Kamis, 14 Juli 2016

Penerapan Reformasi Birokrasi di Lingkungan PT TUN Jakarta

PTTUN Tampak Depan 
Yup, kali kedua rapat kedua tahun ini. Rencanya akan rurin setiap bulan diadakan. Jika mendesak dan memang butuh tetap akan diadakan rapat insidentil.

Lokasinya sendiri mengambil di ruang sidang yang cukup besar untuk menampung semua pegawai.

Rapat kali ini agak terlambat karena ada rapat pendahuluan. Dan  terkait adanya uji petik oleh tim Reformasi Birokrasi (RB).

Reformasi birokrasi pada hakikatnya merupakan upaya untuk melakukan pembaharuan dan perubahan mendasar terhadap sistem penyelenggaraan pemerintahan terutama menyangkut aspek - aspek kelembagaan (organisasi), ketatalaksanaan (business prosess) dan sumber daya manusia aparatur. (Sumber webnya MENPAN RI)

Ketua Pengadilan Bapak Dr. Istiwibowo, SH, MH menegaskan bahwa tim RB sendiri terdiri dari Kementrian PAN (Pendayagunaan Aparatur Negara) dan BPK serta Mahkamah Agung. 

Tema kali ini yang diusung adalah Uji Petik 8 area perubahan dan akan memiliki dampak jika tidak sesuai dengan Tim RB maka pengaruhnya ke Tunjangan Kinerja yang diterima. 


Oleh karena itu kemarin (beberapa hari sebelumnya) di Mahkamah Agung bersama Kementrian PAN akan melakukan pendampingan dan bimbingan kepada satker (satuan kerja) Mahkamah Agung.

8 Area Perubahan 


Dan PTTUN sebagai Satker yang ditunjuk, artinya adalah beberapa hal harus di siapkan betul-betul agar dapat penilaian layak dan sempurna.

Kita (baca PTTUN JAkarta) tertolong karena sudah lulus ISO 9001;2008. Tetapi bukan berarti selesai dan mudah.

Untuk senin besok akan ada penilaian dari tim Mahkamah agung dan Dirjen terkait.

Ibu Jenny Hutahuruk selaku Dirjen Badimiltun mengatakan bahwa raihan yang sudah dicapai harus kita buktikan dengan prestasi. Prediksi dan harapan  beliau akan mencapai nilai 88%. 

Kerja keras dari seluruh warga peradilan sangat diperlukan.

Negara membutuhkan, makanya cuti sangat dilarang dalam waktu dekat.   Senin dan selasa akan ada pendampingan. 2 hari untuk penyiapan dokumen terkait. 

Apa sich reformasi Birokrasi? Pelajari lebih dalam.

"Jangan tanya kantor berikan kepada kita tapi bertanyalah apa yang sudah anda berikan kepada kantor".

Lanjut mengenai Pakta Integritas,  juga akan dilakukan untuk semua staf. Dan di perbaharui setiap tahunnya. Siap untuk diberi sanksi jika melanggar pakta integritas

Penilaian satuan kinerja Individu. Masing masing individu diminta untuk bertanggung jawab. Sebab peradilan adalah rumah kita, kalau bukan Kita yang menjaganya lalu siapa lagi.


Wakil menambahkan agar setelah rapat langsung dikerjakan. Agar semua data sudah siap ketika datang pemeriksaan.

Mohon setiap kita bekerjasama untuk memenuhi setiap tuntutan dari RB.

Ka.sub. kepegawaian menambahkan Sosialiasi tentang Elektornik Lampiran Lembar Kegiatan  (eLLK). Kedepannya pembayaran kinerja berdasarkan aplikasi eLLK.

Front Desc PTTUN Jakarta 



Kesimpulannnya (menurut saya) 

Reformasi Briokrasi adalah sebuah tindakan bertahap dan mendasar untuk mendapatkan suatu tata laksana dan pelayanan yang baik terhadap masyarakat dari sebuah pemerintahan yang baik sesuai dengan tepat peran dan tepat fungsi dari masing-masing sumber daya dimiliki.

Sementara 8 Area Perubahan adalah Fokus Area Kerja dari suatu lembaga / kantor pemerintahan dalam memberikan layanan dan informasi publik yang terukur dan tearah.

Selamat Bekerja dan Selamat Melayani 
Comments
0 Comments

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Untuk Sementara Pesan di Moderasi....
Menghindari Beberapa konten2 yang negatif ...
Berfikir yang Baik dan tinggalkan jejak yang baik..
Terima kasih