Jumat, 25 Oktober 2013

Semoga Lulus…..



Menjelang Ujian

Kurang lebih 30 Jam pelajaran efektif untuk dapat menyelesaikan bintek (bimbingan teknis) Pengadaan barang dan Jasa. Tepatnya 21-25 Oktober 2013 Pengadilan Tinggi Tata Usaha Negara Jakarta selaku Pengadilan Tinggi Se-wilayah Jakarta mengadakan pelatihan dan sertfikasi (baca disini)

Sejatinya kegiatan seperti ini akan rutin diadakan setiap tahun, kalau saya tidak salah  sekarang sudah memasuki tahun ke 2. Mengapa perlu dilakukan, pastinya itu adalah pertanyaan yang terlintas dikepala kita? Kalau tidak salah mulai tahun lalu, LKPP Lembaga resmi yang mengadakan Pelatihan dan sertifikasi untuk para pejabat Pengadaan barang dan jasa melakukan perubahan. Perubahan itu adalah setiap para peserta yang lulus ujian, masa berlaku sertifikat tadi tidak berlaku se-umur hidup, tetapi hanya berlaku selama 4 tahun saja. Lepas dari 4 tahun maka ia akan diharuskan mengikuti ujian sertifikasi kembali. Ditambah adanya sebuah keharusan, bahwa pejabat pengadaan barang dan jasa baiknya yang telah lulus mengikuti Bimbingan Teknis.

Beruntungnya saya sudah mengikuti kegiatan sertfiikasi ini 2 kali, tahun lalu dan sekarang. Hanya saja boleh saya katakan, tahun ini saya lebih fokus, meskipun saya belum tahu hasilnya nanti. Tetapi sejauh yang saya lihat, saya sudah melakukan terbaik yang saya mampu lakukan, dan sepertinya saya mampu. Sementara tahun lalu saya belum beruntung dalam memperoleh sertfikasi. Yah kita lihat apakah peruntungan saya berhasil. 

Meskipun tidak dapat saya pungkiri, kegunaan sertfikasi, nantinya akan berbenturan dengan status yang sedang saya miliki saat ini. Sebab penggunaan sertifikat  tidak bisa jika saya masih berada di posisi sekarang (mungkin akan ada conflict of interest nantinya).

Meskipun demikian, tetap saja mengetahui saya dapat melalui proses ini dengan baik dan memperoleh sertfikasi adalah sebuah kebanggaan dan eksistensi diri, bahwa saya masih dapat dikatakan layak dan bertanggung jawab serta serius dalam mengikuti bintek-bintek yang diselenggarakan. Terlebih pada saat yang bersamaan saya juga diharuskan membagi fokus saya antara menjadi panitia dan peserta sekaligus. 

Terlebih ini adalah diklat saya ke 2 yang memakan waktu agak lama dan diselenggarakan bekerjasama dengan instansi lain. Sebelumnya selama 3 minggu beberapa wktu lalu saya juga pernah di tempa di Balitbang KUMDILnya Mahkamah Agung RI untuk mengikuti Bintek bendahara Pengeluaran. Benar-benar mengesankan, meskipun hingga tulisan ini saya buat sertifikatnya belum sampai, entah bagaimana? Apakah akan ada pengulangan atau gagal total? 

Sekiranya Tuhan Menyertai saya .. Amen....
Comments
0 Comments

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Untuk Sementara Pesan di Moderasi....
Menghindari Beberapa konten2 yang negatif ...
Berfikir yang Baik dan tinggalkan jejak yang baik..
Terima kasih