Minggu, 07 Juni 2015

Penghormatan Ippudo (Ramen Ayam) akan budaya Indonesia



Ippudo Pacific Place

Sebagai salah satu gerai makanan yang fokus dibidang  Ramen, Ippudo Indonesia menawarkan  dua produk unggulannya. Bertepatan pula menyambut bulan suci dan puasa, seolah-olah inilah bentuk partisipasi Ippudo Indonesia dalam memberikan pelayanan terbaik terhadap konsumen Indonesia.
Dibawah Payung PT Ippudo Catering Indonesia, yang berlokasi di Pacific Place 5th Floor - Unit 5.37 - SCBD Jl. Jend. Sudirman Kav 52-53 . Jakarta Selatan 12190 – INDONESIA. Resmi dirilis per Juni 2015 Ramen yang khusus dibuat untuk masyarakat Indonesia adalah “Tokyo Shoyu Chicken Ramen”mie segar yang dengan kuah kaldu ayam yang  jernih, ditambah dengan bumbu Shoyu spesial, dicampur dengan  Menma (olahan rebung) sehingga menimbulkan sensasi sedikit berbeda, Narutomaki (bakso ikan)  lengkap dengan potongan Ayam Chashu produk  berikutnya “Spicy Chicken Ramen” ramen IPPUDO yang  menggugah selera dengan cita rasa pedas spesial, dibuat dari campuran cabe rawit, aneka bumbu pedas dan sambal khusus (sambalnya sangat pedas), dicampur dengan  kaldu ayam jernih hasil rebusan sari pati ayam selama lebih dari 5 jam.
Saya dan Istri mencoba Shoyu Chicken Ramen dan Spicy Chicken Ramen

Ramen Ippudo  
Ramen adalah olahan makanan berbahan dasar Mie, kalau di cari persamaannya dengan masakan Indonesia kurang lebih sejenis dengan mie ayam, mie kuah, mie bakso. Lalu apa yang menyebabkan Ramen berbeda dengan Mie ayam buatan local, selain racikan bumbu yang ada didalamnya dimana hampir sebagian besar merupakan produk-produk olahan segar dan pilihan. Lamanya memasak dan cara memasak juga merupakan hal yang sangat diperhatikan di Ippudo.

Suasana Ippudo ketika di jam makan
Tidak berhenti disitu, Ippudo yang berdiri di Jepang pada tahun 1985, oleh Shigemi Kawahara, terus melakukan terobosan-terobosan demi menarik konsumen. Demi menghormati penduduk Jakarta secara khusus dan Penduduk Indonesia pada umumnya. Ippudo melakukan pembedaan-pembedaan terhadap Ramen yang mereka hasillkan.  Hal ini dikarenakan mayoritas penduduk Negara kita adalah Muslim.

Penekanannya ada di kata “ayam”  beberapa resto ramen identik dengan pork (baca: babi). Inilah yang membuat Ippudo berbeda dengan ramen-ramen lainnya. Bahkan untuk wadah (mangkuk) dan Sumpit (chopstick)nya pun dibedakan. Yang meminta pork terpisah dengan yang meminta ayam. Ippudo melakukan ini demi menarik lebih banyak lagi konsumen muslim Indonesia untuk mencoba Ramen buatan Ippudo Indonesia.

Produk lainnya dari Ippudo
Lepas dari Inovasi soal peralatan, Ippudo bahkan tidak tanggung-tanggung menghadirkan Hideki Miyazaki, Research and Quality Group Head  IPPUDO Asia dan Oceania demi membuat standar terhadap Ramen Ayam ini sama dengan Standar Ippudo aslinya. Dalam rilis resminya ia mengatakan “Selama proses pembuatan menu chicken ramen, kami melakukan riset dan pengembangan untuk memastikan tingkat konsistensi kualitas ketika menggunakan bahan-bahan lokal Indonesia untuk resep sup rahasia, metode memasak dan produksi ramen yang otentik ala Jepang. Kami telah mencoba beberapa variasi untuk mengembangkan kombinasi yang paling tepat dengan mencari berbagai masukan sebelum meluncurkan menu ini. Kami ingin membuat konsumen Indonesia terpesona dengan kualitas dan inovasi makanan kami.”  Dua budaya antara Indonesia dan Jepang bertemu dalam satu kuali.
Bagi para penggemar Kuliner Ramen, di Ippudo Ramen ayam dibagi menjadi dua (2), Tokyo Shoyu Chiken Ramen dan Spicy Chiken Ramen. Perbedaan mendasar dari ke 2 Ramen ini adalah di pedasnya.  Bagi pecinta ramen pedas, Spicy Chicken Ramen menjadi pilihan menarik. Sementara yang tidak terbiasa, selain bisa memilih Tokyo Shoyu Chiken Ramen atau memesan Spicy Ramen dengan topping sambal yang terpisah.
kita bahkan dapat menyaksikan Chef beraksi di belakag kaca
Hal Berikutnya yang membedakan adalah komposisi masing-masing Ramen, Shoyu Chicken Ramen dengan campuran rebung dan bakso ikan menimbulkan sensasi gurih dan sedikit kenyal dimulut. Hal yang sama dari kedua makanan ini adalah sama-sama mengandung saripati ayam, nah sudah pada tahu tentunya kalau saripati ayam sangat berguna dan baik untuk kesehatan menambah stamina dan daya tahan tubuh tentunya.
Pengalaman saya mencoba Ramen
Kebetulan dengan dua (2) kali kunjungan saya beruntung dapat merasakan Chiken Ramen. Kunjungan pertama bersama blogger, mencoba Tokyo Shoyu Chiken Ramen, karena khawatir dengan Spicy Chiken Ramen yang memiliki Topping sambal diatasnya. Dan Benar, Shoyu Chicken Ramen memberikan sensasi gurih dan kenyal dari rebung yang dicampur bersama ramen.

memperhatikan menu lainnya
Dengan voucher yang diberikan Ippudo, kembali saya berkunjung membawa serta istri untuk mencicipi Spicy Chicken Ramen. Beruntungnya Ippudo sudah melakukan sedikit inovasi, kita dapat memesan Topping sambalnya terpisah, sehingga kita dapat merasakan sensasi pedas sesuai selera.

Sepertinya  di Spicy Chicken Ramen ini mengandung rempah-rempah lebih banyak dibandingkan Shoyu Chicken Ramen. Terbukti setelah menikmati Spicy Chicken, masuk angin dan pegal-pegal ringan, efek kelelahan melewati kemacetan Jakarta lenyap dengan mudahnya.

Sedikit Cerita mengenai Sosok Penemu Ramen
Dalam ringkasan video yang ia rilis, Shigemi Kawahara, merintis usahanya dari sebuah bar yang ia buka pada tahun 1979 “after the rain” dengan kerja keras dan fokus Kawahara merintis usahanya. Bahkan ia tidak memiliki hari libur dan mengambil cuti. Tiga (3) tahun merintis usaha ini yang menjadikan titik balik merintis usaha lainnya.

Sumber : Malaysianfoodie.com
Tahun 1985 Kawahara membuka Hakata Ippudo,  setahun berikutnya ia membuka pula sebuah perusahaan dengan nama Chikara Moto Company, inilah cikal bakal Ipuudo membesar. Tahun 1987 Ramen Sofutei dibuka, 1989 Pub, Matsu No Yu berjalan lanjut di tahun 1994 Ramen Museum di Yokohama, 1995 Ippudo melebar ke Tokyo, 1997-2000 Kawahara menang dalam kompetisis Ramen di Jepang.  2002 Ramen di Nagoya beroperasi. 2003 Nopember demi penghormatannya kepada perintis mie di jepa ia membuka gerai Momo Fuku;s Original. 

2004 Ramen berangkat ke China, 2005 ia dinobatkan menjadi Raja Ramen di Jepang. Bahkan di 2006 ia merintis toko roti yang berbahan dasar dengan mie, dengan mengambil perusahaan roti dari Perancis. 2008 Ippudo sudah bergerak ke New York.
  
Ramen bagi Kawahara adalah, sebuah Ekspresi Diri, Sumber energy untuk hidup dan Sumber kebahagiaan.

Bahkan Shigemi Kawahara mencoba mencapai tujuannnya dalam 10 tahun ke depan dengan  :
1. Menyediakan pengajar  pertahunnya satu (1) untuk umum selama 10 tahun.
2. Menerbitkan satu (1) buku setahunnya atau Sepuluh (10) buku selama Sepuluh (10) tahun.
3. Menerbitkan booklet secara Cuma-Cuma dua (2) bulan sekali selama  sepuluh (10) tahun.

Kesimpulannya.

Luas area 222,81M2 kapasitas 66 Seat
Dengan segudang pengalaman membuat Ramen, tidak bisa dipungkiri kualitas Shigemi Kawahara dengan Ippudo-nya.

Produk Ippudo sendiri tidak melulu ramen, tapi sepertinya Ramen salah satu jagoannya, meskipun masih ada ragam variasi yang ditawarkan. Lokasi yang terletak di Pacific Place Lt 5, sangat nyaman sebagai lokasi untuk sekedar menikmati makan, kumpul-kumpul dan lainnya. Tapi jangan kalian datang tepat jam dinner atau makan siang, pastinya Ippudo akan sangat dipenuhi oleh pengunjung.

Ippudo beroperasi dari pukul  11 siang hingga  10 malam. Adapun luas Ippudo itu sekitar 222,81 M2  dapat menampung kisaran 66 seats.

Yang unik berikutnya, jika kita membawa tas dan perlengkapan lainnya, kita tidak perlu khawatir untuk kotor jika diletakkan dilantai. Ippudo menyediakan kotak keranjang tepat dibawah setiap kursi yang diduduki, hanya saja, harus hati-hati takutnya terlupa dan teritnggal.

 
Voucher dari Ippudo
Nuansa Jepang sangat terasa ketika kita berkunjung ke sini, keramahan pelayanan, kecepatan pelayanan, bahkan ketika datang kita disambut dengan bahasa jepang. Yang kurang itu latar belakang lagu yang ditampilkan masih berlatar belakang lagu barat, sepertinya akan menarik kalau latar belakang lagu juga budaya jepang. 

Semoga kedepannya, Ippudo melakukan terobosan-terbosan baru, selain dengan Produk Tokyo Shoyu Ramen dan Spicy Chicken Ramen  yang sesuai dengan cita rasa lidah Indonesia dan sesuai dengan keyakinan mayoritas penduduknya yang muslim. Terlebih untuk menyambut bulan suci Ramadhan.  Bukan tidak mungkin kedepannya Ippudo memiliki sertifikat Halal dari lembaga yang diakui Negara, hal ini akan menambah kenyamanan dalam mengkonsumsi setiap produk Ippudo tidak hanya Ramen saja. 

Selain di Pacfic Place info mengenai Ippudo ada di 

Facebook            : www.facebook.com/ippudoindonesia
Twitter                 : @ippudoidn
Instagram           : www.instagram.com/ippudoindonesia

Salam kulineran :) 
 

3 komentar:

  1. Masih penasaran dengan makanan yang satu ini. Udah sering dengar namanya, tapi sampai sekarang belum pernah mencoba untuk mencicipinya.

    BalasHapus
    Balasan
    1. tampilan dan sajian ...serupa dengan mie ayam dengan ditambahkan variasi toping yang cantik dan cara pelayanan yang berbeda menghasilkan sebuah rasa baru :)

      Hapus
  2. Favorit banget dah ramen kalo ada uang pasti mampir (y)

    mampir juga gan ke http://gedharizka17.blogspot.com/2015/06/perbedaan-sistem-operari-32bitx86-dan.html

    BalasHapus

Untuk Sementara Pesan di Moderasi....
Menghindari Beberapa konten2 yang negatif ...
Berfikir yang Baik dan tinggalkan jejak yang baik..
Terima kasih