Kamis, 25 Agustus 2016

Ayo Rame-rame Datang ke Taman Ismail Marzuki Jakarta!

Taman Ismail Marzuki Via Panduan Wisata.id

Taman Ismail Marzuki atau akrab disingkat TIM ini adalah tempat pusat kesenian dan kebudayaan. Nama taman ini dicetuskan dari nama seorang seniman terkenal sekaligus pencipta lagu, Ismail Marzuki, seorang kelahiran Betawi. Ia berjasa telah menciptakan lebih dari 200 lagu, termasuk lagu perjuangan yang masih dikenal hingga sekarang. Adapun, lagu-lagunya, antara lain Halo-halo Bandung, Berkibarlah Benderaku, Nyiur Melambai, Sepasang Mata Bola.

Lokasi Taman Ismail Marzuki
Taman Ismail Marzuki berlokasi di Jalan Cikini Raya Nomor 73, Jakarta Pusat. Untuk mencapai Taman Ismail Marzuki, kamu dapat menggunakan kendaraan pribadi atau menggunakan transportasi umum seperti bus, angkot, dan kereta api. Di sekitar Taman Ismail Marzuki sendiri kamu dapat mengunjungi pertokoan dan wisata kuliner yang meriah di malam hari.

Beberapa yang memang sedang ngehits saat ini ada Markobar sekitaran Cikini. Atau Martabak Pelangi dan Bakso Teteh, untuk yang terakhir ini kamu harus cobain. Lokasinya agak menjorok kedalam tepat diseberang TIM. 

Sementara itu, untuk penginapan terdekat ada Hotel Sari Pan Pasific Jakarta. Sari Pan Pasific Jakarta adalah salah satu hotel terbaik Jakarta yang dekat dengan Taman Ismail Marzuki. Kamu dapat naik kendaraan selama beberapa menit saja menuju lokasi. Atau bisa juga dengan berjalan kaki sembari menikmati keindahan kota di malam hari. Tidak lupa cobalah untuk mencicipi kuliner dan jajanan khas betawi, seperti kerak telor. Ada banyak penjual makanan di kawasan Taman Ismail Marzuki ini, mulai dari restoran hingga pedagang kaki lima. Namun kamu juga perlu tetap berhati-hati. Jangan sendirian ketika hari kian larut. Ajak serta teman-temanmu untuk berjalan-jalan. Semakin ramai semakin seru dan nyaman.

Jika kamu berasal dari luar kota, pesanlah tiket sebelum tiba di Jakarta, misalnya melalui jasa pemesanan tiket via online, seperti Traveloka. Bisa jadi, Traveloka juga memberikan diskon untuk pemesanan hotelmu.


Patung Ismail Marzuki via wordpress.com


Sejarah Berdirinya Taman Ismail Marzuki
Pada 10 November 1968, Taman Ismail Marzuki diresmikan oleh Gubernur Pemerintah Daerah Provinsi DKI Jakarta, Jenderal marinir Ali Sadikin. Awalnya Taman Ismail Marzuki dibangun di tanah seluas 9 hektar. Saat itu, Taman Ismail Marzuki dikenal dengan nama ruang rekreasi umum Taman Raden Saleh (TRS). Tempat ini dulunya diadakan untuk masyarakat yang ingin menikmati kesejukan di kota. Upaya pendirian ini juga dimaksudkan untuk menyatukan para seniman dalam satu wadah mengingat mereka terpecah-pecah karena kepentingan politik.

Teater di TIM via Panduan Wisata.id


Fasilitas-fasilitas di Taman Ismail Marzuki
Di tempat ini berdiri Planetarium Jakarta dan Institut Kesenian Jakarta sebagai perguruan tinggi yang terkenal mencetak para ahli seni. Selain itu Taman Ismail Marzuki juga memiliki balai pameran, enam teater modern, galeri, gedung arsip, restoran, kafe, dan bioskop.

Kamu akan takjub dengan seringnya dilakukan kegiatan seni di Taman Ismail Marzuki ini. Kamu akan disuguhkan dengan berbagai pertunjukkan seni, seperti pentas teater, tari, musik, wayang, puisi, pameran lukisan, dan pertunjukan film-film. Tidak hanya kesenian lokal, kesenian dari berbagai belahan dunia dipentaskan di sini. Ada banyak jenisnya, mulai dari tradisional hingga kontemporer.

Berbagai fasilitas terdapat banyak di Taman Ismail Marzuki. Pertama adalah Graha Bhakti Budaya. Tempat ini adalah sebuah gedung besar berkapasitas 800 orang. Panggung yang ada memiliki luas 15m x 10 x 6 m. Gedung ini biasa digunakan untuk pertunjukan konser musik, teater baik tradisional maupun modern, tari, dan film. Gedung ini sudah memiliki fasilitas yang lengkap mulai dari sound system, tata cahaya, dan pengondisi udara.

Berikutnya, yaitu Galeri Cipta II dan III sebagai ruang pameran seni lukis, seni patung, diskusi dan seminar, dan pemutaran film pendek. Gedung ini bahkan dapat menampung 80 lukisan dan 20 patung. Fasilitas di dalamnya telah mencakup pengondisi udara, tata cahaya khusus, dan tata suara.

Ada juga teater kecil atau teater studio yang merupakan gedung pertunjukkan untuk kapasitas 200 orang. Fungsinya sendiri sebagai pertunjukan teater, musik, pembacaan puisi, dan seminar. Ukuran panggungnya seluas 10 m x 5 m x 6 m. Terdapat fasilitas sistem akustik, tata cahaya, dan pengondisi udara di dalamnya. Selanjutnya, teater halaman atau studio pertunjukkan seni yang dipersiapkan untuk pertunjukkan seni seniman muda yang memiliki kapasitas yang fleksibel. Terakhir, terdapat plaza dan halaman yang merupakan area parkir luas dari Taman Ismail Marzuki. Tempat ini bisa digunakan untuk pertunjukkan di ruang terbuka.

Taman Ismail Marzuki adalah tempat yang pas buat kamu yang ingin mengekspresikan diri. Terlebih juga kamu menyukai kesenian. Keseniannya pun beragam dan tidak terbatas. Kamu bisa membacakan puisi, bernyanyi, menari, teater, dan menunjukkan kesenian unik lainnya. Ajak rekan atau komunitasmu untuk sering berkunjung ke sini karena Taman Ismail Marzuki merupakan wadah bagi kesenian itu sendiri. Di Taman Ismail Marzuki juga sering diadakan banyak pertunjukkan seni, mulai dari yang gratis hingga berbayar. 

Namun, kamu tidak perlu khawatir karena tempat ini benar-benar untuk orang-orang yang mengaku seniman. Jadi tak perlu meragukan kualitasnya.

6 komentar:

  1. Tyt keren ya kl difoto malam hari. Kl sy msh jarang ntn pertunjukan seni di sini. Belum ada yg cocok dg selera.

    BalasHapus
    Balasan
    1. memang keren mba nacnty, kapan2 coba datang malam hari, yah meskipun acara seninya belum cocok tapi bisa sekalian menikmati malam aja bersama teman, pasangan atau keluarga :)

      Hapus
  2. Jalan-jalan ke TIM ini memang paket lengkap deh. Aku suka ke sini :)

    BalasHapus
    Balasan
    1. Jadi kayak one stop shopping gitu ya mba Alida, ada kulinernya, ada keseniannya, ada cinemanya juga. Pokoknya lengkap dech :)

      Hapus
  3. Keren dah disini Mah, tempa bagus untuk berkumpul sama keluarga...

    BalasHapus
    Balasan
    1. Apalagi kalau malam hari rame banget

      Hapus

Untuk Sementara Pesan di Moderasi....
Menghindari Beberapa konten2 yang negatif ...
Berfikir yang Baik dan tinggalkan jejak yang baik..
Terima kasih