Senin, 04 Maret 2013

Life Of PI... (Asa yang tak pernah padam)

Salah Cuplikan dalam film
Cerita yang diangkat dari sebuah novel. Beberapa tahun yang lalu saya beruntung bisa membacanya. Bermula dari seorang anak india yang biasa dipangil PI. Asal nama kata Pi yang dimiliki diberikan oleh pamannya (mamaji, dalam bahasa india). Karena mamaji ini pernah berkunjung ke sebuah kolam renang yang indah di prancis.
Lahir dan dibesarkan di kebun binatang pondhichery India. PISCINE MOLITOR itulah nama lengkapnya. Bermakna yang memiliki jiwa yang bersih. Tapi sering diplesetkan teman - temannya menjadi "pissing" (pipis).

Dibesarkan dikeluarga yang akrab dengan kehidupan binatang. Ayah PI bekerja sebagai pengelola kebun binatang. Yang entah kenapa mengalami kebangkrutan dan memaksa mereka sekeluarga untuk bermigrasi ke Kanada. Tentunya dengan membawa semua binatang yang mereka punya. Pi yang sedari kecil sudah dididik dengan keras oleh orangtuanya. Ditambah pengalaman semasa kecil PI yang sudah percaya akan 3 keyakinan, Hindu diawal lalu takjub akan pengorbanan Kristus dan terakhir terpana dengan Islam.

Badai menerjang kapal yang mereka tumpangi. Tapi Pi berhasil di selamatkan dengan sekocinya. Sementara keluarganya meninggal. Pada saat sekoci diturunkann seekor Zebra melompat ke sekoci dimana Pi berada. Pi berfikir hanya dirinya yang ada bersama dengan Zebra yang patah kakinya karena lompatan tadi. Rupanya ada mahluk lain yaitu Hyena. Ditengah laut Pi juga bertemu dengan Orang Utan peliharaannya (Orange Juice namanya). Yang ada Hyena mulai menerkam Zebra sebagai mangsanya. Selesai si zebra berlanjut ke orang utan. Semua ini disaksikan oleh PI. Tanpa bisa mencegah sedikitpun. Rupanya di balik layar masih ada Harimau Benggala yang bernama Richard Parker. Diapun menerkam Hyena ini. Disini perjalanan PI dengan Richard Parker dimulai. Bermula dari dibuatnya rakit kecil diluar sekoci (awalnya PI tidak memiliki keberanian untuk tinggal bersama Richard). Hingga rakitnya PI hancur dan tidak ada pilihan lain selain satu sekoci dengan Harimau ini.
Terdampar disebuah pulau yang tak berpenghuni, dimana siang hari menawarkan kesejukan dan malamnya memberikan racunnya.

Perjuangan manis PI dan Richard parker sampai di puncaknya dengan terdampar dimeksiko dan ditemukan penduduk sekitar. Sementara itu Harimau Benggala itu meninggalkan PI begitu saja dan berjalan masuk kedalam hutan. Semua kisah ini PI ceritakan kepada seorang penulis. Meskipun sulit untuk dipercayai. Tapi kisah Pi merupakan sebuah kisah perjuangan bertahan hidup terlama dilaut yang pernah ada hingga saat itu.

Film yang berdurasi 2 jam ini layak disaksikan bersama keluarga. Banyak pesan moral dan kata - kata bijak yang diajarkan. Bagaimana "harapan tidak boleh hilang apapun yang terjadi". Hingga pasrah kepada Tuhan dan berserah penuh kepadaNya.

Selamat menyaksikan.
Comments
0 Comments

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Untuk Sementara Pesan di Moderasi....
Menghindari Beberapa konten2 yang negatif ...
Berfikir yang Baik dan tinggalkan jejak yang baik..
Terima kasih