Rabu, 13 Januari 2016

Aman Berkendara di Saat Hujan




Musim hujan hadir sebentar lagi, segala hal perlu dipersiapkan dan diperhatikan. Terutama para pengguna Kendaraan Roda 2, jalanan mulai digenangi air dan menjadi licin ketika basah sehingga resiko berkendara pun makin tinggi.

Pengendara motor dihimbau untuk meningkatkan konsentrasi, memastikan hal-hal yang menunjang keselamatan berkendara, dan mengutamakan safety riding selama berkendara.
Berikut beberapa hal yang perlu diperhatikan :



  • 1.       Helm. Helm SNI merupakan piranti wajib dalam mengendarai motor, baik saat normal maupun hujan. Namun, disarankan helm yang digunakan saat kondisi hujan adalah helm jenis full face (yang menutupi seluruh wajah), agar sewaktu berkendara wajah dan mata tidak terganggu oleh guyuran air yang dapat menyebabkan terganggunya penglihatan dan konsentrasi.
  • 2.       Jas Hujan  Jas hujan diperlukan agar pakaian tidak basah dan mengganggu suhu tubuh pengendara. Baiknya  jas hujan yang digunakan berbentuk jaket dan celana. Tidak berbentuk jubah atau ponco karena ponco berbahaya dan beresiko tersangkut ke rantai atau roda. Selain itu, gunakan jas hujan berwarna cerah agar mudah terlihat oleh pengendara lain. Jangan sekali-kali menggunakan payung sewaktu berkendara! BERBAHAYA!!! (biasanya wanita paling sering menggunakan payung)
  • 3.       Sepatu. Banyak pengendara yang menggunakan sandal ketika hujan karena takut sepatu yang digunakan basah. Padahal, sebaiknya pengendara tidak menggunakan sandal karena akan berbahaya jika terjatuh atau terkena pantulan kerikil. Gunakanlah sepatu anti air atau minimal menggunakan cover sepatu. Jika terpaksa menggunakan sepatu biasa, jangan menapakkan kaki Anda di atas mesin (center backbone motor), khususnya jika Anda menggunakan motor cub, karena titik keseimbangan motor dan pengendara dapat berubah yang bisa memengaruhi pengendalian sepeda motor.
  • 4.       Sarung tangan. Gunakan sarung tangan sewaktu hujan menjadi sangat penting. Hal ini diperlukan agar cengkraman tangan ke setang motor tetap maksimal. Agar lebih aman, pengendara disarankan menggunakan sarung tangan anti air.


Selain perlengkapan berkendara di atas, hal lain yang perlu diperhatikan dalam mengendalikan sepeda motor di saat hujan.

  • 1.       Menyalakan Lampu Menyalakan lampu utama saat berkendara merupakan hal wajib. Apalagi dalam kondisi hujan, agar mudah terlihat oleh pengendara lain. Namun, hindari menyalakan lampu darurat atau hazard sewaktu berkendara dalam kondisi hujan karena dapat membingungkan kendaraan lain. Lampu hazard hanya digunakan dalam kondisi darurat.
  • 2.       Pengereman dan Akselerasi Saat hujan, permukaan jalan dan ban berada dalam kondisi basah sehingga cengkraman/grip ban ke permukaan jalan menjadi tidak maksimal. Sewaktu akselerasi maupun mengerem usahakan lebih halus dan hindari mengerem secara tiba-tiba, sebab roda akan lebih mudah mengalami selip. Kemudian agar lebih aman, pengendara dihimbau untuk menghindari pemakaian ban tipe slik ketika hujan. Sebab, ban tipe ini tidak memiliki alur ban yang membuang air sehingga grip ban akan licin.
  • 3.       Melintasi Genangan Air. Sewaktu melintasi genangan air, pengendara dianjurkan untuk mengurangi kecepatan dan melintasi genangan air secara perlahan. Hal ini dikarenakan cipratan air akan menghambat laju kendaraan secara tiba-tiba dan keseimbangan kendaraan dapat berubah secara drastis. Selain itu, ada kemungkinan genangan air menutupi jalanan yang berlubang. Karena itu, Anda harus berhati-hati saat melewatinya.

Selain tip di atas, agar jika hujan sudah terlalu lebat dan disertai angin kencang, sebaiknya tidak memaksakan diri untuk terus berkendara. Carilah tempat berteduh yang aman dan tidak mengganggu lalu lintas. Hindari berteduh di bawah pohon besar karena ada kemungkinan pohon tumbang yang dapat membahayakan diri Anda.

Pengendara yang baik adalah pengendara yang siap dengan kondisi cuaca apapun, termasuk hujan.  karena itu, jangan lupa persiapkan diri dan sepeda motor kesayangan Anda. Selamat berkendara. 

Postingan ini hasil kerjasama antara blogger dan pihak Safety Riding Analyst Astra Motor (Main Dealer sepeda motor Honda  Michael Gerald) demi keselamatan para pengendara motor.

Tentang Astra Motor
Kiprah Main Dealer Astra Motor dalam industri sepeda motor di Indonesia, bermula dari penunjukkannya oleh Honda Motor Corp. Jepang pada 15 Juni 1970 sebagai Sole Distributor sepeda motor Honda di Indonesia. Saat itu namanya adalah Honda Division atau di internal Grup Astra dikenal dengan Honda Sales Operation.

Semenjak tahun 2000, peran Honda Sales Operation, yang kini dikenal dengan nama Astra Motor, berubah menjadi main dealer dan retailer sepeda motor Honda. Sebagai main dealer, kini Astra Motor membawahi lebih dari 600 showroom, 1.200 bengkel, serta 2.700 outlet suku cadang yang terbagi dalam 11 wilayah pemasaran di Indonesia, meliputi Sumatera Selatan, Bengkulu, Jakarta, Jawa Tengah, DI Yogyakarta, Bali, Nusa Tenggara Barat, Kalimantan Barat, Balikpapan, Sulawesi Selatan-Sulawesi Barat- Sulawesi Tenggara-Maluku, serta Papua-Papua Barat. Hingga 2014, sebagai retailer, Astra Motor telah menyebar di 21 provinsi dengan 148 dealer resmi, serta memiliki lebih dari 3.800 karyawan.

8 komentar:

  1. Tipsnya lengkap Bang. Memang kudu lengkap ya Bang kalo mau berkendara motor di musim hujan.

    BalasHapus
    Balasan
    1. biar aman dijalan bro Dani.. ingat.. keselamatan itu yang utama ... keluarga menanti di rumah :)

      Hapus
  2. Thank you tipsnya bang Kornel ..

    BalasHapus
    Balasan
    1. sama sama mba oline... semoga bermanfaat :)

      Hapus
  3. Masalahnya gak semua tukang ojek punya jas hujan buat penumpangnya (*kenapa ujug2 ngomongin tukang ojek?)

    BalasHapus
    Balasan
    1. iya juga ya.. ngga semua tukang ojek punya jas hujan ya :)

      Hapus
  4. Setuju dengan tips, karena masih banyak yg cuek saja, saat berkendara di waktu hujan. TFS mas.

    BalasHapus
    Balasan
    1. bener mba liswanti.. saat ini masih banyak pengendara yang cuek dengan keselamatan ... pas terjadi kecelakaan baru sadar.. dan semuanya sudah terlambat

      Hapus

Untuk Sementara Pesan di Moderasi....
Menghindari Beberapa konten2 yang negatif ...
Berfikir yang Baik dan tinggalkan jejak yang baik..
Terima kasih