Selasa, 29 November 2011

Jakarta, 28 Nopember 2011.



Seharusnya kami (saya dan Pak Keli)  melakukan 3 hal hari ini. Pertama, menyerahkan konsep DIPA 2012 ke Kanwil di daerah Otista, Jakarta Timur. Kedua setelah itu, ke Mahkamah Agung untuk meminta petunjuk mengenai Exercise (penghematan tahun 2011 untuk satuan kerja kami). Dan rencana terakhir adalah ke Kanwil perbendaharaan yang berada di daerah Boedi Oetomo, Jakarta Pusat.
Tapi apa hendak di kata, hampir seharian kami berada di Kanwil Otista, demi melakukan validasi DIPA 2012  yang sejatinya sudah dilakukan dari Jumat kemarin. Arti kata dari Vailidasi, berasal dari va·lid a menurut cara yg semestinya; berlaku; sahih: tes dikatakan -- jika sesuai dng materi yg diajarkan oleh guru. Artinya sebelum menyerahkan konsep DIPA yang sudah benar, kami diharuskan membawa alat dukung computer dan print outnya, agar dapat menunjukkan bahwa DIPA yang diberikan kepada kami sudah sesuai alokasi anggarannya dan yang seharusnya dilakukan. 
Lalu mengapa bisa seharian? Karena untuk tahun ini di keluarkan oleh Kementrian Keuangan Aplikasi RKAK/L yang sifatnya On-line. Sehingga kami diharuskan mendaftarkan satuan kerja ke Kanwil ini demi mendapakatkan user ID dan Passwordnya. Sekaligus juga melakukan konsultasi, dikarenakan satker kami untuk DIPA 05 Dirjen tidak dapat di print out. Setalah dilakukan pengecekan. Pihak kanwil menyarankan agar dilakukan peng-instalan ulang terhadap Aplikasi RKAKL. Sebab ada kemungkinan data base menumpuk sehngga terjadi kesalahan pada system ketika membacanya. Sebelum melakukan instalasi terlebih dahulu kami mendapatkan user id dan password yang kami butuhkan, tetapi tetap tidak bisa menampilkna pagu,  apa pagu itu ? pa·gu adalah  , batas tertinggi (tt anggaran); plafon: -- kredit batas tertinggi kredit yg dapat dipinjamkan oleh bank kpd nasabah, yang dihendak di download. Syukurlah setelah instalasi ulang berhasil  semuanya berjalan dengan baik, bahkan DIPA untuk dirjen pun sudah bisa terbaca dan di print.   
Setelah itu kembali ke kantor untuk melakukan print out dan melampirkan berkas jika ada perubahan. Salah satunya SK perubahan bendahara pengeluaran. Dengan keluarnya SK ini membuat sahnya pergantian bendahara pengeluaran yang lama diganti dengan bendahara yang baru per januari 2012 nanti.
Satu hal lagi Bpk. Keli memberi tahu kepada saya agar meningkatkan speed kerja. Karena  menurut beliau, cara kerja saya selama ini masih tergolong lambat.
 Hmm, semoga saja semua ini dapat berlangsung dengan baik. (Please, God Bless Me). Baik itu dalam menjalankan tugas dan tanggung jawab yang baru. Sebab secara manusia saya memiliki kemampuan yang belum sebanding dengan tugas dan tanggung jawab yang diberikan. Tetapi, mengutip perkataan Mario Teguh, jika ingin berhasil, jangan sia-siakan kesempatan yang ada. Anggap seperti melompat dari gedung yang tinggi, tidak tahu harus melakukan apa tapi tetap melompat sambil terus berusaha menciptakan sayap agar selamat. Kira kira bisa gaya ?  Bukankah selalu ada jalan bagi setiap kesulitan yang di berikan dan teman yang sekiranya siap membantu dan menemani. Satu hal lagi. Bukankah Orang baik rejekinya juga baik.
Selamat pagi selamat beraktifitas…. GBU

Comments
0 Comments

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Untuk Sementara Pesan di Moderasi....
Menghindari Beberapa konten2 yang negatif ...
Berfikir yang Baik dan tinggalkan jejak yang baik..
Terima kasih