Senin, 10 Desember 2012

Filosofi Lilin Kecil (Mari Berbagi)

 

Pagi ini menjelang ke kantor, saya sempat mendengarkan perbincangan Pak Andrie Wongso di Radio Sonora. Topik pembicaraan motivasi yang rutin dibawakan setiap senin, kali ini bertema “Mari berbagi”. Pak Andre meng-analogikannya seperti Lilin Kecil. Lilin kecil ini hanya mampu menerangi sekitarnya saja, tetapi ketika ia berbagi cahaya dan panasnya ke Lilin yang lainnya. Maka ruangan itu pun akan bertambah terangnya. Tetapi tetap Lilin yang pertama tadi tidak berkurang cahayanya meskipun dia sudah membagikannya kepada Lilin – lilin yang lain.

Pesan moral dari cerita Lilin ini adalah mengajak kita untuk dapat berbagi terhadap sesama, apapun itu. Dan setiap hal yang kita bagikan tidak akan mengurangi dari yang kita punya. Melainkan kemungkinannya akan bertambah. Jangan pernah berhitung dalam berbagi terhadap sesama.

Lalu ada yang bertanya,  pak bagaimana saya bisa berbagi, saya tidak punya harta untuk di bagikan? untuk makan saja saya masih sulit… Keluh seorang pendengar. Apakah memang kita harus berbagi harta jika memang kita tidak punya. Toh kalau didalam harta kita tidak bisa berbagi, bukankah kita bisa berbagi dalam hal lainnya, Bisa dalam bentuk tenaga ataupun pikiran. Selama niatnya berbagi, pasti Tuhan selalu sediakan caranya. Nah masalahnya apakah kita mau berbagi atau tidak…

Tetap berbagi dan perhatikan apa yang terjadi…

Comments
0 Comments

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Untuk Sementara Pesan di Moderasi....
Menghindari Beberapa konten2 yang negatif ...
Berfikir yang Baik dan tinggalkan jejak yang baik..
Terima kasih