Minggu, 01 Maret 2015

Another level up

Hidup ini dari dalam keluar. Apa yang orang lihat ke kita merupakan cerminan dari apa yang terjadi didalam kita. Maka dari itu kita dituntut untuk menjaga hati karrna dari sana terpancar kehidupan.

Matius 6:22-23  Mata adalah pelita tubuh. Jika matamu baik, teranglah seluruh tubuhmu, jika matamu jahat, gelaplah seluruh tubuhmu. Jadi jika terang yang ada padamu gelap, betapa gelapnya kegelapan itu.

Untuk merubah dunia, kita  perlu merubah lensa kita, kita dituntut untuk memperbaharui cara berfikir agar  mampu membuat kita level up.

Yang menghalangi level up adalah ;
1. Tidak perrcaya diri,  banyaknya alasan yang kita ajukan. Terlalu tua-lah, tidak mampu-lah dan lain sebagainya. Orang akan mengingat orang-orang  "history maker" orang-orang  yang percaya diri.

2. Malas menyesuaikan diri dengan suasana. Naik ke level yang lebih tinggi membutuhkan approach dan tanggung jawab yang berbeda. Orang malas bukan karena tidak adanya kesempatan tetapi lebih kepada orang yang menyia-nyiakan kesempatan.  "Orang malas tidak akan menangkap buruannya, tetapi orang rajin akan memperoleh harta yang berharga".

3. Batasan yang semu. Yang kita lihat adalah tembok yang kokoh dan kuat, padahal belum tentu. Orang seperti ini akan cepat bilang "tidak bisa" sebelum mereka mencobanya. Sifat pesimis yang dominan sehingga membuat ragu dalam bertindak dan mengambil keputusan. 

Masih ingat cerita gajah sirkus kan, gajah yang di rantai dengan rantai yang kecil tetapi karena sedari kecil sang gajah sudah terbiasa dirantai dan membuat ia tidak bisa jalan. Tanpa ia sadari pertumbuhannya yang besar mampu mematahkan rantai yang kecil. Hingga suatu hari kebakaran terjadi dan ia mampu mematahkan rantai dengan mudah.

Terkadang masalah membuat kita melihat kemampuan kita sebenarnya. Potensi sudah ada didalam  kita bahkan sebelum lahir. Hanya menunggu momentum yang tepat sehingga ia dikeluarkan tepat waktunya. Trauma masa lalu terkadang membuat kita takut mencoba. Tapi lebih baik kita gagal karena kita berusaha daripada tidak mencoba sama sekali.

4. Tidak setia. Orang-orang yang tidak setia dan gagal terhadap yang telah  dipercayakan kepada mereka. Orang yang menganggap remeh terhadap apa yang ada ditangan mereka. Banyak orang yang jngin memiliki bisnis yang besar sementara mereka mengabaikan bisnis kecil yang mereka miliki. Banyak orang yang gagal memiliki uang yang banyak karena tidak menghargai uang sedikit yang dimiliki saat ini. Jika kita setia diperkara yang kecil kita akan dipercayakan perkara yang besar. Lukas 16:10  "Barangsiapa setia dalam perkara-perkara kecil, ia setia juga dalam perkara-perkara besar. Dan barangsiapa tidak benar dalam perkara-perkara kecil, ia tidak benar juga dalam perkara-perkara besar.

5. Beban yang terlalu berat. Mungkin karena malu,  hutang atau kesalahan masa lalu. Sakit penyakit, perceraian apapun itu karena beban yang berat membuat kita gagal untuk level up. Beberapa ayat yang mmnguatjan kita untuk yang berbeban berat. Matius 11:28  Marilah kepada-Ku, semua yang letih lesu dan berbeban berat, Aku akan memberi kelegaan kepadamu. 1 Petrus 5:7  Serahkanlah segala kekuatiranmu kepada-Nya, sebab Ia yang memelihara kamu. 1 Yohanes 1:9  Jika kita mengaku dosa kita, maka Ia adalah setia dan adil, sehingga Ia akan mengampuni segala dosa kita dan menyucikan kita dari segala kejahatan.

Lalu apa yang bisa kita lakukan.

1. Cari lingkungan yang baik. Cari orang-orang yang support kita. Kita perlu orang yang mau mengangkat kita keatas bukan mematahkan semangat kita. Cari orang yang percaya kita sekalipun pada saat itu kita tidak percaya kepada diri kita sendiri.

2. Cari, Minta dan Ketuk. Usahakan segala cara kepada Tuhan. Banyak kita yang takut ditolak sebelum mencoba segala cara yang ia bisa. Banyak kita yang menempel gambar dirumah kita tentang gambar indah yang sudah kita datangi, tetapi sedikit yang memajang gambar tempat yang akan kita kunjungi dimasa depan. Seringkali kita dibatasi oleh pemikiran kita sendiri. Rendahkan diri dan banyak pelajari hal2 baru.

3. Bangun iman percaya kepada Yesus. Belajar mengenal firman Tuhan dengan benar.  Markus 9:23  Jawab Yesus: "Katamu: jika Engkau dapat? Tidak ada yang mustahil bagi orang yang percaya!"

4. Setia, bertekun dengan apa yang ada ditangan kita. Lakukan sebaik mungkin dengan apa yang sudah ada ditangan kita. Seberapa kecilpun pekerjaan yabg sudah kita dapatkan. Dalam Yakobus 1:4  Dan biarkanlah ketekunan itu memperoleh buah yang matang, supaya kamu menjadi sempurna dan utuh dan tak kekurangan suatu apa pun.

Tetap bersemangat dalam menjalani Level Up.

Happy sundae.... :)
Comments
0 Comments

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Untuk Sementara Pesan di Moderasi....
Menghindari Beberapa konten2 yang negatif ...
Berfikir yang Baik dan tinggalkan jejak yang baik..
Terima kasih