Minggu, 09 Agustus 2015

Mari kita Bicara Gigi

Klinik Gigi Hendra Hidayat berada di Offiice Suite Thamrin City Lantai 2
Jangan pernah anggap bau mulut itu remeh.Bau mulut itu indikator adanya ketidakberesan dalam rongga mulut dan beberapa gangguan lainnya. Segera lakukan pemeriksaan ke ahlinya.  

Menjadi Blogger itu memiliki beberapa manfaat, selain menambah jumlah pertemanan di dunia maya, dengan menjadi blogger kita akan selalu di update dengan ilmu dan wawasan – wawasan yang baru. Yang sudah tahu akan sesuatu biasanya akan menjadi ter-update ilmunya, sementara yang belum akan menjadi semakin tahu. 

Sabtu kemarin, beruntung akhirnya mendapat kesempatan mengunjungi sebuah klinik Gigi yang berlokasi di Thamrin City. Jujur saya baru tahu ada klinik di sana.  Pastinya banyak juga dari kalian yang tidak tahu kalau ada Klinik Gigi Hendra Hidayat di sana bukan. Secara Thamrin City itu identik dengan pusat belanja perlengkapan muslim. 

Nah berikut saya ceritakan sedikit pengalaman kemarin ya, setidaknya dengan berkunjung ke klinik Gigi mengubah persepsi saya tentang dokter gigi. Semoga Persepsi kalian juga berubah kearah yang lebih baik tentunya.

Tampilan Resepsionis HHDT Thamrrin City
Klinik Hendra Hidayat Dental Care.   (HHDT)
Klinik Hendra Hidayat Dental Care sudah berdiri lebih dari lima tahun, bahkan yang di Thamrin City saat ini sudah memasuki usia ke 3. Awalnya Klinik ini berdiri sebagai wujud kepedulian Drg. Hendra Hidayat terhadap perkembangan dan pelayanan gigi yang kurang berkembang. Pandangan awam masyarakat terhadap dokter gigi yang masih menyeramkan, yang hanya perlu dikunjungi kalau ada keluhan, yang hanya dapat melakukan tambal dan cabut gigi.

Berangkat dari sana, Hendra Hidayat yang sukses dengan implant gigi dan pernah masuk dalam Museum Rekor MURI, membuka klinik gigi yang lebih bersahabat dengan berbagai macam layanan. Intinya sekarang ke dokter gigi, keputusannya tidak melulu cabut dan tambal, dokter di sini akan mempertimbangkan faktor lain sebelum  memutuskan untuk mencabut sebuah gigi.

Sebelum kerusakan gigi menjadi semakin parah ada baiknya kita dituntut untuk melakukan pemeriksaan berkala.  Fungsi pemeriksaan berkala berguna untuk memantau kesehatan rutin gigi dan rongga mulut, sehingga kerusakan dapat di cegah sedini mungkin, pencegahan sedini mungkin akan berdampak pada lamanya masa pemulihan tentunya juga berimbas kepada biaya yang akan dikeluarkan.
Pemeriksaan gigi oleh drg Willian

Salah satu dokter gigi di HHDT Dr. Wiliam Tansil yang ahli dalam bidang gigi buatan memberikan penjelasan fungsi gigi menjadi beberapa bagian. 
  1. Mengunyah makanan. Inilah yang sehari-hari kita ketahui pasti dan langsung merasakan manfaat dari adanya gigi. Kalau salah satu gigi tanggal maka gigi yang lain akan bergeser dari posisi awalnya. Ini juga yang menyebabkan gusi sakit dan gigi menjadi tidak nyaman. Pergeseran gigi membuat bentuk gigi berubah tanpa kita ketahui, biasanya baru sadar ketika sudah merasakan sakit dan keluhan di sekitar mulut.
  2. Selain mengunyah, gigi berfungsi untuk menampilkan senyum yang menawan. Dengan adanya gigi yang tersusun rapi dan bersih akan membuat seseorang merasa lebih percaya diri dalam bersosialisasi.
  3. Gigi juga berfungsi sebagai pendukung wajah. Jaringan keras dalam gigi yang mendukung wajah. Maka dari itu biasanya jika gigi tanggal dan tidak segera dilakukan penanaman gigi buatan pipi akan terlihat semakin menyusut atau kempot. Bahkan yang menggunakan kawat gigi akan mengalami perubahan struktur  wajah karena struktur pendukung giginya berubah.
  4. Gigi juga berfungsi untuk bicara, sebagian gigi yang bermasalah akan menyebabkan salah sebut. Sedikit yang mengetahui masalah ini, tetapi akan terlihat jelas ketika gigi bagian depan bermasalah, untuk penyebutan beberapa kata akan tidak jelas. Seperti penyebutan TEPAT karena ada gigi bermasalah berubah menjadi THEPHAT. Hal ini akan terasa lebih jika menggunakan bahasa Inggris.  
Maka dari itu diperlukan perawatan Gigi sedini mungkin, jika rusak lakukan pemeriksaan, semakin lama rusak semakin mahal biayanya. Waktu yang baik untuk melakukan pemeriksaan berkala  itu 6 bulan sekali.
Ruang Tindakan HHDT Thamrin City

Drg. Rachel memberikan penjelasan tambahan mengenai bau mulut atau istilah medis adalah Halitosis.  Bau mulut biasanya terjadi  karena kebersihan mulut yang buruk, dapat juga karena gigi tiruan yang tidak dibersihkan, untuk yang memiliki gigi tiruan sangat diperlukan sekali menjaga kebersihan gigi .
Penyakit gusi juga akan menyebabkan bau mulut karena timbunan sisa makanan dan bakteri.

Halitosis juga ditemukan pada penderita DM (gula darah) , gagal ginjal, malfungsi hati dan penderita mulut kering.
Drg. Wiliam menjelaskan hasi foto gigi

Pasien dapat langsung melihat kondisi gigi yang rusak

Beberapa hal yang diperlukan agar terhindar dari mulut bau seperti Sikat gigi yang baik (perhatikan sela-sela gigi dan gunakan pasta gigi yang berflouride) setelah sarapan pagi dan sebelum tidur, gunakan juga pembersih lidah dan periksa gigi setiap 6 bulan. Berkumur setelah makan, kurangi konsumsi daging, banyak konsumsi buah dan hindari konsumsi rokok dan kopi.  

Produk Oxyfresh
Kalau sudah tahu bagaimana fungsi gigi dan mencegah bau mulut, sudah hadir juga saat ini produk-produk Oxyfresh yang akan membantu mempertahankan kesehatan mulut dan menghilangkan bau mulut. Bukankah mencegah lebih baik dari pada mengobati. Hanya saja produk mereka terkonsentrasi hanya di klinik-klinik gigi, tidak ada di apotik atau di supermarket.
Poduk Oxyfesh yang membantu dalam melakukan perawatan rongga mulut dan gigi
Produk penyegar mulut yang mereka hasilkan aman bagi lingkungan dan juga tidak berbahaya jika tertelan. Penelitian mereka lakukan untuk pengembangan sebuah produk memang sangat lama tetapi untuk sebuah kualitas yang baik. Sepertinya untuk kualitas ini akan terus dikembangkan mengingat produk oxyfresh tidak hanya seputar kesehatan mulut, sudah hadir juga produk kesehatan lainnya.

Sikat gigi Oxyfresh memiliki keunikan tersendiri, gagangnya seperti kebanyakan sikat, kekuatannya di bulu  sikat yang halus. Atau ada juga pembersih lidah yang hanya terbuat dari plastik berkualitas tinggi dengan desain yang sederhana.

Saya juga masih penasaran dengan produk mereka, nanti di tulisan berikutnya akan  kita bahas mengenai beberapa produk dari OxyFresh.  

Kesimpulannya.
Gigi salah satu yang perlu dijaga kebersihannya, selain membersihkan dan menjaga hal-hal yang kita konsumsi tetap diperlukan perawatan berkala ke dokter yang memang ahli di bidang gigi.

Hadirnya HHDC membantu menghilangkan stigma negatif tentang berkunjung ke dokter gigi yang hanya tambal, cabut saja.
Bahkan beberapa blogger sempat bertanya, dari setiap jawaban yang diberikan oleh dokter dapatlah disimpulkan dan diringkas seperti Infeksi gigi busuk dan patah bahkan gigi bolong sangat berbahaya bagi ibu hamil.
Seorang blogger yang sedang di periksa kondisi giginya
Susu baik itu ASI dan formula mengandung gula dan dapat merusak gigi ajari sedini mungkin untuk membersihkan gigi, seperti mengelap gigi dengan kain kasa

Jangan biarkan anak menyusu sambil tidur karena akan membuat gigi tergenang dengan gula. ini salah satu yang membuat gigi rusak.

Jika akar gigi tidak bagus maka harus di cabut. Tapi jika mahkota gigi saja yang rusak maka sebaiknya  lakukan perbaikan tanpa perlu dicabut.

Memasukkan jari tangan ke mulut dan “ngempeng” membuat gigi berubah bentuk menjadi lebih ke depan. Sangat disarankan untuk mengingatkan anak tidak melakukan itu. Kalau hanya minum dot dari botol susu masih tidak mengapa, karena efek minum susu dari botol hanya sebatas hingga susu habis, sementara “ngempeng” dan memasukkan tanggan dapat dilakukan anak setiap saat yang tentunya sangat tidak baik.

Jangan pernah anggap bau mulut itu remeh ya.. Bau mulut itu indikator adanya ketidakberesan di rongga mulut dan beberapa gangguan lainnya. Segera lakukan pemeriksaan ke ahlinya.

Sekian juta bakteri ada di mulut setengahnya ada di lidah membersihkan lidah sangat penting.

Terakhir Mouthwash oxygene baik juga untuk anak, tidak berbahaya jika ditelan.

Semoga Bermanfaat 

2 komentar:

  1. Wah suka risih banget sama bau mulut. Kuncinya pastinya harus menjaga kebersihan mulut dengan sikat gigi niminal 2 kali, gunakan moutwash, bahkan harus bersihin gigi kayak begitu tuh hihi..

    BalasHapus
    Balasan
    1. betul sekali ibu pista.. terima kasih sudah mampir ya :)

      Hapus

Untuk Sementara Pesan di Moderasi....
Menghindari Beberapa konten2 yang negatif ...
Berfikir yang Baik dan tinggalkan jejak yang baik..
Terima kasih