Minggu, 11 Agustus 2013

Menulis itu?

Menulis itu adalah sebuah pekerjaan keabadian, demikian Pramoedya Ananta menyebutnya. Saya sendiri masih bingung dan mencari jatidiri dalam dunia kepenulisan. Syukurlah saya terlahir diera teknologi digital sudah berjalan dengan baik. Hal ini menyebabkan saya dapat dengan mudah menyerap informasi. Demikian pun dengan tulisan yang saya buat ini adalah murni, informasi yang saya dapatkan dari dunia maya dan saya tuliskan kembali. Tidak lain tujuannya agar melatih daya ingat sekaligus menceritakan kembali dengan bahasa saya.   Ok, kembali ke menulis. 


Dalam bukunya Jonru Ginting salah satu pakar dalam dunia tulis-menulis menceritakan bahwa salah satu rahasia menulis adalah "Menulislah dengan otak kanan dahulu baru dilanjutkan dengan otak kiri". Singkatnya Jonru mencoba menerangkan kepada kita, bahwa menulis itu ya menulis. Tuliskan apa yang terlintas dikepala kita. Apapun itu, tentunya yang membangun dan tidak menyebar masalah dari tulisan kita. Tuliskan saja, mengenai struktur bahasa, ejaan dan lainnya, abaikan dahulu. Hal ini mampu memompa semangat kita dalam menulis.  Pada saat ini otak kanan yang berhubungan dengan kreativitas, ide dan inovasi bekerja secara maksimal. Jangan batasi itu.   

Setelah selesai sebuah tulisan dibuat, baca kembali. Nah disinilah fungsi otak kiri bekerja. Ajak otak kiri kita memeriksa tulisan yang sudah siap tadi  apakah ada kata yang salah tulis, ada kata yang kurang pantas dan ejaan yang kurang sempurna. Ketika masuk otak kiri yang bekerja biarkan ia mengedit secara alami tulisan kita sehingga kita sendiripun yang membacanya akan merasa nyaman. Jangan pula nanti tulisan yang kita buat, kita sendiri pun enggan membacanya, aneh kan.   

Jonru membuatnya sesederhana itu, biarkan otak kanan bekerja lalu edit dengan otak kiri. Demikian seterusnya. Nah hal yang sulit setelah ini adalah menjaga konsistensi dalam menulis dan terus belajar untuk memperbaiki kualitas tulisan. Hal ini sulit tapi bukan berarti tidak mungkin.    
Untuk menjaga konsistensi dan kualitas menulis Jonru akan membahasnya disesi lainnya. 

Nanti saya cari tahu dan saya tuliskan kembali.  

Selamat menulis
Comments
0 Comments

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Untuk Sementara Pesan di Moderasi....
Menghindari Beberapa konten2 yang negatif ...
Berfikir yang Baik dan tinggalkan jejak yang baik..
Terima kasih