Kamis, 09 Juli 2015

Ngobrol Mudik Bareng Kementrian Pekerjaan Umum


Kementrian Pekerjaan Umum
Mudik merupakan sebuah tradisi rutin yang dilakukan selama Idul Fitri. Mengunjungi keluarga, sanak saudara semuanya. 

Demi memfasilitasi kebutuhan mudik yang tiap tahunnya meningkat, beberapa upaya telah dilakukan pemerintah melalui Kementrian Pekerjaan Umum.  

Salah satunya adalah dengan  diselesaikannya pembangunan Tol Cipali  (Cikopo Palimanan). Dan memang membuat jarak dan jam tempuh semakin sedikit. Tetapi semenjak Tol Cipali  dibuka seringkali terjadi kecelakaan. Bahkan jumlah kecelakaan yang terjadi di tol Cipali hingga sekarang mencapai 52 kejadian dan penyebab mayoritasnya adalah kelalaian manusia, Kepala Koordinator Lalu Lintas Polri, Irjen Condro Kirono (kompas, 8 juli 2015).

Titik lelah Tol Cipali dari Jakarta  berada diwilayah Majalengka, sementara dari arah Cirebon berada di Subang. Kecelakaan banyak terjadi disekitaran situ karena kondisi pengemudi yang lelah menyebabkan kelalaian dalam berkendara.


NGOBROL
NGOBROL
Ngopi Bareng Republika OnLine (Ngobrol). Topiknya adalah membicarakan Tol Cipali, Inilah yang akan diperbincangkan. Ngobrol sudah berjalan 2 kali, tahun lalu membahas mengenai jalur Pantura.

Siraman Rohani Sambil menunggu waktu berbuka tiba :)
Sebelum ngobrol berlanjut, acara yang digagas sekaligus buka bersama ini memberikan siraman rohani. Tema yang diangkat adalah Kerja Ikhlas. Dikisahkan seorang nenek jualan es dawet. Terkenal seantero Cianjur. Semua orang Cianjur kenal dengan es dawetnya. 

Suatu ketika ada kunjungan dari Jakarta, maka tokoh masyarakat sekitar  hendak memperkenalkan es dawet. Sang nenek ditawari untuk menjual semua es dawetnya ke anggota DPR yang hendak berkunjung. 

Sang nenek menolak dengan tegas, alasannya nanti langganan yang biasa membeli ke dirinya seperti tukang bangunan, sopir dan lainnya bagaimana nasib mereka. Mereka pastinya akan mencari dan menunggu sang nenek. Intinya adalah si nenek tidak mau menyerahkan dagangannya meskipun bisa demi mengingat pelanggannya yang lain.  Bekerja tidak hanya mendapatkan gaji. Tidak Money Oriented tapi Value Oriented.

Iklas dapat diaplikasikan kedalam lingkungan kerja.Puasa mengajarkan displin. Puasa mengajarkan keiklasan. 

Maman Suryaman Perwakilan dari Group Republika memberikan sambutan
Acara berlanjut sambutan dari Perwakilan  Republika On Line. Maman Suryaman, Perwakilan dari Republika Group. Ini kali ke 2 acara yang melibatkan Republika On line. Semoga kedepannya acara seperti ini masih dapat terus berlangsung.

Acara Ngobrol juga dihadiri Klub mobil Ayla dan blogger se-Jabodetabek. Harapan Republika adalah Kementrian Pekerjaan Umum bergabung di posko-posko yang ada untuk terjun memberikan info kepada masyarakat. Republika mendukung seluruhnya program ayo mudik 2015.

Basuki Hadi Mulyono Mentri PU dan Subroto sebagai moderator dari Republika didaulat untuk melaksanakan Ngobrol Seputar Cipali.

Pak Basuk dan Moderator memberikan Penjelasan
Acara  lebih ditekankan kepada Sosialisasi Persiapan Mudik tahun 2015. Kesiapan infrastruktur dari pemerintah dan apa perbedaannya dari tahun lalu? 

Prasarana, Rekayasa lalulintas, Perilaku berkendaraan ini 3 hal yang diperhatikan dalam mudik. Dan Kementrian Pekerjaan Umum mengambil tindakan di Prasrana. Sejak Juni lalu sudah disebar inspeksi untuk melakukan pemeriksaan kesiapan jalur mudik. Laporan dari tim pemantau sudah memberikan rekomendasinya. Prasarana di Sumatera memang masih ada titik belum sempurna, seperti di lampung (Suji) masih ada jembatan yang masih rusak. Tapi sudah disiapkan jembatan cadangan.

Untuk pulau Jawa diperkirakan 6 juta jiwa akan mudik. Info Kementrian Perhubungaan banyak yang menggunakan kereta. Meskipun pemudik menggunakan kendaraan tetap mengalami kenaikan sekitar 5 %.

Cipali dengan panjang 116 km sudah berfungsi. Beberapa rekayasa lalu lintas juga sudah mulai dilakukan oleh pihak kepolisian. Cipali diperkirakan mampu mengurangi kepadatan sekitar 40%. Semua rambu sudah dilakukan penambahan bahkan  18 rest area sudah berfungsi.

Solo-Ngawi juga sedang dibangun jalan tol. Dan beberapa didaerah lainnya, harapannya 2018 mudik akan lebih nyaman, dikarenakan beberapa ruas tol sudah selesai pengerjaannya.

Persiapan Mudik 2015 CIPALI
Cipali lebih nyaman dibanding Cipularang. Cipali lebih baik secara Geometri dibanding Cipularang. Beberapa pita kejut juga sudah terpasang. Istirahat disetiap 25 km dianjurkan demi mengembalikan stamina yang sudah terkuras, lakukan peregangan sederhana, istirahat sejenak.

Korlantas juga akan membantu membuatkan pagar betis H-7. Lampu pada malam hari juga akan ditambah. Beberapa hal perbaikan akan terus dilakukan demi meningkatkan pelayanan mudik kepada masyarakat dan tentunya demi mengurangi jumlah Laka Lantas. 

Dian Kelana
Salah seorang Blogger Senior, Dian kelana, yang sudah mengunjungi Tol Cipali beberapa waktu lalu, juga menyatakan pendapatnya.  Diakuinya sangat bagus jalan tol-nya. Karena bagus seringnya dianggap sebagai  lapangan balap. Kecepatan mampu tembus 120 Km/Jam. Kecenderungannya perilaku berkendara yang tidak disiplinlah yang banyak menyebabkan kecelakaan. 

Pesan Mentri Pekerjaan Umum,  mohon bantuannya untuk mensosialisasikan. Jakarta Cirebon dulu 68 Km/Jam sekarang menurun menjadi 50 Km/Jam. Cipali karena masih nyaman dan enak, membuat pengendara lebih cepat dan nyaman dalam berkendaraan. Sehingga dibutuhkan perilaku yang baik.

"Tolong perilaku berkendaraan harus lebih hati-hati lagi, ya". Tutup beliau disela-sela suara azan  mengingatkan untuk berbuka. 

Tidak hanya faster tapi juga saver.


Beberapa Dokumentasi selama acara berlangsung.


Blogger yang beruntung mendapatkan Doorproze



Sesi Foto bersama denganKementrian PU

Semua Peserta sibuk dengan Gadgetnya masing-masing

 
Blogger bersama Pak Mentri PU (Basuki H.M)

Kenang2an dari Kementrian PU

 

(Ki-ka) Blogger M.Sobari, Mentri PU (Basuki. HM)
Semoga Mudik Tahun ini dapat meninggalkan kesan yang manis bagi kita semua.



Selamat Mudik dan tetap berhati-hati...;)




6 komentar:

  1. Wuuiiihh langsung reportase. Keren bang

    BalasHapus
  2. goodybagnya bikin ngiler :)
    he he he

    sayang saya ga bisa ikut, waktunyabentrok kerja
    padahal pengen daftar...

    BalasHapus
    Balasan
    1. Padahal kalau Pak Choiru Huda ikutan lumayan bisa nanya2..kan Pak CH termasuk yang kritis juga :)

      Hapus
  3. Wah keren nih acaranya.. Jadi dapet banyak informasi dari tulisannya.. :)

    BalasHapus
    Balasan
    1. Iya ibu Nola, Kebetulan mentrinya pak Basuki punya waktu untuk mensosialisasikan tol CIPALI, demi mengurangi kecelakaan yang sering terjadi akibat keletihan.

      Semoga tahun ini, angka kecelakaan lebih minim dibanding tahun kemarin dan jarak tempuh serta kemacetan tahun ini juga dapat berkurang. Terima kasih sudah mampir ya :)

      Hapus

Untuk Sementara Pesan di Moderasi....
Menghindari Beberapa konten2 yang negatif ...
Berfikir yang Baik dan tinggalkan jejak yang baik..
Terima kasih