Senin, 15 Agustus 2016

Pelayanan Plasa Toyota Pemuda Luar Biasa



Situasi di Plasa Toyota Pemuda Rawamangun

Yang sedikit membuat saya kaget adalah Penggantian Aki, Sedikit luar biasa, karena baru kali ini saya alami.

Saya sudah lupa, ini kunjungan saya yang ke berapa ke Plasa Toyota Jalan Pemuda Rawamangun. Tapi untuk perawatan rutin, saya ingat betul kunjungan di KM 30.000 adalah yang ke 4. Pertama di angka 5.000, 10.000, 20.000.

Kalau dihitung berdasarkan KM praktis adalah kunjungan yang ke empat. Tapi seingat saya, lebih dari 4 kali saya datang ke Plasa Toyota Jalan Pemuda, Rawamangun Jakarta Timur. 

Awal 2 tahun lalu, ketika masuk di KM 5000 ada masalah dengan pengereman bagian depan. Dan tanpa Ba-Bi-Bu langsung ganti dengan pare part yang baru. 

Pun dengan masalah bunyi kriut-kriut bagian depan. Dan tanpa perlu berdebat sedikit pun langsung di lakukan penggantian. 

Semua penggantian Spare part diatas tidak dikenakan biaya sepeser pun. Sepertinya tidak ada yang istimewa ya.

Sebab barangnya rusak dan memang perlu penggantian dengan spare part baru. Begitu seterusnya hingga KM 30.000. 


Ada apa di KM 30.000
Seperti perawatan berkala pada umumnya yang diberlakukan bengkel Toyota. Membawa buku perawatan akan membuat pemilik mendapat diskon jasa perawatan (tentunya berlaku bagi KM di bawah 50.000 atau belum 2 tahun).

Ruang Tunggu di Plasa Toyota Pemuda Rawamangun

Sebelum melakukan perawatan dan pemeriksaan petugas bagian depan menawarkan perawatan rutin diluar servis berkala. Selaku konsumen pilihan diberikan sebebas-bebasnya, apakah mengambil servis tambahan diluar berkala, atau mengikuti servis berkala saja.

Kendaraan yang biasa saya tunggangi ditawari untuk dilakukan Sporing dan Balancing, hingga Tune Up. 

Hmm, melihat catatan sejarah perawatan berkalanya. Oh iya, setiap perawatan berkala, berkas-berkas dari bengkel sebisa mungkin jangan di buang. Berguna untuk melakukan croscheck di kemudian hari. Apa saja yang sudah dilakukan dan yang belum dilakukan. 

Sebab hal ini berhasil bagi saya pribadi. Riwayat Spooring dan Balancing kendaraan saya sudah pernah dilakukan di KM 10.000 ketika pengantian Spare Part cakram bagian depan. 

Memang kalau mau sempurna, Sporing dan Balancing di lakukan setiap 10.000 KM. Ok, saran petugasnya kalau memang sudah dan tidak mau dilakukan spooring juga tidak masalah.  Selama tidak ada keluhan dan masalah terhadap performa kendaraan.

Untuk di Plasa Toyota Pemuda, saya sampai hafal dengan beberapa petugas Front Linernya, sebut saja Mas Gunawan, Mba Desi dan masih ada 2 lagi. 

Tidak butuh waktu lama, selang 1 jam 30 menit perawatan berkala seperti ganti oli, tune up ringan selesai dilakukan. 

Teknisi yang memperbaiki Black (sebutan buat kendaraan saya)  menanyakan apakah ada keluhan lain. Kalau ditanya keluhan masih ada. Tapi bagi saya sendiri sulit memastikannya. Sebab masalahnya sama dengan beberapa waktu lalu. Bunyi kriut-kriut di bagian depan sebelah kanan. 

Sang Teknisi dibantu petugas Front Liner memeriksa riwayat kendaraan, dan ditemukan beberapa bulan yang lalu memang pernah diganti baring sebelah kiri dengan keluhan yang sama. 

Ok, mereka (Plasa Toyota) meminta waktu beberapa jam tambahan untuk melakukan Pemeriksaan dan penggantian pare part jika diperlukan.  Ya sudah karena waktu perawatan di perpanjang, alhasil kendaraan saya tinggal. 

Tepat pukul 15.00 Plasa Toyota Pemuda Rawamangun mengirim pesan menyatakan kendaraan sudah selesai dan siap digunakan. 

Untuk Bunyi belum terdengar dan ditemukan sumbernya. Tapi merujuk pernyataan saya yang berasal dari Bearing (Klahar, Bola-bola peluru) depan, alhasil barangnya yang diganti. Ok, saya berterima kasih untuk itu.

Yang sedikit membuat saya kaget adalah Penggantian Aki, Sedikit luar biasa, karena baru kali ini saya alami.

Alat yang digunakan untuk memeriksa Aki
Mereka memeriksa keadaan Aki saya dengan sebuah alat dan menemukan adanya penurunan performa dari AKI. Petugasnya menyarankan agar diganti saja. 


Menurut saya (pengalaman merawat angkot beberapa tahun lalu) kalau hanya cuma sedikit “ngayun” baru starter itu mah sudah biasa. Wajar untuk kendaraan yang sudah masuk usia 2 tahun. Memang perlu penggantian tapi tidak mendesak. 


Tapi petugasnya menyarankan agar dilakukan penggantian, karena menurut beliau, Aki masih dalam masa garansi dan menurut indikator mesin periksa aki ada penurunan kualitasnya. Dari pada nanti berpengaruh kepada kelistrikan kendaraan yang tak stabil dan “mumpung” masih garansi, ganti saja.

Pembanding, sebelum diganti dan sesudah diganti, semuanya terukur di Plasa Toyota Pemuda
Ini yang menurut saya jarang terjadi, barang yang masih garansi dan kualitasnya sudah turun. Petugasnya  proaktif mengingatkan untuk diganti.

***
Pelayanan prima sangat penting terutama untuk kendaraan yang pastinya tidak didapat dengan harga yang terjangkau. Terkadang sebagai konsumen saya sering terlupa terhadap barang mana yang masih garansi dan mana yang tidak. Dan ke alpaan saya di manfaatkan untuk sebagian bengkel “nakal” untuk tidak menginformasikan barang mana yang masih ditanggung. Bahkan meminta tagihan terhadap barang yang seharusnya masih ditanggung.

Menikmati pelayanan Toyota Plasa Pemuda
Kalau sudah seperti ini (terlebih ketika istri yang membawa ke bengkel) mendapatkan bengkel yang 100% saya percaya sangat sulit. 

Dan untuk Toyota, saya sudah nyaman dengan Plasa Toyota Pemuda, yang terletak di Rawamangun Jakarta Timur persis seberang IKIP.

Dan memang saya rekomendasikan juga untuk merawat kendaraan kerabat dan kendaraan kantor. Terlebih saya bisa bertukar pikiran dan diskusi dengan mekaniknya. Bagaimana merawat kendaraan yang baik dan mengapa sebuah hal terjadi, dan masih banyak lagi.

Yang jengkel adalah ketika datang ke sebuah bengkel, kendaraan di bawa masuk dan saya tidak dapat memantau dari jauh apa yang sedang dilakukan.

Mengamati kendaraan dari Jauh 

Kalau di Plasa Toyota, saya dapat mengamati dari jauh sambil menyruput kopi yang disuguhkkan bersama panganan-panganan kecil lainnya.

Note.
Tulisan yang dibuat untuk mencatat riwayat perawatan kendaraan.
Ini adalah murni pengalaman pribadi bukan berdasarkan pesanan ataupun review ya  :) 

6 komentar:

  1. kalau sudah mendapat pelayanan paripurna seperti ini pasti menyenangkan dan membuat kita balik dan balik lagi dengan heppy dan puas ya

    BalasHapus
    Balasan
    1. pastinya akan balik terus2an mas, dan merekomendasikan bengkel ini ke teman dan kerabat :)

      Hapus
  2. Biasanya neh kalau pelayanan ok, pelanggan akan terus setia ya bang

    BalasHapus
    Balasan
    1. Iya mba lis, pastinya akan setia dan ngga akan berpaling ke yang lain :)

      Hapus
  3. Urusan perbengkelan mesti teliti juga, ya Mas.
    Mana yang masih garansi, mana yang tidak ... bisa diakal2in bengekel ... waduh.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Bener mba mugniar, masih sedikit bengkel yg memberikan layanan profesional kepada pelanggannya. Plasa toyota salah satu yang menurut saya perduli sama pelanggannya.

      Hapus

Untuk Sementara Pesan di Moderasi....
Menghindari Beberapa konten2 yang negatif ...
Berfikir yang Baik dan tinggalkan jejak yang baik..
Terima kasih