Sabtu, 01 September 2012

Luar biasa... Pesta batak..

Luar biasa. .. Itu adalah kata kata pertama yang keluar dari mulut saya. Dan ini saya tujukan juga terhadap diri saya. Kenapa?  saya atau kita orang batak mampu duduk diam dan mendengarkan setiap orang yang berbicara silih bergantian.
Hal ini saya alami sendiri ketika menghadiri salah satu pesta adat batak yang di adakan di balai samudera jakarta utara. Acara yang dimulai jam 12 bertepatan ketika pengantin datang.
Dan acara yang langsung dimulai dengan makan siang itu berlanjut terus, hingga pukul 19.00 wib kemungkinan baru selesai. Lihat kan. Berapa jam?? Kurang lebih 7 jam. Dan semuanya harus diselesaikan hari itu juga. Faktanya hingga jam 19.00 wib pun kerabat - kerabat masih setia menunggu giliran untuk berbicara dan memberikan petuah dan pesan kepada kedua mempelai.
Dan mungkin di belahan dunia lainnya bahkan ada yang lebih dari 7 jam ini.
Mengingat pengalaman kami pribadi, syukurnya kami hanya ± 5 jam dan itupun sudah penggabungan dari 2 adat istiadat. Bahkan pemilik gedung yang memberikan perpanjangan jam kepada kami mengatakan salut. Karena menurut pengalaman mereka yang terjadi selama ini pasti lebih dari jam 5 sore. Sementara waktu acara kami. Jam 4 pun gedung sudah sepi.
Tapi itu tadi, kembali ke acara di balai samudra ini. Sepertinya masih banyak yang sabar  dan rela menunggu gilitan untuk berbicara dan memberikan petuah kepada pengantin.
Entah pengantinnya masih berkenan mendengar lagi atau jangan - jangan sudah merasa lelah. Mengingat mereka pastinya sudah memulai kegiatan ini sedari pagi tadi.
Hmmm... Menyimak dan terus belajar....





Comments
0 Comments

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Untuk Sementara Pesan di Moderasi....
Menghindari Beberapa konten2 yang negatif ...
Berfikir yang Baik dan tinggalkan jejak yang baik..
Terima kasih