Kamis, 28 Maret 2013

Mitra kerja KPPN 4

Suasana bank BRI
Bank BRI sejatinya adalah mitra kerja kppn 4 Jakarta dalam melakukan penerimaan transaksi keuangan negara. Dalam hal ini transaksi seperti melakukan penerimaan  terhadap pungutan pajak yang dilakukan oleh seorang bendahara. Tidak hanya itu, seperti pengembalian uang negara yang tidak habis terpakai dan lainnya. 

Lalu, bagaimana jika kita tidak melakukan penyetoran terhadap pajak yang sudah bendahara pungut. Kppn akan memberikan sanksi terhadap bendahara nakal seperti itu. Mulai dari tidak di turunkannya UP (Uang persediaan) hingga diberikan surat peringatan secara tertulis. 

Sementara itu juga bendahara sebaiknya berhati-hati dalam melakukan penyetoran terhadap pajak yang dipungutnya. Sebaiknya bendahara melakukan penyetoran di bank BRI yang beraffiliasi dengan kppn 4. Hal ini untuk mencegah terjadinya lambatnya pengiriman data setor ke KPPN 4.

Tapi semua hal ini harus dibayar mahal oleh bendahara ketika harus melakukan penyetoran. Hal ini disebabkan karena sering terganggunya sistem ataupun jaringan. Di BRI cabang Cut Mutia gangguan sistem kerapkali terjadi. Bendahara harus menunggu berjam-jam untuk melakukan setoran. Terkadang waktu tunggu dengan nominal yang disetor tidak sesuai. Itupun dibatasi dari pihak BRI Cut Mutia hanya boleh menyetor untuk 10 SSP saja. 

Kalau lebih dari 10 SSP disarankan untuk ke bank lainnya, atau menunggu hingga esok hari. Waktu setorpun dibatasi tidak boleh lebih dati jam 11.00, jika lebih maka tidak akan dilayani.Unik bukan, ketika bendahara dituntut untuk melakukan pemungutan pajak. Tetapi tidak didukung dengan infrastruktur yang memadai. Bahkan terkesan bendahara yang disalahkan jika terjadi keterlambatan dalam melakukan pemungutan dan penyetoran. 

Semoga semua pihak yang terkait saling memperhatikan kelebihan dan kekurangan masing-masing dan memperbaikinya.Hingga efesiensi dan efektivitas dalam bersinergi tetap terjalin. Seperti pihak KPPN tetap memperhatikan bank yang beraffiliasi dengannya. Lalu pihak pajak pun selalu memperbaharui sistem mereka. Demikian halnya dengan bendahara untuk tidak menumpuk setoran pajaknya. 

Sejatinya jika dalam hal-hal kecil saja kita bisa serius seharusnya nanti di hal yang besar pun demikian. Tentunya jika semua bersinergi dengan baik, maka pendapatan ke negara dari sektor pemerintah sendiri pun akan terjaga. Meskipun jumlahnya tidak signifikan.

Sekedar mengingatkan saja.... Sambil menunggu dipanggil
#sudah 2 jam belum dipanggil.
Comments
0 Comments

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Untuk Sementara Pesan di Moderasi....
Menghindari Beberapa konten2 yang negatif ...
Berfikir yang Baik dan tinggalkan jejak yang baik..
Terima kasih