Selasa, 15 September 2015

Pameran 70 Tahun Sejarah PMI, Pesan untuk Blogger muda.

HUT PMI yang ke 70
Pada 2008/2009 ada gerakan dari blogger dinamakan blood for life. Wujud kepedulian Blogger terhadap PMI. Sejak itu PMI di mata blogger semakin dekat. Beberapa kerjasama sudah terjalin.

Palang Merah Indonesia atau yg akrab ditelinga dengan sebutan PMI. Rupanya dilahirkan itu tanggal  17 Sept 1945.  Diakui oleh Pemerintah dan Internasional pada tahun1950 berdasarkan Kepres 25 RIS 1950. PMI sendiri sudah memliki 1,5 juta relawan hingga saat ini. 

Acara yang di gagas PMI dalam rangka memperingati HUTnya yang ke 70 mengundang Blogger untuk berpatisipasi meramaikannya. Kurang lebih ada 30 an lebih blogger yang hadir.

Beberapa tugas Palang Merah Indonesia diantaranya adalah menyebarkan nilai-nilai kemanusiaan. Selain itu aktif dalam kampanye perubahan perilaku.Terdepan dan Tercepat. PMI juga diperkuat dengan fasilitas yang memadai. Satu-satunya penyelenggara donor darah dan pengelolaan darah. PMI adalah bagian dari masyarakat. Melayani kapanpun dan dimanapun.


Banyak hal yang diurus PMI dikarenakan PMI  merupakan  bagian dari gerakan Palang Merah International.

Kiri ke Kanan : Satria Loka, kang Arul, ndoro kakung dan Melanie
Acara dimulai oleh Satria Loka selaku  moderator dalam acara HUT PMI yang ke 70, ia  menyapa semua peserta yang hadir.  Narasumber yang hadir  ada Melani, Ndoro Kakung dan Kang Arul. 

Melani yang merupakan Program Manager dari ICRC (Komite International Palang Merah) menjelaskan apa itu ICRC.  Kantornya  sendiri berada di kebayoran baru. Cikal bakal ICRC berasal dari pertempuran Solferino, Perancis melawan Austria.  Ada saudagar kaya yang terenyuh membantu korban yang luka. Nama saudagar kaya itu adalah Henry Dunant. 
Dasar dan mandat ICRC itu adalah Konvensi Jenewa. Salah satu mandatnya adalah memberikan bantuan bagi korban sipil.  ICRC itu mengurusi berbagai macam hal dimulai dari bantuan kemanusiaan, memulihkan hubungan keluarga karena banyak orang yang terpisah dari keluarganya dalam kondisi perang.

Para Peserta yang hadir dalam HUT PMI 70 tahun 2015
Berikutnya adalah kunjungan tahanan, memfasilitasi tahanan agar mendapatkan pelayanan sesuai standar yang berlaku. Lainnya yang dilakukan ICRC adalah Diseminasi, semacam sosialisasi seperti yang dilakukan saat pada HUT beberapa hari ini. Kerjasama ICRC  dengan perhimpunan nasional salah satunya adalah PMI. ICRC sendiri hadir dari tahun 1940. 

Blog ICRC sendiri sudah hadir dari tahun 2010. Bertujuan menjangkau para blogger. Kurang lebih 152 tahun ICRC berdiri.

Ndoro kakung yang memiliki nama aslinya Wicaksono dan juga merupakan blogger senior. Memberikan sedikit penjelasan mengenai dunia blogging. Blogger sendiri muncul di dunia tahun 1998. Ke Indonesia tahun 2000. Blogger di masa-masa awal hanya  menjadikan blog  sebatas buku harian. Sementara semakin lama jumlah blogger semakin bertambah. Pada tahun 2007 diselenggarakan Pesta Blogger di Grand Indonesia, sejak itu blogger saling kenal dan saling menimba ilmu.

Pada 2008/2009 ada gerakan dari blogger dinamakan blood for life. Wujud kepedulian Blogger terhadap PMI. Sejak itu PMI di mata blogger semakin dekat. Beberapa kerjasama sudah terjalin.

Tips dari Ndoro Kakung sendiri mengatakan tidak apa-apa diawal memiliki blog mencurahkan perasaan. Blog sendiri mengajarkan untuk menuangkan gagasan. Tapi kalau bisa berdayakan  untuk keperluan masyarakat yang luas kenapa tidak.  Beritahukan ke pembaca blog informasi acara donor atau sebar informasi lainnya. Sebarkan kebaikan melaui blog kita.

Lepas acara HUT PMI
Kang Arul menambahkan sedikit Intinya adalah berbuat hal kecil tapi hal kecil tersebut bisa mendunia.
Sifat dasar medsos adalah saling berkomentar. Di medsos kita masih bingung mana yang benar dan mana yang tidak benar.  Didunia virtual siapapun bisa terlibat didalamnya, bisa ajak orang untuk berinteraksi.

Harapan kang arul, gunakan media sosial untuk keperluan yang baik. Nikmati dunia muda dengan positif.
Melani juga memberikan  tips untuk blogger. Salah satunya adalah untuk tidak menayangkan gambar negatif seperti korban kecelakaan.Hati hati juga dalam menshare berita, pastikan terlebih dahulu kebenaranya.

Ndoro kakung sendiri berpesan agar menahan diri untuk tidak terburu buru menyebarkan sesuatu. Tanyakan kebenaran sebuah berita kepada yang lebih tau. 

Etika menurut kang Arul harus dipahami oleh pegiat medsos, meskipun beberapa tidak tertulis salah satunya tidak boleh menuliskan tulisan dengan semua huruf kapital meberikan kesan marah. Beberapa lainnya etika sudah harus kita ketahui sendiri.

Beraktivitas di dunia internet itu harus menarik nafas 3 kali untuk meredam emosi. Tarik nafas pertama untuk tidak langsung menshare. Tarikan ke 2 konfirmasi kebenaran sebuah berita. Tarikan ke 3 kita memilki tanggung jawab untuk memberitahu apakah sebuah berita itu hoax atau tidak. Orang membuat hoax agar halamannya menjadi bintang dan dikunjungi demi mendapatkan untung berlipat.

Hati hati berinteraksi di dunia maya, Jangan tampilkan foto satu badan penuh di dunia maya. Jangan percaya dengan orang yang mengajukan teman di facebook. Jangan terlalu percaya seratus persen dengan Internet. Ndoro kakung juga menambahkan untuk mencoba selalu update isi blog  secara reguler semisal setiap hari atau 2 hari sekali agar pengunjung tidak bosan.  Bagikan hal yang bermanfaat bagi orang lain. Perlu juga untuk membagikan foto kegiatan yang melibatkan banyak orang. 

Kang Arul terakhir berpesan kepada pengelola blog PMI agar  melibatkan PMR diseluruh daerah jangan hanya bercerita tentang PMI yang di Jakarta saja.

Terakhir ditutup oleh Melanie agar membuat desain blog yang menarik agar membuat mata betah dan membuat pengunjung kembali lagi. 
Maju Terus Palang Merah Indonesia.

Berikut Dokumentasi selama Pameran HUT PMI ke 70.
PMI dalam masa lampau

Selfie dengan Sepeda PMI

Para siswa yang asyik mengamati perlengkapan PMI

Salah satu peralatan yang ditampilkan PMI

Masih sepeda yang menjadi jagon PMI dalam bergerak di masa lampau

PerlengkapanPMI

Siswa yang asyik mencatat perkembangan PMI

Peluncuran Perangko

Acara Museum Lainnya
 Semoga Bermanfaat :)

20 komentar:

  1. rame banget mas acaranya :)
    siang tadi kan yang bareng blogger ya,
    tadinya mau dateng, sayangnya ada tugas mendadak dari kantor...

    sepeda tua zaman dulu unik juga, ada kotak p3k juga

    BalasHapus
    Balasan
    1. iya... acaranya lumayan ramai di hadiri oleh teman2 PMR .... dan memang sepedanya unikkk. :)

      Hapus
  2. Yups, blogger sebagai anggota masyarakat, juga harus mau berpartisipasi membangun ya mas, salah satunya mensosialisasikan program PMI.
    Siip, sharingnya bagus

    BalasHapus
    Balasan
    1. benar... setidaknya para blogger juga turut ambil bagian dalam hal ini ikut mensosialisasikan ...

      Hapus
  3. Sharing yang bagus ini, suka dengan pesan2 dari Ndoro Kakung dan Kang Arul buat para blogger. Acaranya masih sampai tanggal 17 ya mas? Aku kok tertarik untuk datang.

    BalasHapus
    Balasan
    1. semoga masih sempat dateng,, masih ada beberapa acara lainnya sich.. selama hut PMI yang ke 70 :)

      Hapus
  4. Blood for life tindakan yang mulia ya mas, saya juga turut mendukung ya.. hehe ada wawasanya juga seputar palang merah, termasuk sejarah saudagar kaya hendri dunant, mantap.. Terus ada juga saran mengenai blogging ya... waah pasti seru tuh ya acaranya mas... :)

    BalasHapus
    Balasan
    1. seru.. banyak info yang bisa didapat mengenai PMI... :) kalau ada bapak PMI dunia.. mungkin juga akan ada bapak blogger sedunia :)

      Hapus
  5. harus di sebarkan nih info pameran ini, kok aku baru tau ya :)

    BalasHapus
    Balasan
    1. sama ibu,,, saya juga taunya di menit2 akhir :)

      Hapus
  6. PMI ya, kadang masih dipandang sebelah mata sama beberapa orang. Misalnya karena logo dan simbol palang. Katanya mencirikan keyakinan tertentu. Terus ada organisasi serupa dengan nama dan simbol yang berbeda. Aneh ya?

    BalasHapus
    Balasan
    1. biasa isu seperti itu kan lebih mudah disusupi terutama untuk negara yang heterogen keyakinannya seperti kita ;)

      Hapus
  7. Seru juga pamerannya,
    saya baru tahu PMI berdirinya 1 bulan setelah kemerdekaan Indonesia :D

    BalasHapus
    Balasan
    1. sama ... saya juga baru tahu setelah menghadiri pameran PMI ...

      Hapus
  8. Saya orang PMI pengen banget datang ke acara itu padahal tapi gak bisa hmm...
    dan sekarang tepat hari jadi PMI ke 70 malah di tempat saya gak ada acara benar-benar bikin miris.

    Semoga di Banjarmasin tahun depan bisa mengadakan acara kayak gini, Aamiin.
    Makasih banyak mas udah diajak jalan2 di acara pamerannya :D

    salam kenal, happy blogging!

    BalasHapus
    Balasan
    1. oooo... berarti tidak semua tempat di rayakan peringatan 70 tahun PMI ya... :) jadi tambah tahu... salam kenal juga :)

      Hapus
  9. wah setuju deh dengan Ndoro Kakung, jadikan blog bermanfaat dan memberikan pesan kepada masyarakat, di Bogor ada RS PMI dan pasiennya juga banyaaakk, tapi saya belum pernah donor darah soale takut jarum suntik T_T

    BalasHapus
    Balasan
    1. dulu sempat donor darah sekali.. trus yang ada malah drop daya tahan tubuh,, sekarang kalau mau donor darah.. mikir 2x dulu... :)

      Hapus
  10. Balasan
    1. pastinya... ada PMR yang hadir... ada blogger.. pastinya meriah :)

      Hapus

Untuk Sementara Pesan di Moderasi....
Menghindari Beberapa konten2 yang negatif ...
Berfikir yang Baik dan tinggalkan jejak yang baik..
Terima kasih