Minggu, 29 Maret 2015

Bedah Buku Rahasia Top Menulis-nya Much Khoiri.

Saya dan  Pak Much Khoiri
Sabtu 28 Maret 2015, berlokasi di Function hall-nya Gramedia Matraman, hadir ± 30 orang untuk mengikuti acara bedah buku Rahasia Top Menulis yang ditulis oleh Much. Khoiri. Sebenarnya buku ini sudah terbit dari bulan desember 2014 lalu. Bahkan resensinya sudah dibuat oleh penulis-penulis hebat dan masuk surat kabar ternama.

Acara yang rencananya dimulai pukul 14.00-16.00 sedikit molor menjadi jam 15.00-17.00. Bahkan Manajer Kompasiana Kang Pepih Nugraha didaulat  untuk menjadi Keynote Speaker. Dalam sambutannya Kang Pepih memaparkan buku karya Much Khoiri ini berbeda dengan buku-buku lainya, ada nuansa berbeda didalamnya. Pantas untuk dimiliki dan layak untuk dijadikan referensi dalam dunia kepenulisan. Manfaat menulis juga ia beberkan, karena menulis juga ia sudah berkelana ke beberapa Negara. Pesan terakhir dalam sambutannya Kang Pepih menegaskan “ Sebelum Menulis, temukan sebuah pekerjaan baik terlebih dahulu, yang nantinya akan menjadikanmu seorang penulis yang baik pula”.


Rupanya Much Khoiri ini juga salah satu kompasiana yang aktif sejak 2012 lalu, pantas saja, mengingat kebanyakan yang hadir adalah para penulis-penulis senior dan handal di kompasiana. Beberapa yang hadir Sebut saja TD (Thamrin Dahlan) yang sudah menelurkan tulisan  ± 1400 tulisan semenjak 2010 lalu. Lalu ada Thamrin Sonata selaku Moderator, bapak ini juga pemain kawakan dalam dunia kepenulisan, sekilas raut wajahnya mirip dengan fotographer Darwis Triadi. Bahkan Narasumbernya juga orang-orang piawai dalam dunia kepenulisan dan anggota Kompasiana.

Komunitas PEDAS Kompasiana
Much Khoiri, tidak banyak bicara mengenai isi dari bukunya, beliau hanya menawarkan banyak hal yang bisa didapat dalam buku karangannya. Banyak yang berbeda dari bukunya dibandingkan dengan buku-buku yang sejenis. Mau tau lebih jelas, silahkan bisa dibeli didepan hanya seharga Rp.45.000,- begitu selorohnya. Dari penampilannya yang sederhana dan bersahaja, pastinya banyak yang tidak akan menyangka bapak ini pernah menempuh pendidikan di Luar Negeri dan merupakan Dosen dari salah satu pergutuan tinggi negri. 

Acara yang dibuka dengan Pementasan Puisi yang dibawakan oleh “orang-orang kompasiana” komunitas PEDAS Penulis dan sastra.  Dilanjutkan dengan Narasumber yang membeda sedikit tentang kontentnya dan membandingkan dengan buku-buku lainnya. 

Acara ditutup dengan beberapa pertanyaan dari beberapa yang hadir, ada yang bertanya mengenai parameter tulisan terutama terhadap tulisan yang ditampilkan di Kompasiana, Narasumber menjawab bahwa Parameter sebuah tulisan ditayangkan di kompasiana atau di media manapun adalah Parameter Etika yang berlaku secara Umum, selama tidak melanggar hak cipta dan SARA pastinya akan ditayangkan. 
 
Sesi Foto  Bareng
Yang lain sempat mengajukan pertanyaan, buku apa yang hendak Pak Much Khoiri tulis tetapi  belum kesampaian? Much. Khoiri sepakat buku yang hendak ia tulis tetapi belum kesampaian adalah  Manfaat menulis lainnya yang berguna bagi kesehatan fisik dan mental. Karena untuk menuliskan ini masih melakukan riset yang dalam dan memerlukan waktu yang tidak sedikit.

Oh iya, acara besutan Gramedia dengan Elex Media ini tidak dipungut Biaya, bahkan tidak ada kesan menawarkan buku, yang ada terkesan penulisnya  getol menawarkan agar bukunya dibeli. Bahkan kita diberikan Kudapan dan Cofee break dan sebuah buku gratis dari salah satu penulis Kompasiana. 

Mengenai isi buku ini, dari tampilan luarnya saja sudah “eye catching”  dan sekilas isi dari buku ini bahasanya sederhana.  Buku dengan harga Rp.45.000 layak untuk dimiliki. 

Nanti di kesempatan berikutnya saya akan coba berikan detil bukunya ya.  

Selamat Pagee.. Selamat berakhir pekan.. :)  

Berikut Dokumentasi Lainnya

Kang Pepih Nugraha

Kang Pepih Nugraha 1

Penyerahan Buku Secara Simbolis

Comments
0 Comments

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Untuk Sementara Pesan di Moderasi....
Menghindari Beberapa konten2 yang negatif ...
Berfikir yang Baik dan tinggalkan jejak yang baik..
Terima kasih