Rabu, 22 Juli 2015

Setiap Kita Pasti Bisa (Pelajaran dari Film Replacement)

Sederhana memang kunci untuk berhasil, setidaknya untuk terus bertahan hidup, tapi sesuatu yang sederhana terkadang sulit diraih. Terlebih ketika  dihadapkan pada sebuah masalah.
 
Film ini bukan sebuah film baru, melainkan tayangan yang sudah di putar beberapa tahun lalu. Mungkin kalian bisa mencari download-annya secara gratis (pastinya sudah banyak bertebaran di google). Atau yang berlangganan tv berbayar pastinya akan menyaksikan Film Replacement, karena akan sering diiulang-ulang. 


Istri saya rupanya sudah menyaksikan “Replacement” pada waktu kuliah dulu, lumayan lama juga bukan. Kok saya tidak tau ya, maklumlah saya tergolong jarang nonton pada saat itu.
Ok, kembali ke cerita film ini, sederhana-nya serupa dengan film-film pembangkit motivasi lainnya. Keanu Reeves berperan sebagai Shane Falco, Pemain BaseBall yang gagal dan sudah memutuskan pensiun dari dunia olahraga.

Sementara Edy Martel, pemain Baseball  pro, dengan segala polahnya membuat ia menjadi jumawa dan lupa diri. Berlaku seolah-olah ia orang nomor satu dalam tim.

Coach Jimmy, ditantang untuk membentuk sebuah tim tandingan, yang merupakan kumpulan orang berbakat tetapi dengan berbagai macam kelemahan dan kegagalan. Intinya dari  film ini adalah tim yang merupakan kumpulan orang-orang gagal selama dilatih dan dibina, niscaya akan mampu mengalahkan sebuah tim yang sudah mapan sekalipun.
Beberapa pelajaran yang bisa kita petik dari film Replacement adalah,
  • 1.   Meskipun kegagagalan menghampiri, jangan pernah putus asa untuk terus berjuang. Mengutip perkataan Mario Teguh, Lakukan yang baik, berfikir yang baik dan berkata yang baik lalu perhatikan apa yang terjadi.
  • 2.       Bertemu dengan komunitas atau kumpulan yang positif akan membuat semangat untuk berhasil kembali muncul. Shane Falco yang merupakan orang gagal, diundang Coach Jimmy untuk bergabung dengan timnya, dan hasilnya kemenangan manis berhasil di raih.
  • 3.       Jangan pernah remehkan setiap kesempatan yang datang dan dalam bentuk apapun. Karena dibalik setiap kesempatan yang datang ada peluang didalamnya. Seandainya Falco tetap berkeras untuk tidak bergabung dalam tim, pastinya Falco akan tetap menjadi pecundang.
  • 4.       Apapun masa lalu kita, sehebat apapun kekalahan yang pernah kita hadapi, jangan pernah sekalipun untuk mencoba berhenti. Karena ketika memutuskan untuk berhenti, setiap kesempatan yang datang akan menjadi sia-sia.
Sederhana memang kunci untuk berhasil, setidaknya untuk terus bertahan hidup, tapi sesuatu yang sederhana terkadang sulit diraih. Terlebih ketika  dihadapkan pada sebuah masalah. Yah, setidaknya dengan menyaksikan “Replacement” membuat  belajar dan diingatkan kembali. 

Hidup memang keras dan penuh perjuangan. Tapi tidak juga menjadikan kita pribadi-pribadi yang lemah dan mudah menyerah. Mengutip perkataan Rambo “sesuatu yang tidak membunuhmu pastinya akan membuatmu kuat.”

Sebenarnya film sejenis ini juga sudah banyak, bahkan beberapa produk lokal. Sebut saja, Laskar Pelangi, Negeri  5 Menara dan beberapa lainnya. 

Semoga kita dapat menyimak setiap yang kita saksikan dan mengutip sesuatu dan menjadikan pelajaran bagi hidup yang terkadang sederhana dan terkadang rumit. 

Selamat Malam :)

2 komentar:

  1. belom pernah nonton mas
    tapi tertarik sama bintangnya, yang waktu itu juga lagi meranin the matrix trilogy :)

    BalasHapus
  2. iya ya,,, bintangnya itu Keanu reeves ya..

    BalasHapus

Untuk Sementara Pesan di Moderasi....
Menghindari Beberapa konten2 yang negatif ...
Berfikir yang Baik dan tinggalkan jejak yang baik..
Terima kasih