Kamis, 23 Juli 2015

CERMATI Assisten Keuangan Pribadi.

Tampilan CERMAT
Ketika saya mampu untuk menabung dalam bentuk deposito dan berhitung dalam mencari kartu kredit yang menguntungkan. Harapannya adalah biaya operasional akan menurun dan dana tabungan semakin bertambah.  

Lepas lebaran, pastinya banyak dana yang terkuras. Baik untuk membeli oleh-oleh buat sanak keluarga ataupun pernak-pernik kebutuhan lainnya mulai dari sepatu baru, baju baru hingga kendaraan baru (amin). 

Ya sudahlah, semuanya toch sudah berlalu, sekarang bagaimana saatnya menata hidup kembali agar tahun depan dapat menikmati kembali suasana yang ada, syukur-syukur ada peningkatan. 


Hitung semua dana yang tersisa, syukur-syukur masih ada. Kalaupun tidak ada, mulai saat ini berhitung apa yang dapat dilakukan. Jalan mudahnya adalah mencari tambahan sumber penghasilan sekaligus menekan biaya operasional kehidupan. Mencari tambahan penghasilan bukan sebuah persoalan yang  mudah  dan akan sama sulitnya dengan menekan biaya hidup.

 
Simulasi Deposito

"Apa yang akan dilakukan kalau sudah berhitung semua yang tersisa, atau setidaknya kita sudah ber-ancer-ancer melakukan sesuatu dengan penghasilan yang ada".

Mau ditabung begitu saja?  Kalau mau ditabung, jenis tabungan seperti apa yang akan memaksimalkan dana kita.

Atau mau yang sedikit lebih baik dari tingkat suku bunga tabungan, mau coba di depositokan?  
Sepertinya diperlukan sebuah waktu khusus untuk Hunting semua informasi tadi. Mulai dari produk-produk perbankan apa saja yang sederhana dan mampu diikuti. Bank mana saja yang menawarkan fasilitas menguntungkan.

Sepertinya akan lebih dari 1 hari untuk membandingkan produk perbankan yang satu dengan produk perbankan lainnya, terlebih jika jaraknya bank tidak saling berdekatan.
Belum lagi antrian di bank yang tentunya membutuhkan waktu tidak sedikit, terutama bank-bank ternama dan sudah memiliki banyak nasabah.

Waduh, kalau semua itu dilakukan check listnya, sepertinya saya sendiri juga akan enggan untuk menabung ataupun berinvestasi dalam bentuk lain. Belum lagi tertawaan dan sedikit tatapan sinis dari petugas Customer Service bank.  Ampun dech.

Produk-Produk CERMATI
Info seorang teman, saat ini ada portal yang menyediakan ragam informasi seputar jasa keuangan, sebuah portal yang membantu memberikan perbandingan sebuah produk tanpa harus hadir ke masing-masing bank. CERMATI, serasa memiliki assisten Pribadi.

Sesuai dengan  Visi Cermati yaitu menjadikan informasi finansial lebih mudah diakses dan lebih berguna bagi setiap orang dengan menggunakan platform teknologi. Dan CERMATI memungkinkan setiap orang mendapatkan kendali atas situasi finansial dan menghemat uang, dengan membuat keputusan finansial yang cermat, tentunya. Siapapun dan kapanpun dapat mengakses setiap informasi di CERMATI, selama memliki keterhubungan dengan jaringan internet.



Perbandingan Deposito antar bank

Tidak ada lagi  namanya antri untuk mendapatkan informasi sebuah produk deposito di bank. Kita hanya perlu ke Bank jika sudah cocok dengan informasi yang kita terima dan konfirmasi ke bank bersangkutan dan tentunya berada dekat dengan tempat tinggal.

Dengan begitu kita membuat keputusan finansial yang baik tanpa tergesa-gesa dan merasa tidak enak dengan customer lainnya, hal ini biasanya terjadi kalau kita bertanya langsung ke pihak bank.

Hal ini sejalan dengan Misi Cermati yang memungkinkan setiap orang untuk mendapatkan kendali atas situasi finansia dan menghemat uang, dengan membuat keputusan finansial yang cermat.

Membanding-bandingkan deposito bank satu dengan bank lainnya tanpa perlu merasa sungkan jika kita berada di depan petugas CSO-nya.


Keputusannya
Bergabung dengan CERMATI serasa memiliki Assisten Pribadi, dengan konsisten mengikuti semua petunjuk dan tips-tips yang diberikan, setidaknya membantu untuk tidak terburu-buru dalam mengambil sebuah keputusan. Dengan dana saat ini, depositokan di salah satu bank yang menawarkan tingkat suku bunga yang lumayan pastinya akan membuat saya mengetahui berapa jumlah dana diterima 12 bulan ke depan.

Perbandingan kartu kredit

Tidak berhenti disini, saya pun kembali selektif untuk memilih kartu kredit. Mana yang lebih banyak menawarkan promo dan sedikit biaya tahunannya.

Ketika saya mampu untuk menabung dalam bentuk deposito dan berhitung dalam mencari kartu kredit yang menguntungkan. Harapannya adalah biaya operasional akan menurun dan dana tabungan semakin bertambah.

"Jika digunakan asumsi Cateris Paribus, pastinya kedepan saya akan memiliki sedikit dana lebih dibandingkan tahun ini dan sudah sepatutnya Lebaran Tahun depan harus lebih baik dibandingkan sekarang". 

Ini Resolusi lebaranku, semoga tercapai ya :)

Tampilan Dompet Cermati
 


2 komentar:

  1. enaknya pakai Cermati itu kita jadi gak usah antri di CS seperti saya kemarin, dudulnya saya gak ngecek Cermati dulu kemarin itu, pas antri di CS ternyata persyaratan yg saya bawa kurang padahal udah antri utk buka butab, besoknya balik lagi tapi pelayanan CS mengecewakan krn saya harus nunggu 2 jam, ini jadi pelajaran buat saya

    BalasHapus
    Balasan
    1. iya ibu Evrina, akhirnya ada portal yang memberikan lengkap dan menyerahkan keputusannya murni ke kita selaku konsumen tanpaada unsur paksaan ya :) saya juga jadi merasa terbantu dengan adanya portal ini :)

      Hapus

Untuk Sementara Pesan di Moderasi....
Menghindari Beberapa konten2 yang negatif ...
Berfikir yang Baik dan tinggalkan jejak yang baik..
Terima kasih