Senin, 05 November 2012

OSCAR PISTORIUS, Pemecah rekor dunia lari dan peraih 3 medali Emas Olimpiade.

Oscar pistorius, sosok yang mengagumkan dengan segala kekurangan yang dimilikinya tidak serta merta nenurunkan semangat dan kualitas hidupnya dan ini menjadi contoh keras bagi kita yang memiliki fungsi tubuh normal.  Beruntungnya oscar ialah dilahirkan ditengah keluarga yang bisa di kategorikan mampu ditambah perduli dengan keadaan oscar pada saat itu. Ayah oscar mencurahkan semua kemampuannya agar anaknya ini bisa mendapatkan perawatan yang maksimal. Hampir semua dokter  di Afrika Selatan didatangi. Bahkan ke luar Afrika pun di lakukan. Intinya semua upaya di lakukan agar oscar mendapatkan perawatan yang di perlukan. Lebih dari itu ayah oscar tidak serta merta memanjakan oscar kecil, alih - alih memanjakannya, oscar kecil sudah di perlakukan seakan - akan tidak memiliki kekurangan fisik.


Besar bersama kakak laki lakinya Carl dan adik perempuannya Aimee, oscar kecil merasa memiliki segudang pengalaman masa kecil yang layak diceritakan. Di dalam buku ini juga di ceritakan perjuangan oscar dalam meraih cita - citanya. Buku terbitan Ufuk Publishing House secara lengkap menceritakan manis pahitnya kehidupan Oscar Pistorius. Sejatinya buku ini mampu memotivasi kita yang tiada memiliki cacat fisik. Oscar kecil tumbuh  dalam keluarga yang saling mengasihi. Orangtuanya memberikan perhatian, perawatan dan hampir semua yang dibutuhkan oscar. Diusianya yang relatif kecil dia sudah mampu bermain dengan mobil - mobilan elektrik. Dan oscar sudah akrab dengan teknologi - teknologi mekanik. Semakin bertambah dewasa oscar semakin menunjukkan kecintaannya terhadap dunia olahraga, rugby (sepak bola amerika) di gelutinya. Seakan akan tidak perduli keterbatasan fisiknya yang tidak memiliki ke 2 kaki. Oscar juga menggeluti olahraga atletik. Hingga suatu saat ke depan oscar mampu bertanding di tingkat internasional, Paralimpiade (olimpiade untuk yang memiliki keterbatasan fisik). Oscar muda ini ( oscar kelahiran tahun 1986) pun berkolabarasi dengan para pakar pembuat kaki - kaki palsu, sehingga dibuatkan kaki palsu bagi oscar yang terbuat dari serat karbon dan berbentuk seperti lempengan besi. Hal ini sangat membantu oscar. Tetapi hal ini juga yang sempat menghambat dan menjadi perdebatan, tatkala oscar berniat mmngikuti olimpade internasional. Sebab di teliti dengan adanya kaki palsu ini membuat gerakan Oscar semakin efesien melebihi gerakan pelari normal umumnya. Oscar muda pun berjuang melalui pengadilan arbitrase olahraga internasional untuk membuktikan bahwa kaki palsunnya tidak hanya memberikan keuntungan positif pada dirinya tetapi tetap ada sisi negatifnya. Ketidaknyaman, serta rasa sakit yang di alami oscar.

Syukurlah arbitrase olahraga ini menghargai usaha dan perjuangan Oscar dengan tidak melihat kaki palsu yang dimilikinya. Melainkan semangat juang dan kerja keras serta usaha yang tidak putus untuk menjadi yang terbaik. Dan ditemukan juga fakta bahwa kaki palsu Oscar tidak serta merta memberikan andil terbesar dalam setiap kemenangannya melainkan upaya pribadi Oscar lah yang menuntun semua ini. Di buku setebal 200 halaman ini tidak hanya menceritakan perjuangan Oscar dalam meraih mimpi. Bahkan kehidupan pribadinya pun di ceritakan. Dunianya hancur ketika harus menyaksikan ke 2 orangtuanya berpisah. Dari yang serba kecukupan harus berjuang mati - matian demi bertahan hidup.  Tidak hanya itu ketika ibunya di panggil menghadap yang Kuasa, hal ini juga membuat Oscara secara psikologi jatuh dan tertekan serta merasa sendirian. Tapi itu tadi di saat kesendiriannya Oscar muda selalu di kelilingi oleh orang - orang  yang mendukungnya. Konflik - konflik pun banyak dihadapi Oscar. Setidaknya daya juang dan kegigihannya dalam bertahan hidup dan tidak menyerah kepada keadaan adalah sebuah hal yang sangat patut kita tiru. Oscar mengatakan " hidup saya yang tidak biasa - biasa saja telah membuat potensi saya semakin bersinar "  dan diapun mengingatkan kita sebuah pepatah yang mengatakan " bukan kecacatan yang membuat kita cacat tetapi kemampuan kitalah yang membuat kita mampu"

Impian Oscar untuk bertanding dengan orang normal pun berhasil dicapainya. Saat inj selain bertanding dan memperoleh kemenangan, sisi sosial oscar juga digerakkan untuk membantu teman - teman yang mengalami hal serupa. Oscar sendiri yang terjun langsung dalam memberikan bantuan dan motivasi kepada para teman - teman yang kurang beruntung. Saya sendiri pun terhenyak membaca buku ini dan kembali di ingatkan bersyukur kepada yang kuasa untuk segala nikmat yang di berikan. Intinya buku ini layak dikoleksi dan di baca ulang ketika beban hidup semakin berat dan dunia seakan tidak bersahabat lagi. Percayalah, tidak hanya kita saja yang merasakan dan menghadapi kesulitan dan masalah. Oscar dan segala keterbatasannya kembali mengingatkan kita.

Selamat membaca....

OSCAR PISTORIUS, Pemecah rekor dunia lari dan peraih 3 medali Emas Olimpiade. Cetakan pertama 2010 ISBN : 978 - 602- 8801-23-2 UFUK PRESS, PT UFUK PUBLISHING HOUSE...
Comments
0 Comments

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Untuk Sementara Pesan di Moderasi....
Menghindari Beberapa konten2 yang negatif ...
Berfikir yang Baik dan tinggalkan jejak yang baik..
Terima kasih