Sabtu, 25 Juli 2015

Beberapa hal yang perlu dilakukan untuk meningkatkan konsentrasi dalam Menulis.

Ilustrasi (sumber gambar Avepress.com)
Menulis menurut sebagian orang yang sudah ahli adalah sebuah pekerjaan yang mudah. Tuliskan saja, selesai sudah, begitu kata sebagian ahli. Sementara para penulis-penulis yang baru menekuni dunia ini pastilah sangat sulit. Mulai dari menyediakan waktu, mencari tema tulisan hingga  memulai dari mana. Kebetulan Nulis buku.com berbagi tips yang memudahkan untuk tetap fokus dalam melakukan penulisan. Berhasilkah? 

Kalau ditanya seperti itu, sulit juga untuk menjawabnya sebab keberhasilan tergantung dari masing-masing yang melakukan  dan menerapkan tips yang dibagikan. Tetapi setidaknya buat saya sangat menolong sekali.
Tips yang dibagikan Nulis Buku.com di kutip juga dari Michael Purdy. Berikut Tipsnya.

  • Kita dituntut untuk mengurangi atau menjauhi setiap hal yang akan mengganggu kegiatan menulis. Jauhi kegiatan memeriksa email, facebook hingga update status di twitter. 
  • Kita harus lebih proaktif, maksudnya adalah jangan menunggu hingga ide itu muncul tapi ciptakan atau munculkan ide. Maka dari itu perlu membawa setiap catatan kecil untuk mencatat setiap hal yang unik dan menjadikan itu sebagai bank ide. 
  • Ciptakan suasana menulis yang kondusif, mulai dari merapihkan meja kerja yang biasa digunakan untuk menulis hingga melakukan perubahan-perubahan dekorasi ruangan sehingga memacu semangat untuk menulis.   
  •  Kita dituntut untuk membuat dead line, sehingga tidak terjebak kepada membuat tulisan yang tidak ada ujung pangkalnya. Dalam hal ini kita bisa bergabung dalam sebuah komunitas dan mengikuti kegiatan yang memiliki deadline. 
  • Lakukan olah tubuh, hubungannyan  dengan menulis apa? Olah tubuh yang rutin akan membuat stamina kita terjaga, inilah yang membuat semangat menulis tetap terjaga. Terus-terusan berada di depan laptop akan membuat tubuh kaku dan sakit. Lakukan peregangan sederhana yang dapat dilakukan disekitaran meja kerja. 
  • Memberi apresiasi terhadap diri jika sudah memenuhi sebuah target. Mulai dari deadline yang sudah dicapai, hargai diri dengan memberi apresiasi, tidak harus mahal. Fungsi dari apresiasi adalah  agar kita tetap fokus dan bersemangat dalam menulis.
  • Lakukan perubahan-perubahan apapun itu. Perubahan akan membuat seseorang jauh dari rasa jenuh. Ubah kebiasaan menulis di laptop,  sesekali lakukan menulis dengan media kertas. Ubah tempat menulis yang biasanya dilakukan dirumah, lakukan sesekali di kedai kopi sekallian mencari ide-ide baru  dan segar. 
  • Bergabung dengan Komunitas, dengan bergabung disalah satu kemunitas akan membuat kita lebih merasa hidup. Mendapatkan teman-teman baru yang memiliki kesukaan yang sama, pastinya akan lebih mudah untuk meng-update informasi dan wawasan. 
  • Ikuti event-event tertentu, sesekali dengan menghadiri beberapa acara tertentu akan membuat kita merasa di isi kembali dengan ide-ide baru.
Yah kalian mungkin bisa menambahkan beberapa ide lainnya. Apapun itu tambahkanlah selama dengan penambahan ide kalian dapat membuat semangat untuk tetap menulis itu tidak padam.

Tetap Semangat untuk menulis
#talktomyself  

Comments
0 Comments

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Untuk Sementara Pesan di Moderasi....
Menghindari Beberapa konten2 yang negatif ...
Berfikir yang Baik dan tinggalkan jejak yang baik..
Terima kasih