Minggu, 11 Agustus 2013

Kebiasaan baik

Opening qoute minggu ini, Amsal 25:28  Orang yang tak dapat mengendalikan diri adalah seperti kota yang roboh temboknya.   Topik minggu ini adalah REPEAT. Setiap kita memiliki kebiasaan yang berbeda-beda. Ada yang baik dan buruk. Perlu bagi kita membangun kebiasaan yang baik. Lebih dari 40 persen kegiatan yg kita lakukan adalah kebiasaan. Penting juga bagi kita untuk mengenali kebiasaan kita. 

Hidup sekarang ini adalah aktivitas dari kebiasaan-kebiasaan kita. Terkadang kita meminta berkat Tuhan datang kepada kita tetapi kita tidak melakukan kebiasaan-kebiasaan yang mendatangkan berkat itu.   Kebiasaan kita menentukan bagaimana kita hidup. Bahkan perusahaan besar sekalipun mempelajari kebiasaan dari para pelanggan mereka sebelum mereka meluncurkan produk mereka.   Lalu apa itu kebiasaan, kebiasaan  adalah sesuatu yg kita lakukan tanpa berfikir dan akan merasa kehilangan ketika kita tidak melakukannya. Kebiasaan jika dilakukan secara berkelompok dan terus menerus dinamakan budaya. Kebiasaan baik penting untuk kita lakukan. 

 
Selalu ada 3 komponen yg membentuk kebiasaan yaitu Cue - Routin - Rewards. Charles Duhigg The Power of Habbit,  Cue, tanda atau signal yang membuat seseorang melakukan sesuatu. Tanda ini memiliki 5 hal. 1. Lokasi. Jika ingat lokasi tertentu mengingatkan sebuah rutinitas tertentu. Eg. Muara karang jadi ingat tempat makan.
2. Waktu. Eg baru bangun tidur, setelah makan selalu merokok. Atau
3. Kehadiran orang-orang tertentu. Eg. Main gaple
4. Emosi, saat sedang stress
5. Sesuatu yang baru dibuat. Contohnya aplikasi Instagram, Facebook dll.   

Cue ini dilakukan rutinitas untuk mendapatkan sebuah keuntungan/reward. Ini yang dinamakan sebuah Habbit Look.   Kecanduan adalah kebiasaan yang sudah tidak mendapatkan reward. Seharusnya kebiasan rutin mendapatkan rewardsnya. Tetapi entah kenapa hal itu bisa hilang, keinginan mendapatkan rewardnya yang beda tetap melakukan rutinitas tanpa mendapatkan hasil apapun juga.   Dalam Efesus 5:15  Karena itu, perhatikanlah dengan saksama, bagaimana kamu hidup, janganlah seperti orang bebal, tetapi seperti orang arif,   Perbaharui cara kita berfikir untuk keluar rutinitas negatif. Harus kita ketahui Cue-nya terlebih dahulu baru kita dapat break the routine. Dr Roby berkata " semua percobaan dapat berlaku 2-7 menit, lebih dari itu kita mampu bertahan".   Fokus kita harus kepada rewardnya kepada apa yang kita ingin. Banyak dari kita yg mau bersosialisasi tetapi keluar dari batas reward yg diinginkan. 

Ada kebiasaan orang yg membeli barang mewah tetapi bukan itu yang dicari hanya karena bergabung dengan komunitas tertentu. Break the old habbit by creating new habbit.   Roma 12:21  Janganlah kamu kalah terhadap kejahatan, tetapi kalahkanlah kejahatan dengan kebaikan!   

Pilih lingkungan yang baik untuk merubah bad habbit menjadi good habbit. Kebiasaan yang baik akan mudah dibentuk jika kita bergabung dalam lingkungan yang baik.
Comments
0 Comments

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Untuk Sementara Pesan di Moderasi....
Menghindari Beberapa konten2 yang negatif ...
Berfikir yang Baik dan tinggalkan jejak yang baik..
Terima kasih