Sabtu, 30 April 2011

Perayaan Paskah (GBKP) Gereja Batak Karo Protestan Tg. Priok




13036390551549176187
Khotbah Paskah gbkp Tg priok 2011

Setelah pada hari jumat tanggal 22 april 2011, seluruh jemaat GBKP (Gereja Batak Karo Protestan) Tg Priok melakukan kebaktian “jumat agung” .  Puncaknya kegiatan acara paskah tahun 2011  dilakukan pada hari ini minggu tanggal 24 april 2011. Dimulai dengan kebaktian subuh yang dimulai pukul 05.00 pagi tadi, rangkaian kegiatan untuk menyemarakkan paskah dimulai dengan khotbah pagi dengan tema “Tuhan sudah Bangkit, Percayalah”. Pendeta Jeni Eva Karo Sekali Sth, Mth menegaskan makna kebangkitan Tuhan Yesus sebagai sebuah  perenungan ke dalam, kebangkitan Tuhan adalah sebuah simbol kemenangan atas maut. Dan kita sebagai umat yang percaya harus menanamkan simbol kemenangan dengan mengedepankan kasih akan kemenangan iman dan tetap rendah hati dan selalu ingat untuk tetap perduli akan sesama kita.

Perayaan Paskah
Adapun untuk memperingati paskah tahun ini, berbagai macam acara sudah dipersiapkan. Mulai dari koor yang di lakukan para kaum ibu, kaum ayah hingga kaum anak- anak. Semua berusaha menampilkan yang terbaik dari apa yang sudah mereka latih dan persiapkan selama ini. Dan tidak luput pula drama singkat tentang arti paskah, Adapun tema drama paskah kali ini, tentang kehidupaan seorang keluarga kristiani dimana si ibu memiliki karakter yang sombong dan keras kepala, drama ini  dibuka dengan  ketidaksukaan seorang istri akan pekerjaan suaminya yang menjadi “badut” sementara suami merasa tidak ada masalah dengan menjadi badut asalkan halal, dan juga dikisahkan juga si ibu ini sombong dan arogan terhadap pembantunya,  ditambah si ibu ini juga masih percaya sama dukun - dukun palsu dan pengajaran sesat, diakhir cerita si ibu ini diubahkan total menjadi pribadi yang memiliki pancaran kasihNya. Menjadi pribadi yang menerima suaminya, tidak arogan terhadap pembantunya dan kembali percaya kepada penciptaNya.
1303654963714658693
Drama Paskah Gbkp Tg Priok 2011

Semua bahu - membahu agar terlaksananya acara paskah tahun ini. semua ikut ambil bagian tidak pandang dari usia, jenis kelamin, kemampuan ataupun strata sosial. semua satu dan tidak ada diskriminasi. Semua terlibat. Ah.. Bukannkah ini salah satu maklumat yang Tuhan inginkan sejak dahulu,  tidak adanya pembatas atau sekat - sekat dalam kehidupan ini. Nikmatnya jika hal ini tidak hanya bisa kita lihat dan rasakan di gereja saja. Alangkah indahnya jika semua manusia baik dari suku bangsa apapun, golongan apapun dan dari kelas ekonomi manapun bisa merasakan kasih karunia Tuhan. Ah.. sungguh nikmatnya.
Dan tidak ketinggalan juga kaum anak, juga turut mempersembahkan sebuah pujian sebagai ungkapan rasa syukur mereka, meskipun mereka lelah, ini dikarenakan malam sebelumnya diadakan Persami (perkemahan sabtu minggu) hal ini dilakukan untuk dapat mempererat rasa persaudaraan diantara mereka dan menciptakan rasa saling ketergantungan dan toleransi terhadap sesama. Meskipun didera rasa lelah dan ngantuk dan sebagainya, anak - anak ini tetap semangat.
1303656056488001300
Persembahan pujian yang diberikan Kaum anak2 

Acara Kebaktian paskah pun selesai tepat pukul 8.30WIB dilanjutkan dengan sarapan pagi bersama. Setelah sarapan pun nanti akan diadakan acara selanjutnya, yaitu diisi dengan perlombaan - perlombaan,  ada perlombaan kuis alkitab, ada juga perlombaan vokal group dan ada juga lomba masak nasi goreng. Untuk yang terakhir ini (masak nasi goreng) jurinya diambil dari salah seorang penjual nasi goreng yang biasa keliling dimalam hari. Sehingga siapapun nantinya yang jadi juara di lomba ini, dianggap sudah bisa untuk berdagang nasi goreng.
Tetapi dari semua hal yang sudah dilakukan, intinya adalah semangat paskah harus tertanam dalam masing - masing pribadi kristiani, sehingga setiap pribadi yang sudah merasakan keselamatan mampu memancarkan kembali kepada lingkungan kita, dengan tingkah laku dan perbuatan kita. Bukan sekedar rutinitas tahunan yang tidak memiliki kesan apapun dan tidak membawa perubahan apapun. Bukan kah Pengorbanan Dia di kayu salib adalah untuk membawa sebuah misi perubahan dan tidak hanya sekedar pengorbanan semata.

Selamat Paskah Saudara.

Comments
0 Comments

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Untuk Sementara Pesan di Moderasi....
Menghindari Beberapa konten2 yang negatif ...
Berfikir yang Baik dan tinggalkan jejak yang baik..
Terima kasih