukan tidak mungkin bank tidak secara sadar melakukan kesalahan pemotongan, nah hal seperti ini yang harusnya kita perhatikan dan hindari agar tidak terjadi. 

oo00oo
Udah gitu aja sich, tadinya pengen komplain tapi karena melihat ibu CS yang "curious"-nya juga tinggi jadi ikutan penasaran juga, salah dimana sich sebenarnya.

Tenang, keluhan sudah ditampung 2-3 hari kedepan akan dihubungi oleh BCA langsung kok dan akan diberikan jawaban.

Oke, beklah kalau begitu. 




4 komentar:

  1. Hehe, tetapi setidaknya pelayanan dari BCA Menurutku maksimal mas, karea sejauh ini kalau mau ngirim sesuatu cepat banget nggak kayak bang lain harus nunggu 30-40 menit baru dilayani.

    BalasHapus
    Balasan
    1. memang BCA dalam segi pelayanan selalu berkualitas kok mas, hanya saja kendala teknis kadang-kadang datang tanpa diduga-duga :)

      Hapus
  2. Wah, aku udah lama nda print out buku tabungan nih. Selama ini kalo ngecek tambahan saldo cuma berbekal catetan saldo terakhir. Kudu lebih rajin di-print out nih

    BalasHapus
    Balasan
    1. harus rajin - rajin cetak buku mba evy, biar ngga menjadi masalah di kemudian hari

      Hapus

Untuk Sementara Pesan di Moderasi....
Menghindari Beberapa konten2 yang negatif ...
Berfikir yang Baik dan tinggalkan jejak yang baik..
Terima kasih