Senin, 17 Desember 2012

Industri Kebun Jati

Beberapa waktu saya berbincang dengan seorang teman yang kebetulan selain bekerja, beliau memiliki usaha sampingan. Yaitu perkebunan pohon jati.
Dari teman ini juga saya menjadi semakin tahu karakter pohon jati. Bahwasannya semakin tua semakin bagus. Tentunya bis kita lihat juga dari galih (inti jati yang berwarna coklat) semakin banyak intinya semakin baik pula hasilnya.  Karena karakter Galih ini tidak bisa dimakan rayap.
Adapun proses penanaman hingga panen memerlukan waktu yang tidak pendek ± 15 tahun dari waktu tanam hingga panen.

Dalam prosesnya pun pohon jati mengalami pemisahan / penjarangan. Artinya pohon jati dipisahkan satu dengan yang lain. Dan dipilih mana yang paling baik, dilihat dari sedikitnya cabang pohon jati dan semakin lurusnya pohon itu semakin baik.
Dan kalau sudah masuk masa panen. Jangan ditanya balik modal. Yang ada untung yang bisa kita hasilkan berkali lipat jumlahnya.
Saya rasa ini salah satu lahan bisnis yang menjanjikan. Kalau kita tidak punya lahan sekalipun, kita masih berbisnis pohon ini. Tentunya kita join (menanam modal) kepada yang punya lahan. Dan nanti ada hitung - hitungan tersendiri ketika memasuki masa panen.
Suatu saat ke depan saya juga akan mencoba bisnis ini. Kita lihat saja nanti.
Salam berbisnis.....
Galih = Inti... Warna Coklat di tengah batang Jati
Comments
0 Comments

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Untuk Sementara Pesan di Moderasi....
Menghindari Beberapa konten2 yang negatif ...
Berfikir yang Baik dan tinggalkan jejak yang baik..
Terima kasih