Kamis, 27 Februari 2014

Materi Bendahara 2013

Tahun 2013 kemarin, angkatan ke 2 Diklat Bendahara Pengeluaran diselengarakan pada sekitaran bulan Juni. Dan tahun ini Diklat  kembali diadakan oleh LitbangKumdil yang bekerjasama dengan Kementrian Keuangan diadakan, hanya saja untuk beberapa angkatan yaitu angkatan 3-5. 

Pengalaman tahun lalu dari 35 peserta yang diikutkan, hanya 2 yang tidak lulus. Hasill resminya dirilis kira-kira bulan Januari 2014 kemarin, semenrtara ijazah resminya sudah dikirimkan ke peserta beberapa bulan sebelumnya. Nah, beberapa teman yang mengikuti Diklat di tahun 2014 bertanya, tahun lalu (2013) apa saja sich yang dipelajari? Bagaiaman dengan pengajarnya? Sulit tidak dan banyak pertanyaan lagi.

Singkatnya, saya dapat bisa ceritakan pengalaman tahun lalu, Diklat ini sanagat bermanfaat untuk peserta yang terdaftar sebagai bendahara pengeluaran atau yang berminat untuk menjadi bendahara pengeluaran. Mengenai tingkat kesulitannya, jawabannya tergantung dari keseriusan masing-masing peserta, tapi secara keseluruhan tahun 2013 kemarin setiap pengajar yang didatangkan selalu berusaha mengajarkan dengan cara yng semudah mungkin dimengerti oleh peserta. Karena saya juga sedikit mengalami kesulitan sedikit, ada beberapa materi yang ternyata jauh berbeda dengan prakteknya.

Tetapi dibandingakan dengan Diklat Bendahara Pengeluaran yang sebelum-sebelumnya, Diklat yang diadakan oleh LITBANGKUMDIL ini jauh lebih berbobot dan bermanfaat. Memang masih ada sedikit kekurangan tetapi dibandingkan dengan ilmu yang akan didapat kekurangan tadi tidak signifikan. 

Berikut saya coba lampirkan file-file yang diajarkan tahun 2013 lalu, saya coba simpan dengan file rar. Linknya disini. (bagi yang belum familiar dengan file rar. cara bukanya sederhana kok, Klik kanan lalu Extract here, kalau tidak bisa juga, minta tolong teman yang mengerti file rar. aja ya)

Berikut sedikit catatan saya  mengenai pengalaman Diklat bendahara. Disini atau Disini
Jadi janganada lagi perasaan bagaimana gitu. Takut akan susah dan sebagainya, jalani saja dan  nikmati diklat bendahara poengeluaran.

Comments
0 Comments

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Untuk Sementara Pesan di Moderasi....
Menghindari Beberapa konten2 yang negatif ...
Berfikir yang Baik dan tinggalkan jejak yang baik..
Terima kasih