Rabu, 20 Maret 2013

3 kunci sukses untuk penulis pemula.

Jonru Ginting dalam bukunya" Cara Dasyat menjadi penulis hebat" menekankan ada 3 hal yang bisa kita lakukan adalah:

1.Teruslah berlatih menulis. Jangan pernah berhenti menulis. Sebab menulis itu seperti menyetir mobil. Semakin tinggi jam terbang kita maka keahlian kita pun semakin baik. Sempurnanya kita menuliskan hal yang kita sukai dan kita kuasai. Pastinya tulisan kita akan berkualitas. Tapi bukan berarti kalau kita belum menemukan hal yang kita sukai atau pun kita kuasai, menjadikan kita tidak berani menulis. Intinya tuliskan apapun itu. Terserah hasilnya nanti buruk ataupun tidak berkelas. Tuliskan dengan semangat untuk berbagi dan menyebar kebaikan.


2.Rajin-rajinlah membaca buku-buku yang berkualitas. Jika tubuh kita diibaratkan “pabrik penulis”, maka inputnya – antara lain adalah bacaan, dan outputnya (atau produk yang dihasilkan) adalah tulisan. Dengan demikian, kegiatan membaca bagi seorang penulis sangat penting. Tulisan kita akan banyak diwarnai oleh jenis bacaan yang kita lahap. Bila kita rajin membaca teenlit, maka kita akan menjadi seorang penulis teenlit. Bila kita rajin membaca opini di surat kabar, maka kita akan menjadi seorang penulis opini. Demikian seterusnya. Raditya Dika – salah seorang penulis papan atas Indonesia – pernah berkata: ”Semua Penulis Hebat Pasti Berawal dari Pembaca Hebat.” Jadi kalau mau jadi penulis sukses, rajinlah membaca. Ini harga mati. Tak bisa ditawar-tawar! Pastikan juga kita memiliki jadwal khusus untuk mengunjungi toko buku untuk mengetahui buku apa sajanyang sedang menjadi trend saat ini. Jangan lupa untuk mengikuti acara - acara berkualitas seperti bedah buku, pameran buku hingga peluncuran buku. Semua ini berguna bagi kita untuk memaksa kita mengikuti perkembangan yang terjadi di dunia perbukuan. Sudah tentu dengan mengetahui perkembangan didunia buku setidaknya akan menambah semangat kita untuk membaca.

3.Pelajari ilmunya. Memang ilmu, kiat atau panduan menulis bisa dipelajari sambil jalan. Kita bisa menulis dengan bekal ilmu seadanya, lalu ilmu-ilmu lain bisa dipelajari sambil terus menulis. Tapi tentu saja, mempelajarinya pun sangat penting. Sebab dalam melakukan apapun, bekal ilmu itu sangat penting. Coba browsing di google, pastilah ada yang menawarkan seminar hingga sekolah menulis. Ada yang berbayar hingga gratisan. Jonru Ginting sendiri pun menyediakan layanan sekolah menulis. Ataupu bergabung dengan komunitas - komunitas yang ada di dunia maya. Dengan bergabung dikomunitas menulis pastinya kita akan mendapatkan banyak informasi - informasi baru.

Jadi, untuk menjadi penulis syaratnya tidaklah sulit bukan. Tuliskan apapun itu. Baca apapun itu untuk menambah wawasan dan kosakata kita. Terakhir,  tambah terus pengetahuan menulis kita dengan bergabung di kelas ataupun komunitas penulis.

Mengutip moto seorang  Mentor  / Teman  di kompasiana Om Jay "Menulislah setiap hari dan perhatikan apa yang terjadi"

5 komentar:

  1. Teruslah menulis dan banyaklah membaca, tips yang bagus ... 👍
    Kunjungi blog saya juga ya di
    www.syiffacerpen.blogspot.com

    BalasHapus
  2. Teruslah menulis dan banyaklah membaca, tips yang bagus ... 👍
    Kunjungi blog saya juga ya di
    www.syiffacerpen.blogspot.com

    BalasHapus
    Balasan
    1. benar sekali... sudah di kunjungi balik :) terima kasih sudah mampir ya

      Hapus
  3. Komitmen untuk terus menulis, itulah yang berat. Ada saja pikiran-pikiran negatif yang menyurutkan niat menulis. Menulis itu perjuangan, jika terus-menerus diperjuangkan maka insya Allah akan ada kemenangan.

    BalasHapus
    Balasan
    1. benar.. yang sulit itu adalah menjaga komitment untuk terus menulis :)

      Hapus

Untuk Sementara Pesan di Moderasi....
Menghindari Beberapa konten2 yang negatif ...
Berfikir yang Baik dan tinggalkan jejak yang baik..
Terima kasih