Senin, 30 Maret 2015

Manfaat kopi Purwoceng




Dok. Pri
Kopi Purwaceng, jenis kopi apalagi ini? Bagi yang sudah tau, mungkin akan mesem-mesem mendengarnya, terutama ketika mengetahui salah satu manfaatnya adalah untuk menambah vitalitas terutama para pria.Tetapi tidak hanya kaum pria saja yang menikmati, beberapa kaum wanita juga mengkonsumsi minuman ini dan turut menikmati khasiatnya. Berikut rangkuman yang berhasil saya kumpulkan. 

Purwaceng (Pimpinella pruatjan) adalah tumbuhan khas berkiat obat dari marga Apiaceae. Terkenal karena khasiatnya yang dapat meningkatkan stamina bagi si peminum. Biasanya diolah dalam bentuk bubuk purwaceng, kopi purwaceng dan susu purwaceng.
Purwaceng banyak ditemukan di pegunungan seperti di dataran tinggi Dieng, Jawa Tengah. Nama latin Purwaceng adalah Pimpinella pruatjan (alpina). Pertama kali ditemukan di pegunungan Alpen, Swiss dengan ketinggian 2000-3000 meter di atas permukaan laut. Tumbuhan ini dikenal juga dengan nama lain Suripandak abang (pegunungan Lyang, Jawa Timur) dan Gebangan Depok (Gunung Tengger).

Penampakan fisik Purwaceng adalah semak kecil merambat di atas permukaan tanah seperti tumbuhan pegagan dan semanggi gunung. Daunnya kecil-kecil berwarna hijau kemerahan dengan diameter 1-3 cm.
sebuah penelitian yang dikutip dari buku Mitos Seputar Masalah Seksual dan Kesehatan Reproduksi, Sabtu (23/1/2010) menyebutkan, Purwaceng dapat meningkatkan gairah seks, meningkatkan hormon testosteron dan meningkatkan jumlah spermatozoid, merupakan obat kuat herbal.

Untuk mendapatkan khasiat secara nyata, Purwaceng harus diminum teratur selama 7-15 hari. Selain itu tanaman ini juga berkhasiat menghangatkan tubuh, saraf dan otot, menghilangkan masuk angin dan pegal linu, melancarkan buang air kecil, obat analgetika (menghilangkan rasa sakit), menurunkan panas, obat cacing, antibakteri serta anti kanker. Purwaceng yang asli memiliki rasa khas, yaitu pedas, yang dihasilkan oleh akar dan bijinya.

Itu tadi sekilas info mengenai tanaman dan khasiat Purwaceng, saya sendiri mendapatkan kopi ini dari seorang sahabat yang perduli dengan saya. Konon kabarnya bagi beberapa pasangan yang belum memiliki keturunan, dengan rajin mengkonsumsi kopi ini dan berikhtiar niscaya akan mendapatkan keturunan dalam waktu dekat. 

Kita lihat saja nanti…

Atau mungkin teman-teman lainnya yang pernah mengkonsumsi kopi ini, silahkan dishare loh pengalamannya..  :)


Sumber :  http://id.wikipedia.org/wiki/Purwaceng

Comments
0 Comments

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Untuk Sementara Pesan di Moderasi....
Menghindari Beberapa konten2 yang negatif ...
Berfikir yang Baik dan tinggalkan jejak yang baik..
Terima kasih