SoG4iGVrlm2d0xVc7TbcWuGl8F4PkcCzhtCrmamZ

Hati-hati menggunakan mesin cuci.


Spesifikasi Mesin Cuci Denpoo

Mesin cuci baru terasa penting jika sudah dalam keadaan rusak dan dibutuhkan segera. Ngga hanya mesin cuci saja sich, hampir semua perangkat rumah tangga karakternya seperti itu. Ketika dalam kondisi normal, perawatan dan penggunaan yang sewajarnya kurang mendapatkan perhatian khusus. Pun sama dengan yang saya alami beberapa hari lalu. 

Berawal dari penggunaan mesin cuci Denpoo yang sudah lebih dari 1 tahun dan selama itu tidak memiliki kendala. Baik dari segi penggunaan ataupun perawatan, memang dalam penggunaan terkadang melebihi kapasitas yang sudah ditentukan.

Tapi melihat kekuatan yang ditampilkan mesin cuci, semakin memacu saya untuk menggunakannya melebihi kapasitas. Hingga tepat setahun lebih 6 bulan, mesin cuci mengalami kendala. 

Apa kendalanya jika sering menggunakan mesin cuci melebihi kapasitas?
Pastinya pertama kali adalah pakaian yang kita cuci  tidak akan  mendapatkan hasil cuci yang maksimal. Pakaian pastinya akan terlihat masih kotor. Yang kedua dengan mencuci melebihi kapasitas akan memacu kerja mesin lebih keras, inilah yang akan mengurangi usia mesin cuci yang kita miliki.

Biasanya jika mencuci melebihi kapasitas hanya sekali-sekali tidak akan juga berdampak langsung terhadap mesin. Mencuci sering melebihi kapasitas dan berulang-ulang-lah yang biasanya menciderai mesin.

Jaringan Kabel Mesin Cuci dan letak Kapasitor
Menurut pengakuan tukang servis mesin cuci, sangat penting sekali mencuci untuk tidak melebihi kapasitas. Setidaknya jumlah debit air harus melebihi cukup dan jumlah pakaian yang dicuci tidak melebih dari setengah tabung atau maksimal 1/2 dari batas normal yang diperbolehkan. 

Kendala di mesin jika sering digunakan melebihi kapasitasnya adalah Mesin cuci akan mengalami penurunan kualitas putaran atau bahkan tidak mau berputar jika ada beban. Tetapi akan berputar jika dibantu tangan dan tidak ada beban. Dan seperti seolah-olah tidak terjadi masalah. 

Jika dibiarkan terus-menerus takutnya akan berdampak ke mana-mana. Maka itu  harus segera diperbaiki. Syukur-syukur bisa diperbaiki oleh teknisi resmi mesin cuci. Kalau tidak ada, tukang servis pinggir jalan pun okelah. 

Tukang servis jalanan langganan saya, hanya butuh waktu 45 menit untuk melakukan penggantian suku cadang yang rusak. Itu juga sudah termasuk membeli suku cadang yang perlu diganti. 
One Cool Kapasitor Pengganti yang asli

Kapasitor,  nama suku cadang yang rusak jika sering menggunakan mesin cuci melebihi kapasitasnya. Harganya sendiri untuk bengkel jalanan, dipatok Rp. 185.000,- ditambah ongkos pasangnya sendiri Rp. 50.000,-.

Garansi barang yang dipasang berlaku hanya 1 bulan saja. Terakhir sang montir berpesan agar mencuci baju sebaiknya tidak melebihi kapasitas. Sehingga kerja mesin akan lebih santai dan pastinya akan lebih lama awetnya. Lebih baik sedikit tapi berulang-ulang (yang ini seperti pesan dokter diet makanan ya).

Kita lihat berapa lama tahannya kapasitor jalanan ini, setidaknya dari saya juga harus merubah gaya mencuci, mencoba untuk mengurangi cucian dan membaginya agar tidak membebani mesin berlebihan.
Kapasitor yang asli disandingkan dengan yang jalanan punya :)

Related Posts
Kornelius Ginting
Orang Baik Rejekinya Juga Baik

Related Posts

32 komentar

  1. Baru hari senin kemarin mesin cuci saya habis di service karena tabung pengeringnya tdk kuat berputar saat diisi pakaian. Ternyata setelah dilihat kapasitornya lemah karena sering dipakai dengan pakaian penuh..... Ongkos servicenya kmrn 90rb... Hehehe

    BalasHapus
    Balasan
    1. hari ini tukang service resmi untuk mesin cuci drumah mama yang tidak mau beroperasi pengeringnya datang untuk mengecek mesin cuci itu, setelah dicek katanya rusak n hrs ganti spare part, dengan harga 600ribu diluar biaya service. bagaimana menurut agan2semua disini? mohon advice nya.

      Hapus
    2. Cari pembandingnya dulu mba alia. Biar sepakat tahu kerusakannya sama. Baru bicara harga.

      Hapus
  2. Aku belum punya mesin cuci, heee. Tapi memang sih kalau kebanyakan jadi kayak mau ngadat :-D

    BalasHapus
    Balasan
    1. berarti ngga perlu berurusan dengan kerusakan mesin cuci mas ... :)

      Hapus
  3. kalau saya kendalanya bukan melebihi kapasitas tapi kabelnya suka digigit tikus hadeuuhh :(

    BalasHapus
    Balasan
    1. waduh repot juga kalau berhadapan dengan tikus... :) perlu kesabaran dan trik khusus :)

      Hapus
  4. Wah, repot juga kalo mesin cuci rusak. Pastas deh anak bunda selalu melarang siapa pun operate mesin cuci itu, gak peduli cucian udah banyak. Yang penting: cuma anak bunda yang boleh operate mesincucinya, hehe...bebas deh si bunda, jadi bisa leha-leha. Dan memang benar sudah 3 tahun usianya gak pernah "ngadat" tuh.

    BalasHapus
    Balasan
    1. kalau perawatannya bagus.. pastimya akan lebih lama tahannya :)

      Hapus
  5. Balasan
    1. pastinya ngga akan repot dengan perawatan dan permasalahan mesin cuci :)

      Hapus
  6. Si Mbakku (ART), pernah ketauan memasukkan pakaian kotor sepadat-padatnya ke dalam mesin cuci kami. Untung aku tau. Waduh, dia pikir biar cepat kelar. Pfiuuuh ....

    BalasHapus
    Balasan
    1. kalau sekali-kali ngga pa pa.. yang bikin rusak kalau sering.. tapi siapa juga yang tau si mba itu sekali-kali atau sering :)

      Hapus
  7. Iya ya, kalau kepenuhan jadi cepet rusak. Biasanya nggak mau muter mesin cucinya.

    BalasHapus
  8. Nimbrung ya....kalo sedikit2 berkali2 bagaimana dgn penggunaan listriknya?

    BalasHapus
    Balasan
    1. mesin cucinya bakalan awet apalagi kalau airnya banyak, tapi memang agak boros dilistrik pastinya :)

      Hapus
  9. Mas mau nanya kira-kira apanya yg rusak kalo pengeringnya td mau beroperasi sdangkan pencuciannya aman aman aja

    BalasHapus
    Balasan
    1. kemungkinannya banyak tapi bisa juga dinamonya mba Mira (biasanya karena usia dan sering pemakaian berlebihan).. tapi di periksa dulu aja.. jangan2 ada tali2 yang lepas atau kendor atau kabel2 digit tikus (juga bisa loch) yang menyebabkan pengeringnya tidak beroparasi normal... :)

      Hapus
  10. Mesin cuci saya air nya keluar padahal posisi nya normal jdii air nya gak bisa penuh pdhl lagii diisi itu knp ya

    BalasHapus
    Balasan
    1. Mungkin ada yang bocor pak atau ada yang salah dalam pengoperasiannya... untuk lebih jelasnya... panggil teknisi yang lebih berpengalaman

      Hapus
  11. Pengering mesin cuci saya ada suara nya berisik bener kyk pengen ancur langsung saya cabut listriknya kira" itu apanya ya yg rusak

    BalasHapus
    Balasan
    1. Jangan2 pengeringnya ga penuh atau kepenuhan... trus penataan baju basahnya harus di ratakan jangan mringkel2

      Hapus
  12. Meci aku baru aja rusak nuntut satusatu. Dr mulai pengering yg gak muter (Tapi diliat tutupny emg rusak krna itu otomatis wkt tutup dibuka pengering akn mati, nah kawat" dipembuka tutupnya patah udh karatan brrti mesinny gpp kan cuma masalah d tutupny aj?)
    Yg k 2 tutup yg mesin pencuciny jg sama patah dminggu berikutny tpi untungny krn gak otomatis jd mesin cuci ttep bisa dipake.
    Yg 3 di 2 mnggu berikutny setelah selesai nyuci & airny dbuang ok d posisi drain air keluar, ketika dkembaliin ke posisi wash air keluar lagi gk menampung utk nyuci, lha jd gk bisa ngebilas disitu deh & pastiny bwt nnti gk kn bisa dpke nyuci lagi krna airny kluar terus. Ini gimana yaa?? Merk aku denpoo beli dr jul '16 smpe minggu ini dpnghujung april '20. Apakah ini termasuk awet utk ukran usia meci rusak/ideal/emg rata" sgtu? Maaaaapp banyaakk tanyaa. Bngung soalny merasa brsalah krna aku yg pake terakhir pas rusakny. Mw cari" service jg ni.

    BalasHapus
    Balasan
    1. 1. Kasus yg pertama..kalau memang patah bisa diakalin pakai sesuatu yang bisa menggantikan kawat yag patah.

      2. Serupa terjadi kayak kasus tapi ga mengganggu jadi gada masalah ya

      3. Kalau bagian ini agak ke teknis, kalau rajin cari manualnya di bagian belakang bawah kalau meci denpo.. biasanya keliatan ada yang salah disana. . Biasanya ada kabel yg ga berfungsi atau rusak (bisa digigit tikus juga)

      Sepertinya utk yang ke tiga ini harus diganti, hubungi teknisi terdekat dan terpercaya.. sebentar kok untuk masalah ke 3 diatas...

      Dan 4 tahun lumayan lama lah.. kalau ini baru pertama kali rusak ya

      Hapus
  13. wah aku harus mengurangi kebiasaan menuhin mesin cuci sampe pol ini..makasih infonya bang

    BalasHapus
  14. Halo mas kornelius, mau tanya, awalnya ada masalah pada mesin cuci sharp saya di saluran pembuangan air yg mampet, saya selalu buang air cuciannya lewat selang atas terus, nah saya iseng buka youtube ternyata ada tips cara mudahnya mengatasi hal ini, karena saya terlanjur masukin air dan sudah setengah isinya, saya malah melakukan tips tersebut, membuka bagian belakang mesin cuci, memeriksa tali kalo ga salah namanya klep pembuangannya tuh, nah pada saat saya sambil cek dan sambil putar tombol in airhhhhhg i

    BalasHapus
  15. Kabel dalamnya abis dimakan tikus

    BalasHapus
    Balasan
    1. Iya.. karena diletakkan di dapur bersama dengan barang barang dapur lainnya

      Hapus
Untuk Sementara Pesan di Moderasi....
Menghindari Beberapa konten2 yang negatif ...
Berfikir yang Baik dan tinggalkan jejak yang baik..
Terima kasih